Viral Bule Asal Rusia Ngamen Demi Sambung Hidup, Kini Harus Terima Nasib Dideportasi Hingga Alami Nasib Seperti Ini

Sabtu, 02 Mei 2020 | 13:01
Kompas.com/Fitri R

Pengamen bule asal Rusia yang viral akan dideportasi

Sempat Viral Bule Asal Rusia Ngamen Demi Sambung Hidup, Kini Harus Terima Nasib Dideportasi Hingga Alami Nasib Seperti Ini

GridHITS.id- Beberapa saat lalu sebuah video sempat viral menunjukkan pengamen berkewarganegaraan asing di tengah pasar.

Pengamen tersebut merupakan sepasang suami istri yang sambil menggendong buah hatinya.

Ternyata ketiganya merupakan warga negara Rusia.

Baca Juga: Terbongkar! Ternyata Pengamen Asal Rusia di Lombok Pernah Ditahan Polisi Malaysia karena Dituduh Lakukan Kekerasan

Baca Juga: Kabar Gembira, Usai Beri Bantuan Sembako Tiap Minggu, Pemerintah DKI Jakarta Akan Berikan Paket Lebaran yang Dibagikan Pada H-10

Kini mereka masih tertahan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPA Mataram Syarifullah mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Konsulat Rusia di Bali.

Diputuskan bahwa keluarga asal Rusia ini tetap akan berangkat ke Bali, tapi dari Bali langsung dipulangkan ke negara asalnya lewat Bandara Ngurah Rai, tanpa harus menunggu di kantor Konsulat Rusia di Bali.

"Pihak konsulat meminta kami mengurungkan keberangkatan WNA tersebut sambil melengkapi berkas dan dokumen, agar tiga WNA Rusia ini bisa langsung diterbangkan atau dideportasi ke Rusia melalui Bandara Ngurah Rai Bali," ujar Syahrifullah.

"Tanggal 3 Mei pagi mereka akan menyeberang ke Padangbae melalui Lembar, dan malamnya diterbangkan ke Rusia," ujar Syahrifullah Jumat (1/5/2020).

Menurut Syahrifullah, solusi ini jauh lebih baik karena selain cepat sampai, seluruh biaya penerbangan atau tiket pesawat ke Rusia ditanggung Konsulat Rusia.

Baca Juga: Jumlah Kasus Baru Corona Cenderung Turun, Anies Bagikan Kabar Baik Agar Pandemi Cepat Selesai, Juli Bisa Beraktivitas Normal

Baca Juga: Tanda Pandemi Berakhir Sudah Terlihat, Nihil Kasus Positif Corona Baru di Jawa Barat Seiring Penampakan Bintang Tsuraya, ini Kata Ahli

Saat ini Imigrasi Mataram menempatkan keluarga Rusia itu di ruangan khusus di kantor Imigrasi Mataram, dan ditanggung kebutuhan makannya selama di sana.

"Kami tidak menahannya, mereka berada di ruangan yang baik, dilengkapi dengan tempat tidur yang nyaman dan kebutuhan makannya ditanggung Imigrasi Mataram. Kita tidak menempatkan mereka di ruang tahanan dengan pertimbangan kemanusiaan karena ada balita," ujar Syahrifullah.

Upaya itu dilakukan agar mereka tidak mengganggu masyarakat dengan mengamen di pasar-pasar, mengingat tindakan itu melanggar izin tinggal.

Kepala Seksi Penindakan Kantor Imigrasi Mataram Reza Mulyawan mengatakan, keluarga Rusia ini telah melakukan rapid test di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Lembar, dan hasilnya non-reaktif.

Artinya, ketiganya aman untuk menyeberang ke Bali dan melanjutkan penerbangan ke Rusia.

Reza menjelaskan, terkait dengan aktivitas Mikhail dan istrinya ngamen di pasar, yang bersangkutan mengaku merupakan seniman musik yang sering berkeliling ke sejumlah negara.

"Tetapi kami tetap tidak mengizinkan dia dan keluarganya melakukan aktivitas mengamen di Lombok karena itu melanggar aturan izin tinggal. Mereka datang ke Indonesia dengan paspor wisata, bukan melakukan aktivitas atau pekerjaan mencari nafkah di sini," ujar Reza.

Dari penelusuran Kompas.com, Mikhail memiliki akun Facebook dengan nama Rodayan Bondaruk.

Baca Juga: Fakta Satu Keluarga Terkapar Kelaparan Termasuk Seorang Wanita Hamil Usai Kepala Keluarganya Kehilangan Pekerjaan di Tengah Corona

Baca Juga: Pilu! Begini Curhatan Penggali Makam Korban Covid-19 yang Bertaruh Nyawa dari Pandemi Corona

Dalam sejumlah postingannya, terlihat beberapa kali terlihat pria ini bermain musik akordeon di jalanan sejumlah negara, seperti Korea, Vietnam, dan sejumlah negara lain sejak 2018 hingga awal 2020.

Penampilannya tak jauh berbeda seperti kondisinya saat ini, mengenakan pakaian sederhana, bersama sang istri dan sama-sama tanpa alas kaki.

Ciri khas lainnya, mereka kerap mengunakan sepeda motor yang dibeli ketika singgah ke sebuah negara.

Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul "Suami Istri Asal Rusia yang Videonya Viral Ngamen Bawa Bayi Segera Dideportasi"

Editor : Saeful Imam

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya