Dapat Menurunkan Imunitas Tubuh, Hindari 10 Makanan ini Agar Terhindar Dari Penularan Corona

Rabu, 22 April 2020 | 12:30
timesofindia.indiatimes.com

Junkfood atau makanan cepat saji tak baik bagi kesehatan.

Dapat Menurunkan Imunitas Tubuh, Hindari 10 Makanan ini Agar Terhindar Dari Penularan Corona

GridHits.id - Wabah virus corona kini telah mencapai lebih dari 6.000 kasus hingga pemerintah mengimbau masyarakat untuk membatasi mobilitas demi menekan penyebaran covid-19.Selain itu, kita juga harus berusaha meningkatkan imunitas tubuh untuk mencegah tertular dari virus corona.Melansir dari TribunStyle.com, ini 10 daftar makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari demi menjaga imunitas tubuh?

1. GorenganMakanan ini merupakan khas Indonesia banget karena hampir dijumpai di seluruh pelosok negeri.

Baca Juga: Bukan Bulan Juni, Presiden Jokowi Ungkap Kapan Pandemi Corona Akan Berakhir: Saya Meyakini Ini

Baca Juga: Kaki Nagita Slavina Bikin Netter Salah Fokus Saat Berpose Cantik Kenakan Dress Puluhan Juta Rupiah: Bening BangetNamun siapa sangka kalau gorengan malah justru memicu sesorang terkena virus corona secara tak langsung.Pasalnya di dalam gorengan terdapat banyak lemak yang mampu meningkatkan kolesterol jahat dan bila di konsumsi secara sering maka akan berdampak buruk pada penurunan sistem kekebalan tubuh.Menghindari makanan yang digoreng akan membantu proses pembangunan kekebalan tubuh.

Sehingga, makanan ini dapat dihindari saat kita butuh sistem kekebalan tubuh yang kuat di masa pandemi seperti saat ini.

2. Junk FoodSelain virus corona yang akan menjangkiti si penyuka Jung Food, gangguan kesehatan lain juga akan mengancam penyuka makanan cepat saji ini.Seperti diketahui sebelumnya makanan cepat saji atau junk food merupakan makanan yang mengandung banyak kalori.

Baca Juga: Shireen Sungkar Akhirnya Bongkar Kegelisahan dan Keraguan Vebby Palwinta yang Terpaksa Menggelar Pernikahan di Tengah Wabah Virus Corona: Udah Bayar Ini Itu Mentok di KUA

Baca Juga: Ayahnya Jadi Relawan Sterilisasi, Sang Anak Justru Dilarikan Ke Rumah Sakit Gara-gara Minum Cairan Disinfektan, Begini KondisinyaMakanan ini dapat memicu terjadinya inflamasi dalam tubuh.Di mana inflasi merupakan peradangan yang dilakukan untuk melindungi tubuh dari serangan bakteri atau virus.Tetapi bila inflasi terus terjadi, maka hal tersebut akan berbahaya dan menyerang balik tubuh.Sistem kekebalan tubuh justru melawan sel-sel yang sehat yang mengakibatkan seseorang terkena kanker atau terserang penyakit auto imun.

3. Soft DrinkSiapa sangka minuman paling enak di seluruh dunia ini malah memicu virus corona datang?Ternyata di dalam minuman soda terdapat 25 gram gula dalam 1 kalengnya.Itu merupakan takaran setengah dari kebutuhan gula harian normal manusia.Maka dari itu sangat tidak dianjurkan mengonsumsi soda dengan jumlah banyak.Tak hanya dapat terserang penyakit serius kita juga akan terserang virus corona covid-19.

4. AlkoholTak hanya merusak tubu alkohol juga dapat menurunkan kekebalan tubuh atau biasa disebut sistem imun.

Dalam kurun waktu 20 menit setelah mengonsumsi alkohol, sistem kekebalan tubuh akan ikut menurun.Dan bila sistem kekebalan tubuh menurun maka seseorang rentan terinfeksi virus corona.

5. Kental ManisKental manis yang digemari banyak orang ternyata memiliki kadar gula tinggi sekitar 20 gram setiap takarannya.Sangat tidak disarankan kental manis untuk minuman.Sebaiknya kental manis digunakan untuk topping makanan saja.Hal ini berkaitan erat dengan seseorang akan mengalami diabetes jika terlalu banyak konsumsi gula secara terus menerus.Dan ternyata diabetes merupakan orang yang paling rentan tertular virus corona.

6. KopiKopi merupakan minuman sejuta umat yang banyak digandrungi kaum muda mudi hingga orang tua.Namun kebanyakan kopi mengandung 12 gram gula dan itu tak akan baik untuk kesehatan.Kadar gula tinggi dapat menimbulkan diabetes hal itu lagi-lagi merupakan sasaran empuk bagi virus corona agar menyerang tubuh.

7. WaferSiapa sangka ketika mengonsumsi 1 batang wafer cokelat berarti tubuh sudah mengonsumsi gula sebanyak 10 gram?Ya benar, kebanyakan batang wafer coklat mengandung banyak sekali kadar gula di dalamnya.Bisa dibayangkan bila mengonsumsi 5 hingga 7 batang wafer cokelat dalam sehari, dan secara rutin.Maka gula akan menumpuk di dalam tubuh, yang akan menimbulkan penyakit diabetes.Selalu ingat diabetes merupakan paling retan terjangkit virus corona.

8. Daging SapiBenar, daging sapi juga tak baik jika dikonsumsi secara tak tepat.Daging merah memicu reaksi berbahaya yang menyebabkan sistem imun melemah.

Baca Juga: Tak Kuasa Hadapi Kenyataan, Paranormal Kondang Ini Minta Mukjizat Agar Virus Corona Besok Pagi Sudah Tak Ada di Muka Bumi

Baca Juga: Ingkar Janji Kepada Mertuanya, Ustaz Tanah Air yang Satu Ini Lakukan Poligami Diam-diam di Belakang Sang Istri, 7 Tahun LamanyaGula alami yang ada pada daging merah tidak bisa dicerna secara baik oleh tubuh.Dan akhirnya menyebabkan daya tahan tubuh melemah dan mudah terserang berbagai jenis penyakit termasuk virus corona.

9. Makanan KalengMakanan kaleng merupakan makanan yang siap satap dan diwadahi kaleng selama dalam perjalanannya sebelum dikonsumsi.Meneurut peneliti makanan kaleng adalah salah satu makanan yang dapat menurunkan daya tahan tubuh.Bagaimana tidak di dalam makanan kaleng banyak mengandung bahan-bahan yang tidak alami serta tidak sehat.Mengonsumsi makanan kaleng secara berlebih di saat pandemi virus corona akan sangat tidak baik.Hal iitu karena makanan kaleng dapat menurunkan daya tahan tubuh yang membuat cepat terserang virus corona.

10. MentegaMentega merupakan makanan yang patut dihindari guna mencegah tertural virus corona.Asam lemak omega-6 yang biasanya terdapat dalam mentega dapat memperlambat metabolisme dalam tubuh.Mengonsumsi omega-6 yang tinggi dapat meningkatkan resistensi insulin.Resistensi insulin merupakan suatu proses di mana tubuh kita mengubah karbohidrat menjadi lemak.Dan hal ini erat kaitannya dengan obesitas yang membuat diri kita cepat terserang virus corona.

Artikel ini telah tayang di GridStar.id dengan judul Ini 10 Daftar Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Agar Tidak Mudah Terserang Virus Corona, Bisa Buat Imunitas Menurun, Salah Satunya Jajanan Favorit Anak-Anak!

Editor : Safira Dita

Sumber : GridStar

Baca Lainnya