Bukan Kabar Baik, Fakta Terbaru Buktikan Virus Corona Tak Hanya Serang Paru-paru, Tapi Juga Jantung dan Berakibat Fatal

Rabu, 08 April 2020 | 17:25
freepik

Ilustrasi serangan jantung. Penyakit corona tak hanya serang pernapasan, yaitu paru-paru tapi juga jantung

Bukan Kabar Baik, Fakta Terbaru Buktikan Virus Corona Tak Hanya Serang Paru-paru, Tapi Juga Jantung dan Berakibat Fatal

GridHITS.id- Umum diketahui, penyakit virus corona menyerang organ pernapasan, yaitu paru-paru.

Dengan begitu, gejala utamanya yaitu sesak napas bahkan pneumonia yang fatal.

Tapi fakta terbaru membuktikan,covid-19 juga bisa menyebabkan kerusakan pada organ tubuh lainnya.

Baca Juga:Jutaan Masyarakat Sudah Berhasil! 5 Langkah Mudah Ini Bisa Dicoba Jika Ingin Dapatkan Token Listrik PLN Gratis

Baca Juga:Kabar Gembira! Cukup Chat Lewat Whatsapp, Ini Langkah-langkah Nikmati Listrik Gratis dan Diskon 50% dari PLN

Sebuah studi dari JAMA Cardiology menyebutkan bahwa cedera jantung juga dapat disebabkan oleh covid-19.

Rupanya tak hanya covid-19 yang dapat menyebabkan permasalahan jantung, tetapi permasalahan pernapasan lainnya seperti SARS dan influenza juga bisa berdampak yang sama.

Bahkan cedera jantung tersebut dapat dirasakan oleh pasien yang tidak memiliki riwayat jantung sebelumnya.

Terlebih untuk seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung perlu waspada ekstra karena faktor risko kematian lebih tinggi.

"Kita tahu, ada risiko cedera jantung, tidak masalah apakah Anda pernah menderita penyakit jantung sebelumnya atau tidak," kata penulis utama studi ini, Dr. Mohammad Madjid, MS, seperti melansirHealthlineyang dikutip darikompas.com, Selasa (7/4/2020).

Sebuah penelitian dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) China menunjukkan bahwa kematian pasien covid-19 dengan penyakit jatung sebesar 10,5% pada 30 Desember dan 11 Februari.

Baca Juga:Bak Oase di Tengah Gurun, Selain Listrik Gratis dari Pemerintah, Pemilik Kendaraan Bermotor juga Dijanjikan Bakal Kecipratan Keuntungan Ini Selama Wabah Virus Corona, Apa?

Baca Juga:Diajak Keliling Rumah Megahnya, Sule Malah Dibuat Melongo Saat Tahu Biaya Tagihan Listrik Anang Hermansyah dan Ashanty, Bisa Beli Dua Motor Baru!

Seorang ahli jantung di St. Joseph Hospital in Orange, California menyebutkan covid-19 memang awalnya menyebabkan gangguan pernapasan.

Namun, lebih lanjut penyakit ini dapat menjadi masalah untuk organ jantung.

"Sudah terlihat banyak virus. Faktanya, kami paling sering melihatnya dengan Epstein-Barr, dan kami melihatnya dengan influenza. Jadi itu jelas bukan hal yang baru," kata Dr. Brian LKolski, ahli jantung di St. Joseph Hospital in Orange, California.

Seorang ahli jantung di Texas, Dr. Ashesh Parikh, Do, FACC, RPVI menyebutkan covid-19 dapat menyebabkan gagal jantung dan berujung kematikan karena masalah pernapasan di paru-paru dapat memicu penyakit badai sitokin.

Sitokin sendiri merupakan protein yang dapat mengatur peradangan dan perbaikan dalam fungsi biologis.

Ketika sitokin ini terjadi peradangan, maka kerusakan jantung juga akan terjadi sehingga berujung pada penyakit gagal jantung.

Baca Juga:Nasibnya Ada di Ujung Tanduk, Polisi Sebut Vanessa Angel Berpotensi Jadi Tersangka Meski Negatif Narkoba, Mengapa?

Baca Juga:Diam-diam Menghanyutkan! Bibi Ardiansyah Ternyata Sudah 2 Kali Terjerat Narkoba, Ayah Vanessa Angel Langsung Syok dan Ungkap Hal Mengejutkan Ini

Penelitian lain menunjukkan risiko kematian pada pasien covid-19 yan gmengalami cedera jantung mencapai 51%.

Sebuah buletin dariAmerican College of Cardiologymenganjurkan orang yang memiliki riwayat jantung untuk memulai rutin vaksinasi terutama influenza dan pneumonia.

Artikel ini pernah ditulis di Nakita.id dengan judul : Waspada! Meskipun Tak Miliki Riwayat Penyakit Satu Ini, Ahli Sebut Pasien Covid-19 Ternyata Bisa Saja Menderita

Editor : Saeful Imam

Sumber : nakita.id, Kompas.com

Baca Lainnya