Nasibnya Ada di Ujung Tanduk, Polisi Sebut Vanessa Angel Berpotensi Jadi Tersangka Meski Negatif Narkoba, Mengapa?

Selasa, 24 Maret 2020 | 10:00
Tribunnews.com/Bayu Indra Permana

Vanessa Angel dan Bibi saat ditemui di kawasan Jl. Kapten Tendean Jakarta Selatan, Senin (13/1/2020).

GridHits.id -Artis cantik Vanessa Angel sedang ramai menjadi perbincangan.

Lagi-lagi, Vanessa Angel terjerat kasus dan harus berurusan dengan hukum.

Vanessa dan sang suami, Bibi Ardiansyah tersandung kasus dugaan penyalahgunaan narkoba.

Kapolres Jakarta Barat Kombes Audie S Latuheru mengatakan kasus dugaan penyalahgunaan narkotika yang menyeret pasutri Vanessa Angel dan Bibi Adriansyah prosesnya masih panjang.

Baca Juga: Benar-benar Menantu Idaman, Ibunda Ashraf Sinclair Sampai Terharu Lihat BCL Masih Rela Lakukan Hal Tak Terduga Ini di Hari Ulang Tahunnya: ‘Semoga Kamu Menjalani Hidup dengan Kuat’

Baca Juga: Selalu Ada Hidayah di Balik Musibah, Evelin Mantan Istri Aming Mendadak Tobat Gegara Corona: 'Pengen Belajar Buku Iqro'

Meski tes urine Vanessa Angel hasilnya negatif. Sementara sang suami dinyatakan positif mengkonsumsi narkotika, menurut Audie ada kemungkinan Vanessa yang bakal dijerat hukum.

Sedangkan sang suami bisa jadi ‎hanya menjalani rehabilitasi. Ini sesuai dengan Pasal 127 ayat 3 yang menyebutkan jika penyalah guna narkoba terbukti hanya jadi korban, maka individu terkait wajib menjalani rehabilitasi medis dan sosial.

Dari hasil sementara, polisi menyatakan Bibi hanya sebagai pengguna dari narkotika golongan IV, xanax. Berdasarkan Undang-Undang No 5 tahun 1997 tentang Psikotoprika, Bibi tidak bisa ditahan.

"Sesuai UU No 5 tahun 1997 tidak ada alasan kami untuk menahan Bibi. Dia sementara ini sebagai pengguna," ucap Audie di Polres Jakarta Barat, Jumat (20/3/2020).

Audie malah menyebut Vanessa yang kemungkinan berurusan dengan hukum karena memiliki 20 butir psikotoprika jenis xanax.

Barang bukti itu ditemukan polisi dari kediaman Vanessa dan Bibi di daerah Srengseng, Jakarta Barat pada Senin (16/3/2020) malam.

Baca Juga: Pasha Ungu Sampai Terdiam, Nikita Mirzani Kepergok Ngamuk Saat Siaran Langsung Hingga Buat Segmen Terhenti

Baca Juga: Pernikahan Jessica Iskandar dan Richard Kylie Terpaksa Ditunda, Bagaimana Nasib Perlengkapan Mewahnya?

"Untuk VA (Vanessa) kami pulangkan lebih awal karena dari pemeriksaan awal tes urine dia tidak kedapatan menggunakan psikotoprika. Belum ada alasan kuat menahan VA," tutur Audie.

"Justru yang kemungkinannya ada untuk ditahan itu VA, tapi masih panjang prosesnya. Karena Bibi sebagai pengguna, menggunakan barang milik VA. Mereka yang menguasai, memiliki barang haram itu yang bisa dijerat," tegas Audie lagi.

Mantan Kapolres Jakarta Selatan ini melanjutkan dalam pemeriksaan, Vanessa menyeret nama mantan kuasa hukumnya yang sempat mendampingi Vanessa saat menjalani proses hukum di Polda Jawa Timur.

Ketika diperiksa penyidik Narkoba Polres Jakarta Barat, Vanessa "bernyanyi‎" mendapat barang haram dari mantan kuasa hukumnya itu. Gerak cepat, penyidik berencana memeriksa mantan kuasa hukum Vanessa untuk mengklarifiikasi.

"‎Si VA menurut pengakuannya, dia dapat obat-obatan dari mantan penasihat hukumnya yang mendampingi dia ketika kasus di Jatim. Kami sudah kirim undangan klarifikasi ke Mr x yang namanya disebut VA," tutur Audie.

Audie menjelaskan kasus ini masih panjang,‎ dia menolak membeberkan hasil pengembangan secara gamblang karena nantinya bisa menganggu kerja penyidik.

Baca Juga: Dituntut Kurungan 2,5 Tahun Penjara , Pablo Benua Bakal Serang Balik Dengan Kejutan: 'Nanti Kita Akan Lihat'

Baca Juga: Berhati Malaikat, Nagita Slavina Beberkan Cara Memaafkan Raffi Ahmad Saat Buat Salah, Ari Lasso Geleng-geleng Kepala

"Ini terlalu prematur sebenarnya, tapi rekan-rekan paksa rilis. Ke depan kami bisa kesulitan ‎untuk mengungkap lebih jauh karena kasus ini masih panjang. Asal usul xanax belum diketahui," ujar mantan KA SPN Polda Metro Jaya itu.

Terakhir, Audie membantah pihaknya mengistimewakan Vanessa yang tengah berbadan dua dan Bibi. Menurutnya kasus ini ditangani secara profesional.

"Tidak ada perlakuan khusus, sama saja dengan yang lainnya. ‎Kami profesional dalam menjalankan pemeriksaan," singkat Audie.

(Artikel ini sudah tayang di Tribunnews.com dengan judul:Suami Positif Psikotoprika, Vanessa Angel yang Mungkin Jadi Tersangka)

Editor : Safira Dita

Sumber : tribunnews.com

Baca Lainnya