Follow Us

Gaungkan Sedekah Sampah di Bulan Ramadan, Para Tokoh Agama Sepakat Dorong Pengelolaan Sampah Berbasis Tempat Ibadah

Saeful Imam - Rabu, 12 April 2023 | 13:13
Pengelolaan sampah berbasis tempat ibadah

Pengelolaan sampah berbasis tempat ibadah

GridHITS.id - Masalah pengelolaan sampah yang baik adalah tanggung jawab semua pihak.

Untuk itu, banyak pihak mendorong pelibatan rumah ibadah dan tokoh agama untuk manfaat yang lebih besar.

Hal itu diungkapkan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. K.H. Nasaruddin Umar, M.A di aula Alfattah Mesjid Istiqlal pada Sabtu (11/04/2023) lalu.

Ia mengatakan masyarakat Indonesia sangat religius hingga pelibatan tokoh agama penting saat hendak menyukseskan sebuah program.

"Sudah terbukti banyak program pemerintah zaman dahulu yang sukses karena melibatkan tokoh agama," jelasnya.

Ia pun menyoroti sampah sebagai masalah bersama yang harus diatasi oleh berbagai pihak.

"Hari ini, tempat ini menjadi saksi bila para tokoh agama bersatu dalam pengelolaan sampah yang lebih baik," ujarnya.

Dalam rangka mendukung upaya Pemerintah menekan kebocoran sampah plastik, hari ini Danone-AQUA bekerja sama dengan Sekretariat Tim Koordinasi Nasional Penanganan Sampah Laut (TKN PSL) dan United Nation Development Program (UNDP) Indonesia melalui Gerakan Sedekah dan Kolekte Sampah Indonesia (GRADASI) menggelar “Dialog Keagamaan: Sinergi dan Kemitraan Mewujudkan Pengelolaan Sampah yang Berkelanjutan”.

Dihadiri oleh sejumlah tokoh dari berbagai agama, dialog keagamaan yang diselenggarakan di Masjid Istiqlal bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia melalui tokoh-tokoh agama mengenai pentingnya mengelola sampah untuk keberlanjutan lingkungan.

Danone Indonesia, melalui Danone-AQUA, berkomitmen terhadap keberlanjutan lingkungan dengan secara konsisten terlibat aktif dalam menanggulangi permasalahan sampah plastik di Indonesia. Vera Galuh Sugijanto, Vice President General Secretary Danone Indonesia, mengatakan,

“Keterlibatan Danone-AQUA di GRADASI merupakan wujud nyata dari komitmen perusahaan untuk menanggulangi permasalahan sampah plastik di Indonesia melalui pembangunan ekosistem sirkular, dengan demikian masyarakat Indonesia dapat menerapkan ekonomi sirkular dalam keseharian melalui inisiasi #BijakBerplastik.

Baca Juga: Demi Terwujudnya Kebersihan Lingkungan, Siswa SMA di Sekolah ini Diajarkan Edukasi Pemilahan Sampah

Editor : Hits

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular