Follow Us

facebookinstagramyoutube_channeltwitter

Panduan Lengkap! Cara Facebook Ads Manager yang Bisa Dicoba Sekarang

Ela Aprilia Putriningtyas - Kamis, 15 Desember 2022 | 11:00
Simak berikut ini cara Facebook Ads Manager yang bisa kamu coba praktikkan.
Pixabay

Simak berikut ini cara Facebook Ads Manager yang bisa kamu coba praktikkan.

GridHITS.id - Sudah tahu belum cara Facebook Ads Manager?

Jangan ketinggalan untuk coba cara Facebook Ads Manager.

Facebook sebagai media sosial terbesar di dunia memberikan akses yang terbuka lebar bagi para pemilik usaha atau bisnis untuk memperlebar jangkauan mereka.

Bahkan dengan biaya iklan yang standar, keuntungan bisa didapatkan.

Ya hanya dengan adanya Facebook Ads Manager.

Sayangnya untuk memanfaatkan Facebook Ads memang sedikit rumit bahkan harus benar-benar dipelajari.

Pengguna akan menemukan beberapa dasbor pelaporan, opsi format iklan, dan alat analisis pemirsa dan semuanya membuat menjalankan kampanye baru yang terkesan rumit.

Untuk mengetahui lebih jauh cara menggunakan Facebook Ads Manager simak baik-baik artikel ini.

Apa itu Facebook Ads Manager?

Facebook Ads Manager adalah platform yang digunakan untuk membeli penempatan iklan di Facebook dan Instagram.

Jutaan akun memanfatkan Facebook Ads untuk bisnis mereka.

Baca Juga: Panduan Lengkap Menggunakan Facebook Ads Khusus untuk Pemula

Ads Manager memberi pengiklan akses ke fitur untuk membantu mereka memasarkan bisnis.

Adapun kategorinya adalah Suite Bisnis Meta, Manajer Audiens, Meta piksel, Manajer Acara, Pusat Kreatif.

Sebelum masuk lebih jauh dengan cara Facebook Ads Manager ketahui langkah untuk membuat pengelola iklan.

1. BuatHalaman Bisnis Facebookdan harus melakukan ini melalui akun pribadi, meskipun dapat mengubah izin setelah halaman Facebook dibuat.

2. Buka akun Pengelola Bisnis Facebook di bawahAkunlalu tekanAkun Iklan.

3. PilihBuat Akun Iklan Baru.

4. Beri nama akun lalu atur zona waktu dan pilih mata uang.

5. Undang tim untuk bekerja di dalam akun iklan baru kamu, beri mereka izin sebagian (seperti kemampuan untuk membuat iklan baru tetapi tidak mengontrol pengaturan akun iklan) atau kontrol penuh.

6. Tambahkan metode pembayaran yang akan digunakan untuk membayar iklan.

Cara menjalankan kampanye menggunakan Facebook Ads Manager

- Kampanye: Tetapkan tujuan keseluruhan untuk kampanye

Baca Juga: Tips dan Cara Menambah Like dan Followers Facebook, Cocok untuk Admin Medsos

- Set iklan:Pilih audiens target orang-orang yang ingin Anda tampilkan di depan iklan

- Iklan: Di sinilah Anda akan menghasilkan materi iklan

Berikut sederet hal yang harus kamu perhatikan dari cara Facebook Ads Manager.

1. Tujuan kampanye

Ini adalah tujuan menyeluruh dari seluruh kampanye yang akan memengaruhi kepada siapa algoritme periklanan ditampilkan.

2. Tetapkan anggaran dan jadwal

Berhati-hatilah saat menetapkan anggaran iklan baik dengan anggaran harian atau seumur hidup.

Seperti dimuat shopify direkomendasikan untuk investasi antara 10% dan 30% dari pendapatan toko.

Lakukan strategi penganggaran iklan, kamu dapat meluncurkan iklan selama tiga hari, mengevaluasi kinerjanya, lalu mencoba iklan baru lagi.

3. Bangun audiens

Kamu harus menentukan tipe orang yang ingin melihat kampanye yang sudah kamu buat.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memulihkan Akun Facebook yang Dibajak? Pakai 3 Cara Ini

- Audiens khusus:

Tambahkan demografi dan ciri pangsa pasar target Anda, seperti jenis kelamin, usia, lokasi, bahasa, hobi dan minat.

- Audiens yang mirip:

Algoritme akan menemukan pengguna Facebook untuk ditargetkan dalam kampanye mendatang yang memiliki ciri yang sama dengan pelanggan yang sudah ada.

- Audiens yang ditargetkan ulang

Dengan piksel terpasang di situs web Anda, Facebook sudah tahu siapa yang melihat produk Anda.

Sertakan orang-orang ini dalam audiens penargetan ulang.

4. Pilih platform dan penempatan iklan

Pengelola Iklan Facebook memungkinkan bisnis untuk mempromosikan produk dan layanan di Facebook dan Instagram.

Jika masih ragu memilih keduanya bisa coba memilih secara manual terlebih dahulu.

Facebook:Feed, Marketplace, feed video, kolom kanan, Facebook Stories, video in-stream, artikel instan, hasil pencarian, dan Messenger

Baca Juga: Apa Perbedaan Facebook Lite dengan Facebook Biasa? Ternyata Ini Kelebihannya!

Instagram:Halaman Beranda, Jelajahi, Toko Instagram, Cerita, Gulungan, dan video in-stream

Audience Network:Aplikasi dan situs web eksternal yang “menyewa” ruang iklan ke Facebook

5. Bangun materi iklan

Cara Facebook Ads Manager dalam membuat materi iklan bisa dibilang bagian sangat penting.

Tampilan iklan akan berdampak besar pada ketertarikan audiens.

Kamu bisa membuat iklan video, iklan gambar tunggal, Iklan korsel dan Iklan kanvas.

6. Tinjau kampanye dan publikasikan

Sebelum menerbitkan kampanye iklan Facebook baru, tinjau informasi yang telah ditambahkan.

Diperlukan waktu hingga 24 jam bagi Facebook untuk meninjau dan menyetujui iklan tersebut.

Meski begitu bisa juga lebih cepat dan kurang dari 24 jam.

Nah itu tadi cara Facebook Ads Manager yang bisa kamu coba praktikkan.

Baca Juga: Apa Saja Metode Pembayaran Iklan di Facebook Ads, Gampang Banget Lho!

Editor : Hits

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

x