Panduan Lengkap Menggunakan Facebook Ads Khusus untuk Pemula

Rabu, 14 Desember 2022 | 14:00
Unsplash/Will Francis

Simak berikut ini adalah panduan lengkap menggunakan Facebook Ads yang harus Anda pahami sebelum pasang iklan.

GridHITS.id -Simak berikut ini adalahpanduan lengkap menggunakan Facebook Ads.

Jika Anda ingin memasang iklan di Facebook, maka artikel ini adalah pilihan tepat untuk Anda.

Facebook adalah salah satu media sosial terpopuler saat ini.

Tak mengherankan, jumlah pengguna aktifnya pada saat ini pun sudah mencapai 2,9 miliar dan menjadi yang terbanyak di dunia.

Ada banyak fitur Facebook yang bisa Anda coba.

Salah satunya adalah fitur Facebook Ads yang bisa digunakan untuk berbisnis.

Bagi Anda yang belum mengetahui, Facebook Ads merupakan fitur beriklan yang dimiliki oleh Facebook.

Ingin mencoba beriklan di Facebook? Simakpanduan lengkap menggunakan Facebook Ads ini dulu!

Cara Membuat Facebook Ads dengan Mudah

1. Membuat Halaman Facebook Bisnis

Sebelum menggunakan Facebook Ads, pastikan Anda sudah memiliki halaman bisnis Facebook.

Halaman ini nantinya akan menjadi tempat utama di mana Anda mempromosikan dan memperkenalkan produk Anda.

Jika belum membuat halaman bisnis,https://www.facebook.com/pages/create/ dan ikuti langkah-langkah untuk membuatnya.

Baca Juga: Berikut 23 Jenis Iklan yang Dilarang di Facebook Ads, Catat Ya!

2. Masuk ke Dalam Akun Facebook Ads

Jika halaman Anda sudah dibuat, nantinya akun Facebook Ads Anda akan dibuat secara otomatis.

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan login ke akun Facebook Ads.

Pergi ke halaman https://www.facebook.com/business/ads untuk melakukan login ke akun Facebook Ads.

3. Membuat Kampanye Facebook Ads

Tahapan selanjutnya yang perlu Anda lakukan dalam proses memasang iklan di Facebook adalah membuat kampanye.

Kampanye ini nantinya akan menjadi tujuan dari pemasangan iklan yang ingin Anda lakukan.

Berikut ini beberapa tujuan pemasangan iklan yang bisa Anda tentukan.

Apa saja?

- Awareness: Kesadaran publik akan produk dari brand Anda.

- Consideration: Pertimbangan jenis tindakan yang diharapkan datang dari publik.

Baca Juga: Ini Dia Aplikasi Download Video Facebook Gratis, Nonton Video Berulang Kali Tanpa Kuota!

- Conversion: Menghasilkan konversi.

Setelah tujuan ditentukan sepenuhnya, selanjutnya Anda perlu menentukan bagaimana iklan akan ditayangkan.

- Menentukan Pemirsa: Menentukan pemirsa yang nantinya akan melihat iklan Anda berdasarkan umur, gender, lokasi tempat tinggal, dan informasi lainnya.

- Menentukan Lokasi: Menentukan di media sosial mana Anda memasang iklan.

- Menentukan Anggaran Iklan: Menentukan berapa jumlah budget yang Anda miliki untuk memasang iklan.

- Menentukan Format Iklan: Menentukan jenis format iklan yang ingin Anda pasang (foto, video, caraousel, dan lainnya).

4. Melakukan Pembayaran untuk Facebook Ads

Tahapan terakhir dalam proses pemasangan iklan adalah pembayaran.

Pembayaran bisa dilakukan menggunakan kartu debit dan juga kartu kredit.

Jika sudah melakukan pembayaran, nantinya Facebook akan meninjau iklan Anda.

Jika disetujui, iklan Anda akan dipasang di waktu yang sudah Anda tentukan.

Baca Juga: Apa Perbedaan Facebook Lite dengan Facebook Biasa? Ternyata Ini Kelebihannya!

Tag

Editor : Averus Al Kautsar

Sumber GridHits.ID