GridHITS.id -Simak berikut ini adalahpanduan lengkap menggunakan Facebook Ads.
Jika Anda ingin memasang iklan di Facebook, maka artikel ini adalah pilihan tepat untuk Anda.
Facebook adalah salah satu media sosial terpopuler saat ini.
Tak mengherankan, jumlah pengguna aktifnya pada saat ini pun sudah mencapai 2,9 miliar dan menjadi yang terbanyak di dunia.
Ada banyak fitur Facebook yang bisa Anda coba.
Salah satunya adalah fitur Facebook Ads yang bisa digunakan untuk berbisnis.
Bagi Anda yang belum mengetahui, Facebook Ads merupakan fitur beriklan yang dimiliki oleh Facebook.
Ingin mencoba beriklan di Facebook? Simakpanduan lengkap menggunakan Facebook Ads ini dulu!
Cara Membuat Facebook Ads dengan Mudah
1. Membuat Halaman Facebook Bisnis
Sebelum menggunakan Facebook Ads, pastikan Anda sudah memiliki halaman bisnis Facebook.Halaman ini nantinya akan menjadi tempat utama di mana Anda mempromosikan dan memperkenalkan produk Anda.
Jika belum membuat halaman bisnis,https://www.facebook.com/pages/create/ dan ikuti langkah-langkah untuk membuatnya.
Baca Juga: Berikut 23 Jenis Iklan yang Dilarang di Facebook Ads, Catat Ya!
2. Masuk ke Dalam Akun Facebook Ads
Jika halaman Anda sudah dibuat, nantinya akun Facebook Ads Anda akan dibuat secara otomatis.Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan login ke akun Facebook Ads.
Pergi ke halaman https://www.facebook.com/business/ads untuk melakukan login ke akun Facebook Ads.
3. Membuat Kampanye Facebook Ads
Tahapan selanjutnya yang perlu Anda lakukan dalam proses memasang iklan di Facebook adalah membuat kampanye.Kampanye ini nantinya akan menjadi tujuan dari pemasangan iklan yang ingin Anda lakukan.
Berikut ini beberapa tujuan pemasangan iklan yang bisa Anda tentukan.
Apa saja?
- Awareness: Kesadaran publik akan produk dari brand Anda.
- Brand Awareness: Meningkatkan kesadaran publik soal produk Anda, khususnya orang yang memiliki minat pada produk Anda.
- Jangkauan: Menampilkan iklan kepada banyak orang dan sebanyak mungkin.
- Penginstalan Aplikasi: Menginstal aplikasi yang Anda miliki.
- Lalu Lintas: Meningkatkan traffic dari situs yang Anda miliki.
- Penciptaan Prospek: Mendorong publik untuk tetap di situs Anda lebih lama.
- Pesan: Meningkatkan interaksi, khususnya melalui pesan.
- Tayangan Video: Menonton video iklan Anda.
- Conversion: Menghasilkan konversi.
- Konversi: Mendorong publik untuk melakukan pembelian ataupun jenis konversi lain (follow akun Anda, mengirim pesan pada Anda, dll).
- Penjualan Katalog: Menampilkan produk-produk Anda.
- Kunjungan Toko: Mendorong publik untuk datang ke toko Anda.
- Menentukan Pemirsa: Menentukan pemirsa yang nantinya akan melihat iklan Anda berdasarkan umur, gender, lokasi tempat tinggal, dan informasi lainnya.
- Menentukan Lokasi: Menentukan di media sosial mana Anda memasang iklan.
- Menentukan Anggaran Iklan: Menentukan berapa jumlah budget yang Anda miliki untuk memasang iklan.
- Menentukan Format Iklan: Menentukan jenis format iklan yang ingin Anda pasang (foto, video, caraousel, dan lainnya).
4. Melakukan Pembayaran untuk Facebook Ads
Tahapan terakhir dalam proses pemasangan iklan adalah pembayaran.Pembayaran bisa dilakukan menggunakan kartu debit dan juga kartu kredit.
Jika sudah melakukan pembayaran, nantinya Facebook akan meninjau iklan Anda.
Jika disetujui, iklan Anda akan dipasang di waktu yang sudah Anda tentukan.
Baca Juga: Apa Perbedaan Facebook Lite dengan Facebook Biasa? Ternyata Ini Kelebihannya!