Follow Us

KALBE Ajak Masyarakat Deteksi Kanker Payudara

Saeful Imam - Selasa, 01 November 2022 | 07:39
Mengenali gejala awal kanker payudara dapat melalui metode SADARI yang dilakukan di rumah.
Freepik

Mengenali gejala awal kanker payudara dapat melalui metode SADARI yang dilakukan di rumah.

GridHITS.id - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui One Onco terus berkomitmen mengedukasi masyarakat terkait kanker di Indonesia.

Salah satu kegiatan rutin yang dilakukan ialah mengajak masyarakat deteksi kanker payudara melalui acara Breast Cancer Awareness Month, yang tahun ini bertema It’s Time to RISE and Never Stop Hoping.

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling banyak didiagnosis pada wanita di seluruh dunia, yang setiap tahunnya terdapat 506.000 orang meninggal dunia.

Di Indonesia, ada lebih dari 65.000 kasus baru dan 60—70 persen pasien kanker payudara yang datang ke rumah sakit sudah dalam stadium tiga dan empat.

“Pentingnya kesadaran untuk melakukan edukasi, skrining dan deteksi dini kanker payudara, sebagai usaha pencegahan dan juga mengurangi resiko kanker tidak progresif ke stadium lebih lanjut,” tutur Istri Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, Ida Rahmawati yang merupakan aktivis di organisasi aksi solidaritas dan kemanusiaan, di FX Sudirman, Jakarta, Minggu, 30 Oktober 2022.

Menurutnya, hal ini yang sejalan dengan program yang sudah dilakukan pemerintah.

Di antaranya, melalui campaign SADARI (pemeriksaan payudara sendiri) dan SADANIS (pemeriksaan payudara klinis).

“Peran caregiver (keluarga, suami/isteri, anak, dan lain-lain) dan komunitas sebagai support group bagi pejuang kanker juga sangat penting, untuk meningkatkan motivasi, dukungan emosional dan juga kepercayaan diri bagi pejuang kanker.

Bahwa mereka tidak sendiri dan berdampak positif dalam hidup mereka,” kata Ida.

“Kalbe berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam memberikan edukasi terkini dan meningkatkan awareness seputar kanker payudara.

Tujuannya, bersama sehatkan bangsa, untuk meningkatkan kehidupan yang lebih baik," ujar Presiden Komisaris PT Kalbe Farma Tbk, Irawati Setiady.

Baca Juga: Kalbe Edukasi Penanganan Penyakit Musim Hujan

Editor : Hits

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular