Follow Us

Penyebab Darah Haid Hitam yang Jarang Diketahui, Harus Waspada Ya!

Rachel Anastasia - Selasa, 24 Mei 2022 | 14:09
Penyebab darah haid hitam
Freepik

Penyebab darah haid hitam

GridHITS.id - Inilah penyebab darah haid hitam yang harus Anda waspadai.

Seperti diketahui, menstruasi memang sudah menjadi hal yang lumrah untuk wanita pada usia reproduksi aktif.

Umumnya siklus menstruasi adalah setiap 28 hari akan berulang.

Berbagai kondisi pun bisa memengaruhi datangnya menstruasi hingga warna darah yang keluar, lalu bagaimana jika yang keluar darah warna hitam?Sebetulnya darah berwarna hitam terbilang normal, dan bisa muncul di awal atau akhir menstruasi.Darah berwarna hitam artinya darah tua, yakni darah yang membutuhkan waktu lebih lama untuk teroksidasi dan meninggalkan rahim.Sebelum berubah jadi warna hitam, darah tersebut mulanya berwarna coklat atau merah tua lalu menghitam.Darah hitam juga bisa menunjukkan adanya penyumbatan di dalam vagina yang ditandai dengan keputihan berbau, sulit buang air kecil, gatal atau bengkak di dalam atau sekitar vagina.

Lalu Anda juga bisa kenali berbagai warna darah haid lainnya untuk informasi kesehatan, seperti:

Baca Juga: Cara Agar Haid Cepat Berhenti dengan Alami, Dijamin Berhasil!

Merah terangDarah berwarna merah menunjukkan darah yang segar dan memiliki aliran yang stabil.Umumnya, menstruasi dimulai dengan pendarahan berwarna merah terang lalu kemudian menjadi gelap di akhir periode.Namun, ada juga wanita yang warna darahnya tetap sama, yakni merah.Tapi terkadang, darah yang berwarna merah cerah juga merupakan tanda kanker serviks.Pendarahan ini juga dibarengi dengan gejala lainnya seperti menstruasi lebih lama, pendarahan setelah berhubungan intim, keputihan berbau, serta nyeri di punggung bawah dan panggul.

Merah mudaDarah merah muda dapat terjadi ketika darah menstruasi bercampur dengan cairan serviks.Selain itu darah merah muda juga dikaitkan dengan pemakaian kontrasepsi hormonal yang menurunkan kadar estrogen dalam tubuh.

Baca Juga: Jangan Abaikan, Perlu Diketahui Ciri-ciri Darah Haid Penyakit

Hal ini menyebabkan aliran darah lebih ringan dan memberi rona merah muda selama menstruasi.

Cokelat atau merah tuaDarah berwarna cokelat atau merah tua adalah darah tua yang akan berubah jadi hitam dan muncul di awal atau akhir menstruasi.Darah cokelat atau merah tua belum lama teroksidasi dan dapat muncul dalam berbagai warna.

OranyeDarah berwarna oranye sering kali menunjukkan infeksi pada vagina.Misalnya, seperti vaginosis bakteri atau trikomoniasis.Perhatikan juga apakah terdapat gejala lainnya seperti gatal pada vagina, rasa tidak nyaman pada area intim dan keputihan berbau. Saat mengalami gejala ini sebaiknya periksakan ke dokter ya.

Editor : Hits

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular