Follow Us

Harga Sarang Walet Ternyata Menurun Drastis, Ini Penyebabnya!

Rachel Anastasia Agustina - Sabtu, 21 Mei 2022 | 15:29
Ilustrasi harga sarang walet
Pixabay/HelgaKa

Ilustrasi harga sarang walet

GridHITS.id - Ternyata sekarang harga sarang walet tak semahal dulu saat pertama kalinya viral ke publik.

Ya, beberapa dari kita tentu sudah tak asing lagi dengan sarang burung walet.

Biasanya bahan alami yang satu ini akan diolah untuk jadi makanan dan minuman sehat.

Banyak pemburunya sebab sarang walet disebut-sebut punya khasiat yang sangat baik untuk tubuh

Sehingga tak heran jika harganya menyentuh angka belajan juta untuk satu kilogramnya.

Namun siapa sangka di tengah pandemi harganya justru merosot total.

Sarang walet di Kabupaten Tana Tidung alami penurunan harga.Salah satu pengepul sarang walet di Tana Tidung, Zoel Batalas mengatakan, turunnya harga sarang walet, terjadi mulai awal Februari 2022 lalu."Harga turun ndak cuma di Kaltara saja. Mungkin pengaruh omicron, dan juga pengirimannya susah," ujarnya kepada TribunKaltara.com, Sabtu (5/3/2022).

Baca Juga: Beragam Harga Minuman Sarang Burung Walet, Masih Terjangkau Dibeli!

Dia menambahkan, turunnya harga sarang walet ini terjadi disemua grade, baik grade mangkok maupun sudut-patahan.Pria asal Bulungan itu menyebutkan, harga grade mangkok saat ini dikisaran Rp 10 juta perkilogram.Padahal, normalnya harga grade mangkok bisa diangka Rp 11,5 juta sampai Rp 12 juta perkilogramnya."Kalau sudut dan patahan itu dulu harganya Rp 8 juta. Sekarang turun juga sekira Rp 7 juta."Untuk lokal kita, Tanjung Selor kah Malinau kah, semuanya sama. Begitu memang harganya," bebernya.Meski turun harga, dia akui sebagian petani walet tetap menjual sarang waletnya."Kalau yang mengeluh, ndak juga. Apalagi pengaruh pandemi Covid-19 ini kan, ekonomi lagi susah," katanya.Namun, ada pula yang menahan diri untuk tidak menjual sarang waletnya.Padahal kata Zoel, petani bisa merugi jika menyimpan sarang walet terlalu lama.

Baca Juga: Pantas Harganya Tembus Puluhan Juta Sekilo, ini Manfaat Sarang Burung Walet untuk Kesehatan

"Semakin dia simpan lama, kualitas sarangnya jadi ndak bagus. Tapi tergantung lagi bagaimana cara orang menyimpan," jelasnya.

Manfaat sarang burung walet, antara lain:- Memperlancar metabolisme tubuh.- Menjaga kesehatan kulit.- Mempercepat proses regenerasi sel.- Menjaga sistem pencernaan.- Berperan sebagai booster dalam sistem tubuh.- Mengoptimalkan perkembangan otak janin dengan kandungan Asam Sialat dalam sarang burung walet yang teruji 11,6 kali lebih tinggi dibanding Asam Sialat dalam ASI kolostrum, dan lainnya.

Nah itu dia berbagai harga sarang walet beserta manfaatnya.

Baca Juga: Kalau Sayang Nyawa Keluarga, Jangan dengan Teflon Pakai Cara ini karena Bisa Berakibat Fatal Bagi Keluarga, Ketahui Cara Memasak yang Tepat

Artikel ini telah tayang di TribunKaltara dengan judul Harga Sarang Walet Turun Capai Rp 1 Juta Perkilogram, Tergantung Grade

Editor : Hits

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular