Follow Us

facebookinstagramyoutube_channeltwitter

Kopi Kenangan, New Retail F&B dengan Pertumbuhan Tercepat di Indonesia, Sukses Raih Status 'Unicorn' Setelah Memperoleh Pendanaan Seri C

Saeful Imam - Senin, 27 Desember 2021 | 14:34
Kopi kenangan raih pertumbuhan tercepat dalam ekonomi hingga raih unicorn

Kopi kenangan raih pertumbuhan tercepat dalam ekonomi hingga raih unicorn

GridHITS.id -Kopi Kenangan, jaringan makanan dan minuman (F&B) dengankonsep New Retail yang memiliki pertumbuhan tercepat di Indonesia, juga dikenal sebagaipenyaji kopi lokal berkualitas dengan cita rasa terbaik, hari ini mengumumkan Pendanaan SeriC Tahap Pertama senilai $96 juta atau sekitar Rp1,3 triliun.

Melalui pendanaan ini, valuasi perusahaan kini menembus $1 miliar dan menempatkan Kopi Kenangan sebagai perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara.

Pendanaan Seri C dipimpin oleh Tybourne Capital Management, dan diikuti sejumlah investor dari seri sebelumnya, seperti Horizons Ventures, Kunlun dan B Capital, serta investor baru yaitu Falcon Edge Capital.

Pendanaan ini diperoleh setelah Kopi Kenangan mengukuhkan posisinya sebagai branddengan permintaan domestik yang tinggi, termasuk dari beberapa portfolio barunya, sepertibrand roti bernama Cerita Roti, ayam goreng Chigo, soft-cookies Kenangan Manis, sekaligusmenghadirkan berbagai inovasi baru seperti menu topping Sultan Boba.

Kopi Kenangan juga berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang baik selama 12 bulan terakhir, dengan angka penjualan lebih dari dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Hal ini berhasil dilakukan dengan menjaga tingkat profitabilitas yang sehat pada setiap gerai, sekaligus memangkas periode balik modal setiap gerai menjadi lebih singkat.

Selama satu tahun terakhir, aplikasi Kopi Kenangan juga tercatat sebagai aplikasi kopi yang paling banyak diunduh dan berhasil meraih peringkat terbaik di Indonesia.

Baca Juga: Kenangan Brands, Perusahaan New Retail F&B Tempat Kopi Kenangan, Cerita Roti, Chigo dan Kenangan Manis Bernaung

Dengan pendanaan baru ini, Kopi Kenangan berencana untuk mempercepat ekspansi CeritaRoti, Chigo serta Kenangan Manis ke seluruh Indonesia.

Kopi Kenangan juga akan terus memperluas jaringannya hingga merambah pasar internasional.

Edward Tirtanata, CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan mengatakan,

"Merupakan suatu kehormatan bagi kami dapat mengumumkan pendanaan yang menempatkan Kopi Kenangan sebagai perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara.

Dukungan dari para investor kami, baik mereka yang telah mendukung kami sejak awal maupun para investor baru, merupakan bukti sekaligus memotivasi kami untuk terus fokus dalammeningkatkan produktivitas gerai dengan memanfaatkan teknologi demi mewujudkanpengalaman terbaik bagi setiap pelanggan.

Visi kami adalah menjadi merek yang paling dicintai para pelanggan di Asia Tenggara, selain itu, terkait rencana 5 tahun ke depan, kami berkomitmen untuk memperluas jangkauan secara cepat hingga mencapai ribuan gerai di Asia Tenggara, sekaligus melengkapi portfolio kami dengan produk-produk yang dapat memenuhi kebutuhan pasar."

Kopi Kenangan didirikan Edward Tirtanata, James Prananto, dan Cynthia Chaerunnisa pada2017 dan berhasil mengisi celah pasar antara kopi dengan harga premium yang disajikanjaringan gerai kopi internasional dan kopi instan yang dijual di banyak kios jalanan di Indonesia.

Pelanggan dapat dengan mudah memesan kopi lewat aplikasi, baik untuk dikirim ke rumah,atau mengambil langsung di salah satu dari gerai Kopi Kenangan di Indonesia.

Baca Juga:Kopi Kenangan Gelar Hari Mantan Nasional Keempat, Gelar Promo Menarik untuk Para Mantan

Melalui model bisnis New Retail yang memadukan kanal daring dan luring, Kopi Kenanganberhasil menarik hati banyak pelanggan dan hanya dalam waktu 4 tahun, Kopi Kenangan telahbertumbuh menjadi Kenangan Brands dan mempekerjakan lebih dari 3.000 staf di lebihdari 600 gerai di 45 kota di Indonesia.

Selama pandemi Covid-19, Kopi Kenangan juga membuktikan kemampuan beradaptasinya dengan iklim usaha dan tantangan yang terus berubah.

Langkah ini ditempuh dengan menjalankan strategi-strategi baru, seperti menerapkansistem pesanan nirkontak (contactless booking request) yang membantu meningkatkanpertumbuhan pendapatan dan basis pengguna.

Selama 12 bulan terakhir, Kopi Kenangan telah menyajikan 40 juta cangkir dengan target 5,5 juta cangkir per bulan pada Q1 2022.

Baca Juga:Bakal Nyesel Banget Kalau Nggak Coba, Nanti Malam Langsung Taruh Ampas Kopi di Bawah Tempat Tidur Anda dan Lihat Apa yang Terjadi Esok Paginya, Dijamin Auto Kaget Nggak Nyangka

Editor : Hits

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular

x