Follow Us

Jangan Asal Minum, Sederet Obat Ini Rupanya Tidak Dianjurkan untuk Dikonsumsi Pasien Covid-19 Saat Isolasi Mandiri

Ela Aprilia Putriningtyas - Sabtu, 17 Juli 2021 | 12:23
Ilustrasi isolasi mandiri
freepik/prostooleh

Ilustrasi isolasi mandiri

GridHITS.id - Bagi kamu yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah wajib catat nih sederet obat yang harus kamu hindari.

Meski dengan gejala yang ringan saat terpapar Covid-19, kamu tidak boleh asal mengonsumsi obat.

Rupanya ada beberapa obat yang tidak dianjurkan untuk dikonsumi pasien Covid-19 saat isolasi mandiri.

Hal ini dikarenakan, pasien tanpa gejala dan bergejala ringan bisa disembuhkan utamanya dengan meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, mereka biasanya diharuskan untuk mengonsumsi makan-makanan bernutrisi secara cukup dan seimbang.

Konsumsi tambahan bagi pasien isolasi mandiri adalah ragam multivitamin seperti vitamin C, vitamin D, vitamin B, dan Zinc.

Tidak hanya itu, istirahat yang cukup, rajin berjemur, mengelola stres dan emosi diri, serta mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter penanggung jawab atau petugas dari fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) terdekat menjadi modal penting untuk segera pulih dari penyakit Covid-19 ini.

Namun, ada pula beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para pasien Covid-19 yang dirawat di rumah, yakni mengenai beberapa jenis obat-obatan yang tidak boleh atau harus dihindari jangan sampai mengonsumsinya selama menjalankan isolasi mandiri.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Indonesia menyatakan, dalam keadaan apapun saat sakit, instruksi tenaga kesehatan pasien harus diikuti dengan tepat.

Jangan asal inisiatif mengonsumsi obat tanpa basis bukti ilmiah, dan hanya karena pernah mendengarnya dari omongan tetangga, netizen di media sosial, ataupun broadcast di grup-grup WhatsApp.

Baca Juga: Peduli COVID-19, Tupperware Ajak Masyarakat Lakukan Donor Plasma Konvalesen untuk Membantu Sesama

Source : Kompas.com

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Baca Lainnya

Latest