Follow Us

Banyak Dijual Pedagang Tak Bertanggung Jawab, Begini Cara Membedakan Oximeter Asli dengan Yang Palsu: Jangan Sampai Salah Beli

Aulia Dian Permata - Selasa, 13 Juli 2021 | 10:28
cara membedakan oximeter asli dan palsu
tangkap layar TikTok via Kompas.com

cara membedakan oximeter asli dan palsu

GridHITS.id - Oximeter, alat untuk mengukur saturasi oksigen dalam tubuh saat ini menjadi salah satu alat kesehatan yang banyak dibeli masyarakat.

Pasalnya, pasien positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri disarankan memiliki alat ini untuk bisa memantau saturasi oksigen setiap saat.

Sebab jika saturasi oksigen di bawah angka 94, maka pasien harus secepatnya dibawa ke rumah sakit untuk mendapat bantuan oksigen tambahan.

Oximeter biasanya bisa dibeli di toko alat kesehatan, tapi saat ini sudah banyak dijual melalui marketplace.

Beberapa saat lalu, viral sebuah video cara membedakan oximeter yang asli dengan palsu.

Dalam video itu, terlihat dua buah pensil dimasukkan ke dalam dua oximeter berbeda.

Baca Juga: Selama Ini Masih Banyak yang Salah, Ternyata Segini Kadar Saturasi Oksigen yang Termasuk Kategori Darurat: 'Wajib Langsung Dibawa ke Rumah Sakit'

Hasilnya, salah satu oximeter (berwarna biru) tetap mendeteksi pensil itu seperti jari, dengan menampilkan tingkat saturasi oksigen dan denyut jantung.

Sementara oximeter lainnya tidak bisa membaca hasil apa pun.

"Jadi jangan salah beli. Masukkan pensil ke dalamnya, kebaca enggak tulisannya. Kalau terbaca, berarti Anda sudah tertipu," kata pria dalam video itu.Benarkah cara tersebut bisa digunakan untuk membedakan oximeter asli dan yang palsu?

Menurut Dr. Moh Ramadhani Soeroso, M.Ked (Paru), Sp.P-K.Onk, apa yang ditunjukkan lewat video viral tersebut memang masuk akal.

Source : Kompas.com

Editor : Hits

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular