Follow Us

Rupanya Semudah Ini Memperbaiki Kompor Gas yang Tak Bisa Menyala, 30 Menit Langsung Jadi!

Hanifa Qurrota A'yun - Rabu, 23 Juni 2021 | 06:00
Cara memperbaiki kompor gas yang tidak menyala
Pexels

Cara memperbaiki kompor gas yang tidak menyala

GridHITS.id - Berikut ini cara memperbaiki kompor gas yang tak mau menyala.

Kompor gas merupakan satu benda yang sangat penting dalam rumah tangga.

Pasalnya kompor gas meudahkan para ibu-ibu untuk memasak di dapur tanpa harus repot mencari kayu maupun memakai kompor minyak.

Hampir setiap hari kita bersinggungan dengn kompor gas.

Namun, bila digunakan terus-menerus, kompor gas akan menemui banyak masalah apapun merknya.

Baca Juga: Rupanya Semudah Ini Ubah Wajan dan Kompor Penuh Kerak Hitam Jadi Kinclong, Cukup Sekali Usap dengan Bahan Dapur Ini

Susah menyala atau dinyalakan adalah salah satu contoh permasalahan yang bisa terjadi pada kompor gas.

Hal ini umumnya disebabkan sumbatan regulator. Kompor gas yang susah menyala tentu bisa menimbulkan rasa khawatir sekaligus kesal bagi pemiliknya, terlebih terjadi saat hendak memasak.Jika kompor gas susah menyala, bahkan tidak menyala sama sekali, berikut ini berbagai cara mengatasinya dilansir dari beberapa sumber.

Lepas regulator tabung gasRegulator adalah sebuah komponen yang posisinya berada di antara selang dan tabung gas.

Fungsi utama regulator untuk mengatur kinerja gas serta mengunci gas di dalam tabung agar tidak terjadi kebocoran.Jika api di kompor gas susah atau tidak bisa menyala, besar kemungkinan gas di tabung gas tidak tersalurkan dengan baik menuju pemantik. Bila hal ini menjadi pemicu kompor gas susah dinyalakan, pasang regulator pada mulut tabung gas secara benar dan pastikan tidak ada bunyi mendesis yang mengindikasikan kebocoran gas.

Baca Juga: Jangan Asal Memperbaiki Kompor Gas yang Tidak Menyala, Ketahui Penyebab dan Solusi UtamanyaSelain itu, kompor gas yang susah dinyalakan bisa karena pengaman regulator yang justru menghalangi aliran gas.Untuk hal ini, lepas regulator dan ketuk bagian atasnya atau mengoyang-goyangkannya agar sistem pengaman di dalamnya kembali berjalan semestinya. Kompor gas susah hingga tidak mau menyala bisa disebabkan adanya kerusakan pada bagian pemantik kompor, sehingga pemantik tidak mampu mengeluarkan api.

Source : TribunKaltim.co

Editor : Ratnaningtyas Winahyu

Baca Lainnya

Latest