Follow Us

Kalori Nasi Putih vs Nasi Merah vs Mie, Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan dan Bisa Jaga Berat Badan Ideal?

Rachel Anastasia Agustina - Selasa, 25 Mei 2021 | 16:00
Kalori nasi putih vs nasih merah vs mie
Freepik/jcomp & lifeforstocks

Kalori nasi putih vs nasih merah vs mie

GridHITS.id - Kalori nasi putih vs nasi merah vs mie ternyata tidak berbeda jauh tergantung seberapa banyaknya.Seperti diketahui terkadang kalori nasi putih vs nasi merah vs mie masih suka dibanding-bandingkan oleh orang.Padahal kalori yang masuk ke dalam tubuh kita bisa dibilang tergantung dengan seberapa banyak kita makannya.Ketiga makanan itu merupakan makanan pokok terutama untuk kita orang Indonesia yang terbiasa konsumsi beras atau nasi.Bahkan ada juga yang mengatakan belum 'afdol' rasanya jika belum makan nasi terutama pada saat jam makan siang.Namun siapa sangka dibalik itu semua juga ada kekhawatiran banyak orang soal kalori yang ada di dalamnya.Mengingat dengan pola hidup sekarang, kesehatan pun dibilang bisa lebih mudah menurun jika tak dijaga.Melansir dari healthline, semua jenis beras, baik putih ataupun merah mengandung sumber karbohidrat yang utuh.

Hal itu juga sama dengan mie, dimana mie terbuat dari tepung yang sudah jelas mengandung banyak karbohidrat.Lalu kalau perihal kalori, mana yang lebih banyak dan mana yang lebih sedikit? Jawabannya bisa Anda simak di bawah ini.

Baca Juga: Kalori Nasi Putih Bikin Gemuk Ternyata Cuma Mitos, Ini Penjelasannya

Nasi putihKalori pada nasi putih per 100 gram adalah 130 kalori, jika Anda hitung dari sendok nasi, maka dua sendok nasi datar.Cukup kecil bukan? Pertanyaannya apakah Anda cukup untuk makan 100 gram nasi putih saja per sekali makannya?100 gram nasi putih sudah mengandung 0,3 gram lemak, 1 mg natrium, 35 kalium, dan 28 gram karbohidrat.Karbohidratnya kembali dipecah dengan 0,4 gram serat pangan dan 0,1 gram gula.Lalu ada 2,7 protein, serta mengandung kalsium, zat besi, vitamin B6, dan juga yang terakhir adalah magnesium.Jenis nasi yang satu ini dianggap tidak berbahaya asalkan Anda bisa mengontrol soal banyaknya asupan setiap harinya.

Nasi merah

Dalam 100 gram nasi merah ada 110 kalori di dalamnya, lebih kecil 20 kalori daripada nasi putih.Namun terkadang, karena dianggap 'sehat' dan kalorinya lebih kecil, jadinya beras merah pun berlebihan di konsumsi.

Baca Juga: Catat 3 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Nasi Putih Ini, Dampaknya ke Masalah Kesehatan Serius!

Sehingga sama saja, kalori yang masuk ke dalam tubuh pun menjadi sangat berlebihan dan mudah menimbulkan penyakit.Pada 100 gram nasih merah sudah terdapat 0,9 gram lemak, 5 mg natrium, lalu ada 43 mg kalium serta 23 gram karbohidrat.Selain itu ada kalsium 10 mg, lalu 0,4 mg zat besi, 0,1 mg vitamin B6, serta 43 mg magnesium.MiePada 100 gram mi polos belum ditambah apapun terdapat 138 kalori di dalamnya, mie terbuat dari tepung terigu.Lebih tinggi sekitar 8 kalori dari nasi putih, dan tidak jauh berbeda dengan nasi merah bukan?Dalam 100 gram mi terdapat 2,1 gram lemak, 29 mg kolestrol, 5 mg natrium, serta 38 mg kalium.Lalu ada 25 gram karbohidrat. 4,5 gram protein, 21 IU vitamin A, 12 mg kalsium, 4 IU vitamin D.Selanjutnya ada 0,1 vitamin B12, 1,5 mg zat besi, dan yang terakhir ada 21 mg magnesium di dalamnya.

Nah itu dia sedikit soal kalori nasi putih vs nasi merah vs mie.

Baca Juga: Dikenal sebagai Kuliner Favorit Bung Karno, Faktanya Nasi Jagung Ampuh Jadi Penangkal Sederet Penyakit Mengerikan

Source : Healthline

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Baca Lainnya

Latest