Follow Us

Bak Mukjizat! 17 Tahun Lamanya Dinyatakan Meninggal Dunia Sebagai Korban Tsunami Aceh 2004 Silam, Seorang Anggota Polisi Ini Ternyata Ditemukan Berada di RSJ, Keluarga Hampir Tak Percaya

Hanifa Qurrota A'yun - Kamis, 18 Maret 2021 | 19:00
Anaknya yang Merupakan Seorang Polisi Dinyatakan Meninggal Karena Tsunami Aceh, Rupanya Firasat Ibu Abrip Asep Tetap Yakin Anaknya Masih Hidup Benar Adanya, Kini Sang Putra Malah Ditemukan di RSJ, Begini Kronologinya...
YouTube/Kompascom Reporter on Location

Anaknya yang Merupakan Seorang Polisi Dinyatakan Meninggal Karena Tsunami Aceh, Rupanya Firasat Ibu Abrip Asep Tetap Yakin Anaknya Masih Hidup Benar Adanya, Kini Sang Putra Malah Ditemukan di RSJ, Begini Kronologinya...

GridHITS.id - Baru-baru ini publik dihebohkan dengan berita polisi yang berada di rumah sakit jiwa selama belasan tahun.

Mukjizat atas doa tampaknya hadir dalam keluarga salah satu angota kepolisian ini.

Ia kembali muncul setelah lama dianggap tiada.

Baca Juga: Bikin Naik Darah Young Lex Setelah Sebut Putri Sang Rapper akan Jadi PSK Saat Dewasa, Warganet Ini Sampai Minta Ampun Agar Tak Dilaporkan ke Polisi: 'Kasian Juga Sih'

Seorang anggota polisi Aceh, Bharaka Asep, dinyatakan meninggal dunia dalam musibah Tsunami Aceh yang terjadi 26 Desember 2004 silam.Selama 17 tahun bencana itu berlalu, tak ada satu pun kabar tentang Asep yang merupakan Anggota Resimen II Pelopor Angkatan 351 99/00 itu.Rekan-rekan Asep lantas menganggapnya telah meninggal ikut tersapu tsunami.Namun anggapan itu ternyata salah.

Seperti yang tertulis di artikel Serambi News berjudul 'Dikenang Sebagai Syuhada & Meninggal saat Tsunami Aceh 17 Tahun Lalu, Polisi Ini Ditemukan di RSJ' Rabu (17/3/2021) termasuk yang disampaikan Kapolsek Baitussalam, Ipda Safrizal SSos menyebutkan tahun 2004 itu, Asep sebagai pasukan Bantuan Keamanan Operasional (BKO) Brimob Resimen II Kedung Halang Bogor ke Polda Aceh saat itu bertugas di Poskotis Brimob Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar.Pada saat itu Asep masih Bhayangkara Muda dan masih menyandang pangkat Ajun Brigadir Polisi (Abrip) dan lulusan Sekolah Tamtama Polri tahun 1999/2000.

Baca Juga: Terima Kenyataan Rumah Tangganya Hancur dan Suami Ditangkap Polisi, Sherrin Tharia Bikin Heboh Warganet Saat Tunjukkan Diri Tanpa Hijab Setelah Cerai dari Zumi ZolaInformasi yang dihimpun Serambinews.com, dijelaskan pada saat terjadi musibah tsunami mengguncang Aceh tahun 2004 lalu, Asep sedang melaksanakan tugas di posko pengamanan.

Hal tersebut berkaitan saat itu Aceh masih bergejolak.Musibah dahsyat yang terjadi pagi minggu itu menghantam dan menyapu bersih apa pun, termasuk posko Asep bertugas bersama seluruh bangunan-bangunan lain dan rata dengan tanah.Bahkan musibah itu menelan korban sedikitnya hingga 280.000 jiwa yang menjadi korban.Lalu Asep juga dilaporkan hilang dalam musibah tersebut hingga disematkan gelar sebagai Abrip Anumerta Asep.Ipda Safrizal pun membagikan momen sejumlah percakapan yang beredar di WhatsApp di saat Asep ditemukan di RSJ Aceh, pada Rabu (17/3/2021).Menurutnya, awalnya sebuah pesan WhatsApp beredar di grup leting 351 Nusantara dengan kondisi orang tersebut dalam foto sedang berada di RSJ Banda Aceh yang dishare oleh anggota polisi yang dikenal sebagai Abu Iskandar, sekitar pukul 22.18 WIB Selasa (16/3/2021) malamKemudian rekan-rekan leting 351 di grup itu berkomentar bahwa wajah orang tersebut tidak asing sampai seorang anggota polisi Bahrul Walidin mengomentari di grup WA bahwa foto itu mirip Asep.Selanjutnya Bahrul Walidin pun berusaha mencari foto-foto yang pernah dishare di facebook pada saat mengenang 16 Tahun Tsunami.

 FOTO Dok Anggota Polisi,ACEH Viral Diduga Anggota Polisi Yang Hilang Saat Tsunami Kini Ditemukan Di Rumah Sakit Jiwa
(KOMPAS.COM/TEUKU UMAR)

FOTO Dok Anggota Polisi,ACEH Viral Diduga Anggota Polisi Yang Hilang Saat Tsunami Kini Ditemukan Di Rumah Sakit Jiwa

Lalu Bahrul mengambil foto Asep yang dianggap salah satu korban tsunami di facebook dan disandingkan dengan foto yang dishare di grup WA. Hasilnya sangat mirip. Kemudian dari berbagai komentar yang di peroleh baik di dalam grup maupun di grup Mako Brimob ada ciri-ciri yang mengarah ke Bharaka Asep yang pada saat itu BKO di Pos Ujong Pancu Peukan Bada.

Baca Juga: Paranormal Mbah Mijan Diringkus Polisi Setelah Mengaku Bisa Memanggil Nabi Muhammad Kapan Saja, Koar-koar Sebut Rasul Selalu Bersujud DihadapannyaPada tanggal 17 Maret 2021 pukul 09.00 WIB salah satu rekan leting 351 Bripka Indra Syaputra Banit Intelkam Polda Aceh, melakukan pengecekan ke RSJ dan dishare ke grup WA.Kemudian lanjut Ipda Safrizal membacakan isi WhatsApp tersebut sekitar pukul 12.00 WIB Ipda Zulkarnel, SE (Kepala Polsubsektor Blangbintang Aceh Besar) mendatangi RSJ untuk ikut memastikan kebenaran orang tersebut apakah benar Asep yang dikenal atau bukan.Menurut penuturan Ipda Zulkarnel, setelah melihat fisik dengan ciri-ciri yang disebutkan oleh abang kandung Asep dan sewaktu dirinya masih dipusat pendidikan (Pusdik) Brimob waktu Pendidikan, ternyata secara fisik hampir dipastikan bahwa orang dalam foto di RSJ tersebut adalah benar Asep.“Tentu saat ini perasaaan haru para sahabat di Polda Aceh di saat ada informasi dari pihak Rumah Sakit Jiwa Aceh kalau salah satu pasiennya diduga adalah personil Polri,” kata Kapolsek Baitussalam ini.Menurut penuturan Ipda Zulkarnel, setelah melihat fisik dengan ciri-ciri yang disebutkan oleh abang kandung Asep dan sewaktu dirinya masih dipusat pendidikan (Pusdik) Brimob waktu Pendidikan, ternyata secara fisik hampir dipastikan bahwa orang dalam foto di RSJ tersebut adalah benar Asep.

“Tentu saat ini perasaaan haru para sahabat di Polda Aceh di saat ada informasi dari pihak Rumah Sakit Jiwa Aceh kalau salah satu pasiennya diduga adalah personil Polri,” kata Kapolsek Baitussalam ini.Begitu mendengar itu Bripka Indra bersama rekan-rekannya langsung ke rumah sakit dan mendapati Asep sedang berada di tengah para pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Rizky Billar Mendadak Diperiksa Aparat Kepolisian Gara-gara Pelanggaran dan Kecerobohan ini, Kekasih Lesti Kejora Bakal Dipidana?“Pada saat mereka datang Abrip Asep tidak merespon dengan normal. Hal itu bisa dimaklumi. Sampai sejauh ini pihak rumah sakit telah mencocokan ciri fisik serta ciri lainnya dan mendekati ciri seorang Abrip Asep. Kecocokan ini masih perlu koordinasi dengan pihak keluarganya di Palembang,” terang Safrizal menjelaskan ke Serambinews.com.Abrip Asep yang memang sudah dianggap hilang dan diduga sudah meninggal dunia dalam musibah tsunami Aceh 2004 itu, saat ini ditemukan kembali, sebagai seorang yang sempurna, meski alami gangguan jiwa.Rasa syukurpun tak henti-hentinya Allah pemberi kehidupan atas mukjizat itu, lanjut Safrizal. “Keluarga Besar Polri akan bahagia atas informasi ini.Semoga saja bisa sehat kembali dan sudi kiranya bapak Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, SIK, MSI mengakomodasi beliau (Asep) untuk kembali menjadi anggota Polri dengan pangkat yang disesuaikan dengan jasa dan aturan kepangkatan yang berlaku,” pungkas Ipda Safrizal.

Artikel ini telah tayang di TribunStyle dengan judul Polisi Bharaka Asep Dikira Meninggal saat Tsunami Aceh 17 Tahun Lalu, Ternyata Selama Ini di RSJ

Source : Tribunstyle.com

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya

Latest