Follow Us

Berjemur Sinar Matahari Pagi Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan, Begini Penelitian Ilmiahnya

Rachel Anastasia Agustina - Rabu, 07 Oktober 2020 | 09:07
Ilustrasi berjemur matahari pagi.
Freepik

Ilustrasi berjemur matahari pagi.

GridHITS.id - Siapa sangka ternyata berjemur sinar matahari pagi bisa bantu menurunkan berat badan.

Menurunkan berat badan sendiri tentunya menjadi keinginan banyak orang, terlepas dari jenis kelaminnya.

Bagamana bisa berjemur sinar matahari pagi bisa bantu menurunkan berat badan? Studi ini dilakukan di University of Alberta di Edmonton.

Mereka mengungkapkan bahwa sinar matahari pagi dapat membakar sel lemak subkutan jaringan adiposa (scWAT), atau sel lemak putih yang bisa ditemukan di bawah kulit.

Baca Juga: Tak Hanya Menurunkan Berat Badan, Teh Mawar Ternyata Bisa Bikin Kulit dan Rambut Lebih Sehat

Baca Juga: Berhasil Menurunkan Berat Badan Sebanyak 55 Kilogram, Wanita Ini Bagikan Tips Dietnya yang Bukan Fokus Hanya pada Makanan SajaSel scWAT sendiri merupakan tempat penyimpanan lemak utama dalam tubuh yang berperan penting membantu mengatur metabolisme tubuh. Pada akhirnya, sistem metabolisme yang lebih baik membantu tubuh membakar simpanan lemak lebih cepat dan efisien.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa sel-sel scWAT cenderung mengalami penyusutan akibat terkena paparan sinar matahari yang disebut sinar biru, yaitu jenis cahaya bisa meningkatkan fokus dan suasana hati sepanjang hari.

Penelitian ini dipublikasikan dalam Journal of Scientific Reports.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Plos One ini menemukan bahwa orang yang sering terkena sinar matahari di pagi hari memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih lebih rendah bila dibandingkan dengan mereka yang sedikit atau sama sekali tidak mendapatkan paparan sinar matahari.

Mengapa bisa begitu? Hal ini terjadi karena berjemur di bawah paparan sinar matahari pada pagi hari membantu menyelaraskan jam biologis tubuh dengan mengirimkan sinyal ke otak bahwa pagi hari adalah waktunya untuk bangun dan malam hari adalah waktunya untuk tidur. Pola tidur yang stabil akan membantu metabolisme tubuh berjalan lebih efisien, sehingga dapat membantu penurunan berat badan.

Baca Juga: Latihan Treadmill Saja Tidak Cukup, Peneliti Bongkar Rahasia Terkait Cara Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan Secara Efektif

Source : Kompas.com

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Baca Lainnya

Latest