Follow Us

Waspada! Jabodetabek Memasuki Musim Pancaroba, BMKG Peringatkan Beberapa Wilayah yang Berpotensi Terdampak Bencana

Yosa Shinta Dewi - Selasa, 22 September 2020 | 20:00
Ilustrasi petir
Freepik.com

Ilustrasi petir

Waspada! Jabodetabek Memasuki Musim Pancaroba, BMKG Peringatkan Beberapa Wilayah yang Berpotensi Terdampak Bencana

GridHITS.id - BMKG baru saja mengeluarkan peringatan.

Peringatan yang disampaikan terkait wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) sedang memasuki masa pancaroba.

Hal itu diungkap oleh Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Fachri Rajab.

Intensitas curah hujan diperkirakan akan mengalami peningkatan, sehingga berpotensi terjadi hujan lebat meski masih dalam durasi pendek, yakni antara 2-3 jam.

Baca Juga: Sempat Meresahkan Warga karena Diduga Bakal Ada Bencara Besar, Akhirnya Misteri Suara Dentuman di Jakarta Terjawab Sudah, Ternyata Sumbernya dari Sini

Baca Juga: Waspada! Hujan Petir dan Angin Kencang Diprediksi Bakal Terjadi pada Besok Selasa 22 September 2020, Masyarakat di Wilayah Ini Lebih Baik di Rumah Saja

Fachri menjelaskan, meningkatnya intensitas curah hujan disebabkan dinamika atmosfer yang terjadi di atas Pulau Jawa dan Pulau Sumatera bagian selatan.

Adanya masa udara basah yang banyak mengandung uap air dari Samudera Hindia menyebabkan terbentuknya sel-sel awan hujan.

Selain itu, kondisi topografi juga dapat memengaruhi intensitas curah hujan, sebagaimana terjadi di wilayah Bogor dan Sukabumi.

"Dengan kondisi topografi, kemarin kan hujan di selatan, di Bogor dan Sukabumi itu faktor topografi juga turut berpengaruh di situ dalam pembentukan awan hujan," jelas Fachri dalam video yang diunggah kanal YouTube Metrotvnews, Selasa (22/9/2020).

Source : Tribunnews.com

Editor : Yosa Shinta Dewi

Baca Lainnya

Latest