Follow Us

Selama Ini Hanya Disebut Cair Bulan Agustus, Sekarang Pemerintah Sudah Kodekan Tanggal Cairnya Gaji Ke 13 dan Skema Pembayarannya!

Gabriela Stefani - Kamis, 30 Juli 2020 | 16:00
Skema pembayaran gaji ke 13
Kompas.com

Skema pembayaran gaji ke 13

Selama Ini Hanya Disebut Cair Bulan Agustus, Sekarang Pemerintah Sudah Kodekan Tanggal Cairnya Gaji Ke 13 dan Skema Pembayarannya!

GridHITS.id - Gaji ke 13 para Pegawai Negeri Sipil (PNS), anggota Polri, dan prajurit TNI yang seharusnya diberikan saat lebaran idulfitri kemarin diketahui diundur.

Pencairan gaji ke 13 ini dijanjikan akan cair pada Agustus 2020 hanya saja belum ditentukan tanggal pastinya.

Untungnya baru-baru ini ada angin segar yang memberikan gambaran kapan cairnya gaji ke 13 tersebut.

Staf Khusus Menteri Keuangan, Yustinus Praastowo, mengatakan meski begitu pembayaran gaji ke-13 masih menunggu revisi Peraturan Pemerintah (PP).

Baca Juga: Kabar Gembira Gaji ke-13 PNS Dipastikan Segera Cair hingga Kenaikan Uang Pensiun, Berikut Besarannya Berdasarkan Golongan

Baca Juga: Kabar Gembira Gaji ke-13 PNS Sudah di Depan Mata, Ada 6 Tunjangan Besar Lain di Luar Gaji Pokok Hampir Capai Rp 100 Juta

Adapun aturan yang dimaksud yakni PP Nomor 35 Tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga atas PP 19 Tahun 2006 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara dan Penerimaan Pensiunan.

Selain itu, pemerintah juga akan mengubah PP Nomor 38 Tahun 2019 tentang Pemberian Penghasilan Ketiga Belas kepada Pimpinan dan Pegawai Non PNS pada Lembaga Non Struktural.

“Sesuai yang disampaikan, gaji ke-13 akan dibayarkan pada Agustus. Setelah revisi PP selesai dan proses administrasi beres, tentu segera dibayarkan. Saat ini masih dalam proses,” kata Yustinus Prastowo di Jakarta pada Rabu (29/7/2020).

Menurut Yustinus, pencairan gaji ke-13 kemungkinan besar tidak bayarkan berbarengan dengan gaji bulanan. Sebab,perlu persiapan terlebih dahulu.

Source : Kompas.tv

Editor : Safira Dita

Baca Lainnya

Latest