Follow Us

Serius! BMKG Sudah Bunyikan Alarm untuk Masyarakat Agar Mulai Waspada Usai Selatan Jawa Lagi-lagi Diguncang Rentetan Gempa Bumi

Yosa Shinta Dewi - Sabtu, 18 Juli 2020 | 19:00
Ilustrasi gempa
Pixabay.com/Angelo_giordano

Ilustrasi gempa

Serius! BMKG Sudah Bunyikan Alarm untuk Masyarakat Agar Mulai Waspada Usai Selatan Jawa Lagi-lagi Diguncang Rentetan Gempa Bumi

GridHITS.id - Belakangan ini gempa bumi mengguncang beberapa wilayah di Indonesia.

Bahkan, gempa bumi juga terjadi dalam rentang waktu yang berdekatan.

Kali ini, Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akhirnya mengeluarkan peringatan agar masyarakat waspada terhadap potensi gempa bumi tektonik.

Hal tersebut dilandaskan lantaran gempa bumi tektonik yang terjadi di wilayah Samudera Hindia Barat Daya Pangandaran pada pukul 11.08 WIB, pada Jumat (17/7/2020).

Berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 3,7.

Baca Juga: Terawangannya Nyaris Tak Pernah Meleset, Paranormal Kondang Ini Bak Beri Tanda Gempa Besar yang Guncang Maluku Bisa Alami Hal Mengejutkan Ini, Apa?

Baca Juga: Wajib Waspada, BMKG Beri Peringatan Dini Beberapa Wilayah di Indonesia Ini Diterjang Cuaca Ekstrem Hujan Lebat hingga Angin

Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono menyebutkan bahwa episenter terletak pada koordinat 8,18 LS dan 107,85 BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 89 kilometer arah barat daya Kabupaten Pangandaran pada kedalaman 18 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktifitas sesar aktif di dasar laut," kata Daryono.

Source : Kompas.com

Editor : Hits

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular