Follow Us

Heboh Riset Obat Betadine Efektif Membunuh 99,99 Persen Virus Corona Dalam 30 Detik, Dosen Kedokteran UNPAD Membenarkan Tapi Ada Syaratnya

Saeful Imam - Rabu, 17 Juni 2020 | 15:06
Viral kandungan dalam betadine dapat membunuh 99,99 persen virus cornna dalam 30 detik,.
kompas

Viral kandungan dalam betadine dapat membunuh 99,99 persen virus cornna dalam 30 detik,.

Heboh Info Obat Betadine Efektif Membunuh 99,99 Persen Virus Corona Dalam 30 Detik, Dosen Kedokteran UNPAD Membenarkan Tapi Ada Syaratnya

GridHITS.id - Untuk menekan penyebaran wabah, pemerintah melakukan berbagai cara, termasuk membuat vaksin dan obat-obatan.

Kabar baiknya, sebuah riset mengungkap zat Povidone-iodine yang efektif membunuh virus corona.

Kabar itu dengan cepat menyebar di seluruh media sosial.

Baca Juga: Parno Jawa Barat Kembali Darurat Virus Corona, Ridwan Kamil Buru-buru Lakukan Hal Ini pada Warga yang Mau Wisata ke Puncak Bogor: ‘Mohon Maaf Kami Akan Lakukan...’

Baca Juga: Caranya Terbilang Tak Biasa, Ibu Ini Berhasil Sembuhkan Balita Positif Corona Tanpa ke Rumah Sakit, Seperti Apa Merawatnya?

Beberapa hari terakhir media sosial dihebohkan dengan kabar bahwa cairan dengan kandungan antiseptik ampuh membunuh SARS-CoV-2, virus corona penyebab Covid-19.

Salah satunya seperti yang diunggah oleh akun Instagram @infia_fact dengan caption-nya menyebut antiseptik Povidone-iodine atau umum terkandung dalam obat luka, Betadine di Indonesia, terbukti efektif membunuh 99,99 persen SARS-CoV-2 dan menjadi viral di antara warganet.

Namun, apakah benar cairan Povidone-iodine ini ampuh membunuh virus corona?

Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Dr Panji Hadisoemarto MPH, menjelaskan, Betadine memang mengandung bahan aktif Povidone-iodin (PVP-I) yang sifatnya sebagai antiseptik.

Povidone-iodin merupakan zat antimikroba yang mampu membunuh bakteri, jamur, protozoa, dan virus.

"Jadi virus itu tidak bertahan lama kalau terpapar zat-zat antiseptik," katanya kepada Kompas.com, Selasa (16/6/2020).

Source : kompas

Editor : Hits

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular