Follow Us

Caranya Terbilang Tak Biasa, Ibu Ini Berhasil Sembuhkan Balita Positif Corona Tanpa ke Rumah Sakit, Seperti Apa Merawatnya?

Ela Aprilia Putriningtyas - Selasa, 16 Juni 2020 | 13:00
Ilustrasi virus corona
Pixabay.com/ geralt

Ilustrasi virus corona

Caranya Terbilang Tak Biasa, Ibu Ini Berhasil Sembuhkan Balita Positif Corona Tanpa ke Rumah Sakit, Seperti Apa Merawatnya?

GridHits.id- Dirawat ibunya di rumah, seorang bayi berinisial MY (1) asal Kabupaten Gresik dinyatakan sembuh dari Covid-19. Ibu ini pilih lakukan perawatan sendiri untuk bayinya, namun proses tetap diawasi oleh dokter lewat panggilan video. Peran ibu sangat penting untuk kesembuhan MY.

Baca Juga: Akan Digelar Tahun Ini, Pernikahan Luna Maya Terpaksa Harus Gagal Lagi Gara-gara Pandemi Corona yang Tak Kunjung Usai

Baca Juga: Senjata Makan Tuan, Seorang Warga yang Sempat Nekat Mudik Malah Terinfeksi Virus Corona hingga Bikin Satu Rumah Sakit Kalang Kabut Sang ibu senang bukan kepalang begitu mengetahui sang buah hati mendapatkan hasil negatif Covid-19 kedua berdasarkan tes swab pada Jumat (12/6/2020) malam. Ia merasa lega. Perjuangan sekitar satu bulan merawat sang buah hati berakhir manis. "Alhamdulilah tidak ada proses yang mengkhianati hasil. Semalam diberi tahu hasil swab dan dinyatakan negatif," kata Ibu dari bayi berinisial MY itu kepada Suryamalang.com, Sabtu (13/6/2020). Ibu itu menceritakan pengalamannya merawat sang buah hati. Sejak awal, ia telah optimis bisa menyembuhkan bayinya yang berusia setahun tersebut. Pengalaman merawat sang buah hati juga memberikan hal positif dalam kehidupannya. Kini, gaya hidupnya lebih teratur dan mementingkan kesehatan, seperti rajin cuci tangan. Awalnya, bayi MY tertular dari sang kakek yang lebih dulu tertular Covid-19. Sang kakek sempat berbincang dengan MY saat hendak berangkat ke rumah sakit untuk mengobati penyakit diabetes. "Sebelum berangkat sempat salaman, memegang pipi MY, ternyata sampai rumah sakit kakek positif Covid-19," kata dia.

Ia kaget bukan main. Ia, suami, dan MY masuk dalam riwayat kontak pasien positif Covid-19. Mereka pun menjalani tes swab menggunakan metode polymerase chain reaction (PCR). Ternyata, bayi MY dinyatakan positif Covid-19. Ia tak bisa menutupi kesedihan mendapati fakta itu. Suaminya berusaha menenangkan dirinya agar tak terlarut dalam kesedihan. Pikirannya pun kalang kabut membayangkan sang buah hati dirawat di ruang isolasi, sendirian. Ia merasa hal ini menjadi perjalanan terberat dalam hidupnya. Meski, MY terlihat sehat tanpa gejala sedikit pun. "Apalagi diberi tahu dokter bahwa belum ada obatnya. Perasaan saya syok," kata dia.

Baca Juga: Berhasil Prediksi Virus Corona Sejak 8 Bulan Lalu, Paranormal Termuda di Dunia Abhigya Anand Ramal Perang Nuklir Akan Terjadi Sebentar Lagi

Baca Juga: Banyak Pasien Virus Corona Dikucilkan, Pria Ini Justru Diarak Keliling Kampung Bagai Raja Usai Dinyatakan Sembuh dari Virus Corona Memutuskan merawat di rumah Tak ingin berlarut dalam kesedihan, ia menyingkirkan perasaan sedih dan cemas yang dirasakan selama beberapa jam. Keyakinan dirinya tumbuh saat mengingat imun tubuh yang kuat akan mengalahkan virus corona baru atau Covid-19 di tubuh sang buah hati. Ia memutuskan merawat anaknya hingga sembuh di rumah. Perawatan itu tetap dengan bimbingan dan anjuran dari tim medis. Sang ibu mengaku setiap pagi menjemur bayi MY, dari pukul 06.30-07.30 WIB. Bayinya dibawa ke dalam rumah ketika telah berkeringat. Bayi MY langsung dimandikannya.

"Saya jemur di depan rumah setiap pagi selama satu jam hanya pakai popok saja." Ia semakin percaya diri ketika MY tak mengalami sakit. Menu makanan yang diberikan kepada MY pun dijaga sedemikian rupa. "Sayur menu wajib bagi anak saya. Kadang saya beri udang juga," terangnya. Dalam sehari, anaknya makan sebanyak tiga kali. Berat badan bayi satu tahun itu bertambah menjadi 12 kilogram. Petugas medis juga menyarankan ibu itu memberikan vitamin tambahan kepada MY. Anjuran itu dilakukannya.

Baca Juga: Bak Jilat Ludah Sendiri, Selama Ini Gembar-gembor Ajak Masyarakat di Rumah Aja Selama Pandemi Corona, dr.Tirta Malah Terciduk Nongkrong di Kafe

Baca Juga: Peneliti Harvard Sarankan Pasangan Berhubungan Intim dengan Memakai Masker untuk Cegah Penularan Virus Corona, Mengapa? Meski, sang suami tak bekerja selama dua bulan karena pandemi Covid-19. "Alhamdulilah masih ada pemasukan dari jualan di online shop saya," tambahnya. Setiap hari, ia rutin berkomunikasi lewat video call dengan tenaga medis untuk memberi tahu perkembangan buah hatinya. Melihat badan MY yang menggemuk, tenaga medis tak percaya bayi itu terpapar Covid-19. Ia pun gembira ketika buah hatinya dinyatakatan sembuh. Perjuangannya selama kurang lebih satu bulan membuahkan hasil. "Plong rasanya, lega sekali," kata dia. Ia pun berkomitmen memulai hidup sehat agar tidak ada keluarganya yang terpapar Covid-19. Artikel ini telah tayang di Tribun Jambi dengan judul Cerita Seorang Ibu Rawat Bayinya yang Positif Virus Corona Covid-19 hingga Sembuh, Konsul Video Call

Source : Tribun Jambi

Editor : Safira Dita

Baca Lainnya

Latest