Jangan Pernah Biarkan Keluarga Anda Lakukan Hal Ini! Bahaya Tidur di Ruangan dengan Lampu Menyala Bagi Kesehatan Ternyata Begitu Tak Terduga, Apa Saja?

Minggu, 11 September 2022 | 13:45
pexels

ilustrasi tidur di tempat tidur.

GridHITS.id -Kalau masih sayang keluarga jangan biarkan mereka tidur dengan lampu menyala, begini dampaknya.

Tidur adalah sebuah aktivitas istirahat yang sangat baik untuk tubuh.

Setelah seharian bekerja,tubuh dan pikiran akan menjadi sangat lelah.

Dengan tidur, nantinya tubuh dan pikiran pun akan kembali segar.

Saat terlelap, nantinya otak akan membersihkan berbagai racun yang tak berguna yang terbentuk setelah seharian beraktivitas.

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, salah satu caranya adalah dengan mematikan lampu ruangan.

Para ahli meneliti bagaimana dampak tidur menggunakan cahaya yang seminimal mungkin.

Menurut Joyce Walsleben, PhD., anggota asosiasi dosen diNew York University School of Medicine, meskipun sedang tertidur, cahaya yang muncul dan mengenai kelopak mata akan terdeteksi otak kita sehingga kita tak bisa memproduksi melatonin.

Apa saja dampak buruk yang bisa didapatkan dari tidur tanpa mematikan lampu?

1. Meningkatkan Risiko Kanker

Terungkap jika cahaya yang menyala ketika kita tidur dapat meningkatkan risiko kanker payudara secara signifikan

Baca Juga: Bak Dijadikan Nafsu Bejat, Seorang Ayah Tega Lecehkan Kemaluan Putrinya Saat Sedang Berduaan di Rumah, Kesaksian Sang Anak di Bawah Umur Bikin Geram Ibu Kandungnya, 'Pelaku Juga Beraksi Saat Hendak Tidur'

Menurut para peneliti yang mengkaji data dari 1.679 perempuan dan menerbitkan hasil penelitian mereka diChronobiology International.

Namun ilmuwan lain berpendapat bahwa setiap gangguan pada ritme sirkadian dapat memicu pelepasan hormon stress dan inilah yang dapat meningkatkan risiko kanker.

2.Meningkatkan Risiko Berat Badan Berlebih

Sirkulasi tubuh 24 jam kita mengontrol beberapa hormon seperti, ghrelin, insulin dan serotonin yang berpengaruh kepada nafsu makan, penyimpanan lemak, dan mood.

Oleh karena itu, hal-hal yang mengganggu sirkulasi bisa menyebabkan kegemukan, diabetes tipe 2, dan depresi.

3. Menyebabkan Insomnia

Beberapa ahli percaya bahwa menyalakan lampu pada malam hari dapat menyebabkan efek biologis.

Sebuah studi di Harvard menemukan bahwa pencahayaan lampu kamar pada larut malam yang berasal dari lampu pijar dapat mengurangi tingkat melatonin, sehingga kita menjadi sulit tertidur.

Bukan hanya lampu yang di atas kepala kita saja yang membahayakan, namun seluruh tingkat pencahayaan yang dapat ditemukan di rumah pada malam hari seperti layar komputer, televisi, dan ponsel dapat menekan sekresi melatonin.

4. Menyebabkan Depresi

Gangguan tidur sangat terkait dengan risiko depresi dan pengalaman depresi.

Baca Juga: Bak Namanya Hilang Ditelan Bumi, Artis Cantik ini Mengaku Sering Menangis Sebelum Tidur karena Kesepian, Setelah 10 Tahun Penantian Akhirnya Sekarang Bisa Pamerkan Sosok Pasangan Hidupnya

Ada sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Molecular Psychiatry.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa pencahayaan di malam hari, meskipun redup dan hanya setara dengan lampu tidur, dapat meningkatkan perubahan fisiologis seperti yang terjadi pada hewan pengerat.

Pada hamster, cahaya yang diterima di malam hari memicu perilaku seperti depresi dan perubahan pada otak.

Baca Juga: 'Jujur Enakan Gondoruwo', Bukannya Takut DJ Seksi ini Mengaku Ketagihan Setelah 6 Kali Berhubungan Intim dengan Makhluk Astral

Artikel ini telah tayang di GridHITS.id dengan judul Jangan Lakukan Lagi Jika Masih Sayang Nyawa Orang di Rumah, Tidur dengan Lampu Menyala Ternyata Menyimpan Segudang Bahaya untuk Kesehatan

Editor : Averus Al Kautsar

Sumber : GridHits.ID

Baca Lainnya