Auto Nyesel Kalau Gak Dicoba Besok Pagi, Minum Segelas Teh Pahit Setelah Bangun Tidur dan Lihat Perubahan Tak Biasa yang Ada Pada Tubuh Setelah 7 Hari

Minggu, 13 Maret 2022 | 21:12
Pixabay/congerdesign

Ilustrasi teh pahit

GridHITS.id - Beberapa dari kita tentu sudah tak asing dengan minuman tradisional yang satu ini, teh namanya.

Teh bisa dengan mudahnya kita temukan di mana-mana, terutama di tempat makan.

Sepertinya hampir semua kelas tempat makan menyediakan teh sebagai minumannya.

Mau di warung tenda kaki lima, ataupun di restoran mewah pun semua menyediakan teh.

Biasanya untuk menambah kenikmatan beberapa orang memilih memasukkan gula ke teh.

Terutama untuk kita yang gemar dengan es teh manis.

Namun siapa sangka, ternyata minum teh tanpa gula alias teh pahit memberikan segudang manfaat untuk tubuh.

Terdengar sepele, namun khasiatnya bisa membuat kita hemat biaya dokter.

Apa saja ya?

Baca Juga: Ungkap Pentingnya Camilan Bagi Kesehatan Mental, Mondelez Indonesia Ajak Masyarakat Terapkan #JamNgemil

Manfaat Minum Teh Tanpa Gula atau Teh PahitTahukan Anda jika hanya dengan minum teh pahit saja, beberapa manfaat berikut ini akan Anda rasakan di tubuh.Sebagaimana dilansir Reader's Digest, teh tanpa gula kaya akan antioksidan, yang membantu perbaikan sel-sel dalam tubuh serta mengurangi risiko penyakit kritis."Teh berasal dari tanaman Camellia sinensis yang mengandung antioksidan yang dikenal sebagai katekin.

Katekin sendiri terbagi atas senyawa Epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang dapat menghilangkan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi peradangan," kata Anthony Kouri, ahli bedah ortopedi di Toledo, Ohio.Berikut manfaat minum teh pahit untuk kesehatan.1. Meningkatkan pembakaran lemakKandungan kafein dalam teh membantu meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak hingga 100 kalori per hari.Khasiat ini akan terasa bila Anda mengonsumsi teh hijau tawar yang dikonsumsi hangat karena mengandung sekitar 40 miligram kafein per cangkir.

Baca Juga: Bakal Merugikan Nyawa Sekeluarga Kalau Masih Dikonsumsi, Ternyata Tempe yang Dibungkus Daun Pisang Menyimpan Segudang Bahaya untuk Kesehatan Kita, Kenapa?

2. Kulit lebih sehatRutin minum teh pahit dapat mengurangi risiko kanker kulit.Terutama jenis teh hitam, yang menurut Direktur Nutrisi dan Psikiatri Gaya Hidup di Massachusetts General Hospital and Faculty at Harvard Medical School Uma Naidoo, cukup efektif dalam mencegah karsinoma sel skuamosa atau salah satu jenis kanker kulit.3. Kurangi risiko diabetesMenyeduh teh dan meminumnya setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 dengan membantu mengendalikan gula darah setelah makan.Manfaat ini akan lebih terasa bila Anda memilih jenis teh hitam usai mengonsumsi makanan yang mengandung sukrosa, ungkap sebuah penelitian di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition.Jadi Anda bisa menyiapkan segelas teh hitam tanpa gula usai makan.4. Gigi lebih kuatManfaat minum teh pahit atau tanpa gula juga membantu gigi lebih kuat.

Baca Juga: Berikut Ramuan Cinta Zaidul Akbar yang Efektif Tingkatkan Vitalitas

Menurut penelitian dalam Journal of Oral and Maxillofacial Pathology, teh memiliki efek antibakteri yang dapat mengurangi bakteri pembentuk rongga di mulut.Sehingga, minum teh pahit setiap hari bisa membuat gigi berlubang tidak semakin parah.5. Menjaga kesehatan jantungKandungan katekin dalam teh dapat mengurangi peradangan sehingga menghambat pembentukan plak di arteri vital.Selain itu, khasiat antiinflamasi teh dapat membuat pembuluh darah rileks dan jernih, sehingga mengurangi tekanan pada jantung.6. Membuat tidur malam lebih lelapMenurut sebuah penelitian di Integrative Medicine Research, manfaat minum teh pahit dapat membantu meningkatkan kualitas tidur pada orang dengan insomnia ringan hingga sedang.

Baca Juga: Karir Artisnya Hancur hingga Banting Setir jadi Politisi Namun Berujung Bui Sampai Diceraikan Istri, Aktor Zumi Zola Kini Dikabarkan Alami Kesehatan yang Sangat Serius : 'Kata Dokter, Menyerang Semua Organ'

Artikel ini telah tayang di SajianSedap dengan judul Mulanya Sekeluarga Cuma Iseng Minum Teh Pahit Tiap Pagi, Tahunya Seminggu Kemudian Dibuat Melongo Rasakan Efeknya

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Baca Lainnya