Ungkap Pentingnya Camilan Bagi Kesehatan Mental, Mondelez Indonesia Ajak Masyarakat Terapkan #JamNgemil

Minggu, 13 Maret 2022 | 14:27
mondelez

Mondelez canangkan jam ngemil untuk kesehatan mental

GridHITS.id -Seiring perubahan selama beberapa tahun terakhir akibat pandemi, peran dan makna camilan bagi masyarakat pun terus berkembang.

Bahkan survei tahunanMondelez International“The State of Snacking” mengungkap semakin pentingnya peran camilan bagi kesehatan mental.

Menyadari hal tersebut, Mondelez Indonesiamengajakmasyarakat menerapkan #JamNgemil, yaitu meluangkan waktu sejenak untuk menikmati camilan, sebagai cara sederhana untuk membahagiakan dan mengapresiasi diri.

Survei The State of Snacking tahun ke-3 ini mengungkap bahwa 93% respondenmencari camilan untuk meningkatkan kesehatan mental, lebih tinggi dibandingkan data global yang tercatat yakni75%.

Lebih-lebih lagi, 72% responden juga mengatakan bahwa motivasi utama mereka dalam memilih camilan adalah sebagai hadiah untuk diri mereka sendiri(self-reward).

Bahkan, kegiatan ngemil dianggap sebagai waktu untuk melepaskan diri dari beban mental yang mengelilingi setiap hari, di mana 61% setuju bahwa camilan memang seharusnya ditujukan untuk kebahagiaan atau kepuasan diri.

Memahami pentingnya peran camilan untuk kesehatan mental sesuai dengan hasil survei The State of Snacking tersebut,Khrisma Fitriasari selaku Head of Corporate and Government Affairs Mondelez Indonesiamengajak masyarakat untuk menerapkan #JamNgemil, yaitu meluangkan waktu sejenak di antara kesibukan sehari-hari, untuk menikmati camilan favorit, sehingga momen ini dapat digunakan sebagai cara sederhana dalam menyenangkan dan mengapresiasi diri.

Inisiatif #JamNgemil merupakan bentuk lanjutan dari inisiatif #NgemilBijak yang telah diluncurkan Mondelez Indonesia pada tahun sebelumnya, guna mendorong masyarakat agar bisa meraih manfaat baik camilan bagi tubuh dan juga pikiran.

“Momen #JamNgemil sebaiknya diterapkan secara #NgemilBijak(mindful snacking), yakni dengan sepenuhnya fokus akan momen ngemil tersebut, sehingga dapat menyadari kebutuhan tubuh, dan mendapatkan manfaat baik dari camilan untuk membahagiakan diri,” jelasKhrisma.

Baca Juga: Investasi 23 Juta USD, Mondelez International Tambah Lini Produksi Ekspor di Indonesia

Menanggapi temuan tentang peran camilan sebagai hadiah(self-reward)untuk membahagiakan diri,Psikolog & Co-founder Rumah Psikologi TigaGenerasi Saskhya Aulia Prima M.Psimenjelaskan,

“Kebutuhan akan ngemil banyak muncul untuk meredam stres dan mencari kenyamanan yang dibutuhkan ketika jeda atau menyelesaikan pekerjaan, terutama bagi milenial dan Gen Z.Hal tersebut sangatlah mungkin, karenasecara biologis perilaku makan atau ngemil dapat menyalakanreward systemdi otak yang menghasilkan hormon bahagia (dopamine),” jelasSaskhya.

Saskhya menjelaskan bahwa dengan melakukanself rewardseseorang akan merasa senang, sehingga bisa memotivasi diri untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik lagi.

Namun sayangnya, banyak orang yang masih belum terlalu memahami bahwaself rewarditu sesuatu yang perlu, tidak egois, tidak lari dari tanggung jawab, dan sebaliknya justru akan meningkatkan kinerja, kesehatan mental, serta fisik.

“Bagi kebanyakan orang,self rewardmerupakan kemampuan yang perlu dilatih, sebagai penghargaan untuk diri sendiri setelah melakukan suatu hal yang menjadi tujuan atau target, sehingga menerapkanmomen pengingat seperti #JamNgemil dapat menjadi salah satu cara untuk melatih keterampilanself reward”, jelas Saskya.

Survei “The State of Snacking” bertujuan untuk mempelajari kebiasaan konsumen dan menemukan berbagai pemahaman baru tentang peran camilan baik fungsional maupun emosional, pada konsumen di Indonesia dan 11 negara lainnya.

“Survei The State of Snacking ini merupakan bagian dari upaya Mondelēz International dalam memahami kebutuhan konsumen di seluruh dunia, termasuk di Indonesia,” jelasRizky Maulana Kurniawan selaku Head of Category Plan and Activation Mondelēz Indonesia.

Mondelez Indonesia dengan produk-produknya yang ikonik seperti biskuit Oreo, cokelat Cadbury, dan Keju KRAFT telah menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia yang melengkapi setiap momen ngemil.

“Mondelez Indonesia berharap hadirnya survei The State of Snacking, serta inisiatif #JamNgemil ini bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat agar bisa meraih manfaat tersebut bagi tubuh maupun pikiran, utamanya di masa pandemi yang tak menentu ini,” tutupRizky.

Baca Juga: Pentingnya Edukasi Bagi Calon Pengusaha Kuliner Kreasikan Produk yang Sehat dan Menguntungkan

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya