Obat Herbal Panas Dalam Paling Ampuh Ini Ada di Rumah, Apa Saja?

Minggu, 21 November 2021 | 14:23
Pixabay/Leon_ting

Ilustrasi obat herbal panas dalam paling ampuh

GridHITS.id - Obat herbal panas dalam paling ampuh ini ternyata ada di rumah semua.

Seperti diketahui, panas dalam merupakan penyakit yang mudah sekali datang.

Terutama ketika hari sedang panas-panasnya dan kita kurang meng-hidrasi tubuh.

Tentu saja panas dalam akan mudah sekali menyerang saat tubuh kekurangan cairan.

Selain iu, panas dalam juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan hingga sariawan.

Sehingga tak heran jika kondisi seperti itu membuat kita jadi tak nyaman beraktivitas.

Namun Anda tak perlu khawatir, karena ada obat alami rumahan yang bisa Anda coba lo.

Mudah sekali mendapatkannya atau membuatnya karena biasanya bahannya sudah ada di rumah.

Apa saja ya obatnya?

Baca Juga: 4 Obat Herbal Menurunkan Tensi Tinggi, Coba Sekarang di Rumah!

Melansir dari Bobo.id, inilah obat herbal panas dalam paling ampuh.

1. Kumur Air GaramBerkumur dengan larutan garam bisa membantu meredakan sakit tenggorokan dan sariawan.Siapkan segelas air putih hangat dan campurkan dengan satu sendok teh garam.Untuk mengobati sakit tenggorokan, berkumurlah sambil mendongak. Sedangkan untuk mengusir sariawan, kita bisa berkumur di area yang sakit.Kita bisa berkumur selama 20 sampai 30 detik lalu buang airnya, jangan ditelan.Ulangi berkumur air garam setiap beberapa jam sekali untuk hasil yang lebih baik.2. Makan Sayur dan BuahSayur dan buah kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral yang berkhasiat untuk melancarkan pencernaan.Selain itu, sayur dan buah juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.Ajak orangtuamu untuk pilih sayur dan buah yang warnanya terang dan pekat untuk kandungan nutrisi terbaik. Misalnya sayur bayam, kangkung, wortel, terong, dan brokoli.

Stroberi, pepaya, apel, dan anggur juga baik untuk mengobati panas dalam.Untuk menambah asupan serat dan vitamin, konsumsi buah-buahan seperti apel dan anggur dengan kulitnya.

Baca Juga: Berbagai Obat Wasir Alami Ini Hanya Terbuat dari Tanaman, Gampang kan?

3. Ampas Teh CelupAtasi sariawan dengan cara mengompres bagian yang sakit atau luka dengan kantong teh celup yang sudah diseduh.Daun teh bermanfaat untuk melawan peradangan sekaligus meredakan nyeri. Kompres selama 15 sampai 20 menit kira-kira sebanyak tiga kali sehari.4. Banyak Minum Air PutihKarena gejala panas dalam seperti tenggorokan kering dan bibir pecah-pecah bisa diakibatkan oleh dehidrasi, pastikan kita cukup minum air putih.Sayur dan buah kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral yang berkhasiat untuk melancarkan pencernaan.Selain itu, sayur dan buah juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.Ajak orangtuamu untuk pilih sayur dan buah yang warnanya terang dan pekat untuk kandungan nutrisi terbaik. Misalnya sayur bayam, kangkung, wortel, terong, dan brokoli.Stroberi, pepaya, apel, dan anggur juga baik untuk mengobati panas dalam.Untuk menambah asupan serat dan vitamin, konsumsi buah-buahan seperti apel dan anggur dengan kulitnya.3. Ampas Teh Celup

Atasi sariawan dengan cara mengompres bagian yang sakit atau luka dengan kantong teh celup yang sudah diseduh.

Baca Juga: 100 Persen Dijamin Kempis dan Hilang, Inilah Obat Bisul Alami yang Perlu Dicoba

Daun teh bermanfaat untuk melawan peradangan sekaligus meredakan nyeri. Kompres selama 15 sampai 20 menit kira-kira sebanyak tiga kali sehari.4. Banyak Minum Air PutihKarena gejala panas dalam seperti tenggorokan kering dan bibir pecah-pecah bisa diakibatkan oleh dehidrasi, pastikan kita cukup minum air putih.5. MaduDalam berbagai penelitian, madu ternyata ampuh untuk melegakan berbagai masalah tenggorokan.Jadi, kalau tenggorokan mulai terasa sakit atau kering, segera minum madu murni.Kita bisa mencampurnya dengan teh, air hangat, atau diminum begitu saja.Madu juga bisa jadi mengatasi bibir kering sampai pecah-pecah.Nah, oleskan madu pada bibirmu untuk menjaga kelembapan alaminya.6. Kompres DinginSariawan yang muncul di area mulut bisa terasa nyeri. Karena itu, kompres bagian yang nyeri dan sariawan dengan es batu yang sudah dibungkus dengan kain lembut yang steril.Kita juga bisa mencelupkan kain bersih ke air dingin sebagai kompres.

Nah itu dia berbagai obat herbal panas dalam paling ampuh.

Baca Juga: 100 Persen Ampuh! Obat Alami Batuk Berdahak Ini Pasti Ada di Rumah

Artikel ini telah tayang di Bobo.id dengan judul Sedang Panas Dalam? Inilah 6 Cara Alami untuk Meredakannya

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Baca Lainnya