Berkali-Kali Sudah Diperingatkan Dokter Namun Masih Banyak yang Belum Jera, Mulai Sekarang Stop Kebiasaan Kunyah Es Batu Jika Tak Ingin Gigi Anda Alami Beragam Hal Menyakitkan Ini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 22:00
Pixabay

Kebiasaan mengunyah es batu yang bisa berdampak buruk.

GridHITS.id -Mulai sekarang stop kebiasaanmengunyah es batu jika tak ingin alami hal menyakitkan ini.

Masih banyak orang yang punya kebiasaan mengunyah es batu.

Selain teksturnya yang renyah,mengunyahes batu juga dapat membuat sensasi dingin di mulut.

Ternyata kebiasaan mengunyah es batu bisa jadi ada pertanda tak baik di dalam tubuh.

Mengutip dari Kompas.com, orang yang mempunyai kebiasaan mengunyah es batu disebut pagophagia, yang merupakan bagian dari pica.

Pica merupakan sebuah gangguan makan yang membuat penderitanya mempunyai orientasi untuk mengonsumsi makanan yang tak lazim.

Menurut laman resmi Dental Plans via Kompas.com, pica dapat muncul karena seseorang mengalami kekurangan nutrisi tertentu.

Baca Juga: Murah Meriah dan Tidak Ribet, Gunakan Es Batu untuk Lima Perawatan Kecantikan Ini, Dijamin Ampuh!

Kondisi lain yang membuat orang mempunyai kebiasaan untuk mengunyah es batu adalah OCD atau Obsessive-Compulsive Disorder.

OCD merupakan salah satu gangguan kesehatan mental yang mengarah pada perilaku kompulsif dan pikiran obsesif.

Dari penjabaran di atas, anda pasti menyadari bahwa kebiasaan mengunyah es batu merupakan salah satu bentuk gangguan kesehatan.

Kebiasaan ini dianggap tidak baik dan tidak menyehatkan karena dapat menyebabkan beberapa masalah serius terutama pada kesehatan gigi dan mulut.

Menurut American Dental Association yang dikutip dari Kompas.com, kebiasaan menggigit atau mengunyah es batu dapat merusak enamel gigi, lapisan permukaan keras yang melindungi gigi.

Meskipun lapisan itu kuat dan keras, namun jika lapisan itu membentur es batu yang juga keras maka akan ada beban kerusakan besar pada lapisan gigi.

Jika enamel rusak, gigi dan seluruh kebersihan mulut termasuk gusi akan rentan mengalami infeksi.

Seperti yang dikutip dari Grid.ID, kebiasaan mengunyah es batu juga dapat memberikan tekanan pada gusi sehingga menyebabkan resesi gusi.

Resesi gusi merupakan kondisi ketika jaringan pada gusi terkikis, salah satunya karena penyakit gusi atau cedera traumatis.

Baca Juga: Padahal Selama Ini Jadi Hidangan Favorit se-Indonesia, Ternyata Makan Ikan Asin dengan Cara Ini Simpan Bahaya yang Mengejutkan, Pikir Dua Kali Sebelum Makan!

Kondisi ini akan membuat gusi surut, lalu menyebabkan akar gigi terbuka.

Akibatnya, gigi dengan akar terbuka akan lebih sensitif sehingga ketika makan makanan yang dingin maupun panas kita jadi terasa tidak nyaman.

Selain itu, American Dental Association juga menyebutkan bahwa mengunyah es batu dapat meningkatkan risiko gigi patah.

"Setiap minggu saya melihat setidaknya satu pasien mengalami patah gigi karena mereka makan kernel popcorn yang tidak dicairkan, permen yang keras, atau es batu," kata John Grbic, DMD, Professor of Dental Medicine di Columbia University Medical Center yang dikutip dari Kompas.com.

Oleh karena itu, hentikan kebiasaan mengunyah es batu dari sekarang.

Baca Juga: Selama Ini Selalu Jadi Hidangan Favorit, Sekarang Coba Pikir Dua Kali Sebelum Makan Ikan Mujair Setelah Lihat 5 Fakta Mengejutkan Ini, Nomor 4 Bikin Jijik!

Editor : Saeful Imam

Sumber : GridStar.ID

Baca Lainnya