Anda Pasti Menyesal Jika Masih Suka Tidur Menghadap Kanan, Coba Rasakan Perubahan Pada Tubuh Kalau Mulai Tidur Hadap ke Kiri

Kamis, 26 Agustus 2021 | 15:00
Freepik/drobotdean

Manfaat tidur menghadap kiri

GridHITS.id - Ternyata ada segudang manfaat yang bisa kita dapatkan jika rutin tidur menghadap kiri.

Seperti diketahui, posisi tidur pada kenyataannya akan memengaruhi kualitas tidur yang kita miliki setiap harinya.

Bahkan apa yang kita lakukan sebelum tidur juga sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur kita semalaman.

Pasti beberapa dari kita pernah mengalami yang namanya bangun tidur dalam keadaan lemas dan masih mengantuk.

Nah, salah satu faktor yang perlu kita perhatikan ketika tidur adalah posisinya, sebab itu juga memengaruhi.

Dari segi kesehatan, tidur dengan menghadap ke kanan ternyata memiliki banyak kekurangan dibanding menghadap kiri.

Sebuah penelitian dari Journal of Clinical Gastroenterology menyatakan bahwa posisi tidur ke kiri memberi segudang manfaat ini:

Baca Juga: Menyesal Baru Tahu Sekarang, Posisi Tidur Miring ke Kanan Punya Dampak Buruk Tak Main-main, Hentikan Kebiasaan itu Mulai Malam ini

1. Baik Untuk Kesehatan HatiTidur menghadap ke sisi kiri memudahkan tubuh memompa darah ke sekitarnya.Ini karena arteri ada di sebelah kiri. Ketika kita tidur di sisi kanan, darah harus memompa ke atas terlebih dahulu.Namun, jika kamu tidur di sisi kiri, arteri akan sedikit membantu di sepanjang jalan.2. Baik Untuk PencernaanKetika kita tidur di sisi kanan kita, lebih mudah untuk asam lambung keluar ke kerongkongan, yang menyebabkan sakit maag. Jadi jika kamu mengalami masalah pencernaan, penting bahwa kamu tidur di sisi kiri sehingga asam lambungmu tidak cepat habis.3. Meningkatkan Drainase LimfoidTidur di sisi kiri kita juga lebih baik untuk sistem pengeringan limfoid, studi juga menunjukkan.

Baca Juga: Tolong Jangan Sekali-kali Bawa Handphone ke Tempat Tidur, Kalau Tidak Mau Efek Mengerikan Ini Terjadi

Sistem pengeringan limfoid mengangkut nutrisi penting, serta membersihkan tubuh melalui menyingkirkan hal-hal yang tidak diperlukan.4. Cocok dengan Anatomi TubuhBaik lambung maupun pankreas semuanya berada di sisi kiri tubuh, hal ini berpengaruh ketika kamu tidur menghadap ke kanan.Karena itu, tubuh harus bekerja lebih keras jika kita tidur di sisi kanan kita, untuk itu disarankan tidur menghadap ke kiri.5. Melepaskan tekanan dari limpa Limpa juga ada di sisi kiri tubuh.Pekerjaan limpa adalah membersihkan darah kita. Produk limbah diangkut melalui sistem limfoid ke limpa, tidur di sisi kiri membantu kerja limpa lebih efektif.

Baca Juga: Hati-hati, ini Arti Mimpi Melihat Ular Kobra, Ada Wanita Penggoda?

Artikel ini telah tayang di Grid.id dengan judul Mulai Nanti Malam Tolong Jangan Lagi Tidur Menghadap ke Kanan, Efeknya Pasti Bikin Kamu Menyesal!

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Baca Lainnya