Tanpa Tedeng Aling-aling, Guru Besar FKUI ini Sebut Tarif Tes PCR Jadi Biang Keladi Tak Terkendalinya Wabah Corona di Tanah Air

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 11:24
Tribunnews

Prof Tjandra Yoga Aditama sebut tes PCR jadi biang keladi wabah corona tak terkendali

GridHITS.id - Saat ini wabah corona masih menggejala di Indonesia.

Meski kasusnya terus mengalami penurunan sejak diberlakukannya PPKM, namun tak ada tanda-tanda wabah itu akan pergi.

Ada banyak penyebab wabah ini sulit terkendali, selain kedisiplinan masyarakat terhadap pola hidup sehat masih kurang, kurang masifnya pemeriksaan dituding jadi biang keladi.

Nah, salah satu guru besar FKUI malah punya pendapat lain, ia menuding tes PCR yang kurang menjadi salah satu penyebab sulitnya wabah terkendali.

Hal ini karena tes PCR di Indonesia yang sangat mahal.

Bahkan, ia membandingkan dengan negara India yang tarifnya sangat murah.

Pertanyaan terus muncul mengenai harga alat tes PCR tersebut yang dianggap lebih mahal di Indonesia.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Prof Tjandra Yoga Aditama menyebut kalau harga tes PCR lebih murah di Indonesia maka lebih mudah untuk mengendalikan penularan virus covid-19.

Baca Juga:Sudah Masuk ke Indonesia, Ini Fakta Virus Corona Varian Delta Plus: 'Lebih Berbahaya, Lebih Cepat Menginfeksi dan Lebih Potensial Menyerang Paru-paru'

"Kalau harga tes lebih murah maka jumlah tes di negara kita juga dapat lebih banyak sehingga lebih mudah mengendalikan penularan di masyarakat," ujar Tjandra kepada Tribun, Sabtu (14/8/2021).

Tentu kata Prof Tjandra perlu analisa yang mendalam mengapa sampai biaya tes PCR di tanah air begitu mahal.

Pengalaman Tjandra sewaktu menjabat Direktur WHO Asia Tenggara dan berkantor di New Delhi, biayanya tes PCR 2400 rupee, atau Rp 480.000. Waktu itu tarif tes PCR di Indonesia masih sekitar lebih dari 1 juta rupiah.

Pada November 2020 pemerintah kota New Delhi menetapkan harga baru yang jauh lebih rendah lagi, hanya 1200 rupee atau Rp 240.000, turun separuhnya dari yang saya bayar di bulan September 2020.

Lalu turun lagi harga tarif PCR menjadi 800 rupee saja (Rp 160.000) untuk pemeriksaan di laboratorium dan RS swasta.

Selanjutnya awal Agustus 2021 ini pemerintah kota New Delhi menurunkan lagi patokan tarifnya, menjadi 500 rupee, atau Rp 100 ribu saja.

Kalau pemeriksaannya dilakukan di rumah klien maka tarifnya adalah 700 rupee, atau Rp 140 ribu rupiah.

Sementara itu tarif pemeriksaan rapid antigen adalah 300 rupee atau Rp 60 ribu rupiah.

Pemerintah kota New Delhi juga meminta agar laboratorium swasta di kota itu dapat.

Baca Juga:Jangan Dilakukan Lagi, Minum Air Kelapa Hijau Campur Jeruk Nipis Tak Bisa Sembuhkan Covid-19 Malah Sebabkan Penyakit Baru yang Bikin Nyawa Pasien Terancam

Termasuk menyelesaikan pemeriksaan dan memberi tahu hasilnya ke klien dalam satu kali 24 jam, termasuk juga melaporkannnya ke portal pemerintah yang dikelola oleh Indian Council of Medical Research (ICMR) sehingga ditanya segera dikompilasi di tingkat nasional, mencegah keterlambatan pelaporan, inisiatif yang bagus.

"Tentang perbandingan harga tes PCR dengan India, sebenarnya bukan hal yang baru," kata Tjandra.

Tjandra juga menceritakan berdasarkan penuturan seorang temannya dari India mungkin ada subsidi dari pemerintah setempat, sesuatu yang nampaknya barangkali saja terjadi sebagai bagian penanggulangan pandemi.

"Juga mungkin karena ada fasilitas keringanan pajak, yang saya tidak punya informasi yang pasti tentang hal itu. Banyak juga dibicarakan tentang lebih murahnya bahan baku untuk industri. Juga mungkin ketersediaan tenaga kerja yang besar jumlahnya," ujar Tjandra.

Semua kemungkinan tersebut lanjutnya perlu dianalisa lebih lanjut. Tetapi yang jelas, selain tarif PCR maka harga obat-obatan di India juga amat murah bila dibandingkan dengan Indonesia.

"Pada waktu saya 5 tahun bertugas di WHO Asia Tenggara yang berkantor di New Delhi India maka setiap kali pulang ke Jakarta dirinya selalu membawa titipan obat-obat dari teman-teman di Indonesia untuk konsumsi sehari-hari mereka," ujarnya.

Baca Juga:Wajib Dicatat! Ini yang Perlu Dilakukan Pasca Sembuh dari Covid-19

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Guru Besar FKUI: Kalau Harga Tes PCR di Indonesia Murah Penularan Covid Bisa Dikendalikan

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya