Profil Ari Kuncoro, Rektor UI yang Akhirnya Lepas Jabatan Komisaris BUMN

Selasa, 27 Juli 2021 | 21:16
IST

Rektor UI Ari Kuncoro disebut rangkap jabatan. Disebut jadi wakil komisaris BRI.

GridHITS.id - Beberapa waktu lalu sosok Ari Kuncoro menjadi sorotan.

Profil Ari Kuncoro yang saat ini menjabatRektorUniversitas Indonesia (UI) menjadi perbincangan usai mendapat jabatansebagai komisaris BUMN.

Dua jabatan strategis yang diembannya pun memicu polemik.

Apalagi namanyamulai mencuat ke publik setelah pemanggilan mahasiswa UI dalam polemik kritik terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui poster 'The King of Lip Service' yang diunggah di akun media sosial BEM UI.

Ari Kuncoro yang menjadi kepala bagi para mahasiswa UI itu pun menjadi sorotan, apalagi langsung diangkatmenjadikomisaris bank pelat merah.

Tak berhenti sampai di situ, namanya juga langsung disorotsetelah Presiden Jokowi mengubah aturan yang melarang rangkap jabatan Rektor UI sekaligus komisaris BUMN.

Ternyata Profil Ari Kuncoro Sebagai orang nomor satu di UI, Ari Kuncoro punya segudang gelar akademik.

Nama lengkap beserta gelarnya adalah Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D.

Ari Kuncoro sendiri terpilih sebagai Rektor UI periode 2019-2024 melalui hasil pemungutan suara (voting) oleh Majelis Wali Amanat (MWA) UI di Kampus UI Depok, pada Rabu 25 September 2019 silam.

Baca Juga:Pernyataannya Soal Covid-19 Tuai Kontroversi Hingga Buatnya Ditangkap Polisi, Berikut Profil dr. Lois Owien yang Ternyata Tak Terdaftar IDI

Pada pemilihan itu, di tahap tiga besar pemilihan Rektor UI, dia berhasil menyingkirkan dua kandidat kuat lainnya, yaitu Prof. Abd Haris dan Prof. Budi Wiweko.

Dalam voting, Ari Kuncoro memperoleh 16 suara, Abd Haris mendapatkan 7 suara, dan Budi Wiweko tidak meraih suara (nol).

Berikut sedikit Profil Ari Kuncoro

1. Guru Besar dengan indeks tertinggi di Indonesia

Berdasarkan laman resmi UI,Ari Kuncoro adalah seorang Guru Besar dalam Ilmu Ekonomi dengan Google H-Index 14, yang juga bermakna peringkat pertama di Indonesia untuk sitasi karya ilmiah versi RePEC.

Sebelum menduduki jabatan sebagai Rektor UI 2019-2024, ia menjabat Dekan fakultas Ekonomi dan Bisnis.

2. Anggota East Asian Economist Association

Selain aktivitas akademik di FEB UI, ia juga menjadi anggota East Asian Economist Association dan menjadi profesor tamu di beberapa kampus terkemuka di Australia dan Amerika Serikat.

Dalam pemilihan Rektor UI periode 2019-2014 ini, Prof. Ari Kuncoro membawa visi “Menuju Universitas Indonesia yang inovatif, mandiri, unggul, inklusif, dan bermartabat”.

Dalam menunjang visinya tersebut, Prof. Ari Kuncoro mengatakan memiliki beberapa program yang salah satunya berfokus kepada team work.

Baca Juga:Mampu Kalahkan Tantangan di Masa Pandemi, Mikha Tambayong Ceritakan Perjuangannya Lulus S2 Harvard: 'Ini untuk Mama'

3. Beri Pandangan tentang Pelemahan Rupiah

Menurut Ari Kuncoro, terjadinya rupiah yang melemah, ekspor yang menurun, disebabkan SDM Indonesia yang tidak guyub secara internasional.

Ari Kuncoro lantas memiliki program yang ditujukan untuk mahasiswa, yaitu membuat pendidikan yang berbasis kolaborasi.

“Selama ini, yang dihasilkan adalah individualis, dengan IPK tinggi, lalu kalo jadi team work payah,” ucap Ari sebagaimana dirilis laman resmi UI.

Ia menjelaskan jika team work sangatlah penting karena setiap individu tidak akan bisa pintar sendirian.

Untuk itu, dia merencanakan program paper kelompok, proyek kelompok, dan lain sebagainya.

“Dan itulah program yang akan dicoba supaya SDM Universitas Indonesia dapat berperan untuk menjaga bangsa dan negara kita. Mungkin saat ini masih banyak CEO yang berasal dari Universitas Indonesia, tetapi kita tidak tahu lima tahun ke depan,” tandasnya.

4. Jadi Wakil Komisaris BRI

Sepak terjang di BUMN Ari Kuncoro saat ini tercatat sebagai Wakil Komisaris Utama yang merangkap Komisaris Independen di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, dikutip dari laman resmi perseroan.

Sosok Ari Kuncoro iangkat melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) BRI yang digelar pada Selasa, 18 Februari 2020 lalu, bersamaan dengan perombakan pengurus lainnya.

Baca Juga:Profil Chico Hakim, Suami Citra Soeroso yang Punya Jabatan Mentereng

Saat itu, pemegang saham juga mengangkat Kartika Wirjoatmodjo sebagai Komisaris Utama BRI menggantikan Andrinof A. Chaniago.

Sementara di saat bersamaan, Di jajaran direksi, terdapat perubahan yaitu penggantian direktur kepatuhan dari Azizatun Azhimah ke Wisto Prihadi.

Sebelum menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen BRI, Ari Kuncoro bukan termasuk orang baru di susunan pejabat bank pelat merah.

5. Aturan Rangkap Jabatan Direvisi

Profil Ari Kuncoro menguat saat aturan rangkap jabatan direvisi.

Aturan direvisi Jokowi Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah resmi mengizinkan Ari Kuncoro, Rektor UI untuk merangkap jabatan sebagai Wakil Komisaris Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI.

Keputusan tersebut diambil setelah pemerintah menerbitkan PP 75/2021 tentang Statuta UI.

Peraturan tersebut yang kemudian menggantikan PP 68/2013 tentang Statuta UI.

Di antara perubahan yang dibuat adalah poin mengenai rangkap jabatan Rektor UI.

Dalam aturan terbaru, rangkap jabatan di BUMN/BUMD hanya dilarang untuk jabatan direksi.

Baca Juga:Profil Citra Soeroso, Istri Chico Hakim yang Meninggal Usai Melahirkan

Sehingga dengan aturan terbaru, maka Rektor UI tidak melanggar aturan apabila hanya menduduki jabatan komisaris.

6. Jabatan Ari Kuncoro Dikritik Ombudsman

Anggota Ombudsman Republik Indonesia Yeka Hendra Fatika mengatakan, rangkap jabatan yang dilakukan Rektor UI tersebut secara gamblang melanggar regulasi dari pemerintah (kini pemerintah sudah merubah Statuta UI).

"Ari Kuncoro masalahnya sederhana saja. Dipilih berdasarkan Statuta UI dalam bentuk PP Nomor 68 Tahun 2013. Nah di dalam statuta Pasal 35 itu disebutkan bahwa rektor dan wakil rektor tidak boleh menjadi pejabat di BUMN atau BUMD," ucap Yeka dikonfirmasi. "Jadi di statuta sudah tidak boleh. Artinya dia melanggar aturannya sendiri. Tidak boleh rangkap jabatan, itu maladministrasi," kata dia lagi.

5. Ari Kuncoro Lepas Jabatan

Inilah profil kontraversial Ari Kuncoro karena ia melepas jabatannya sebagai komisaris BUMN karena desakan banyak pihak.

Mendapat kritik dan kecaman dari berbagai pihak, Ari Kuncoro pun akhirnya bersikap. Sang rektor memilih mengundurkan diri dari posisi Wakil Komisaris Utama BRI.

BRI mengumumkan pengunduran diri Ari Kuncoro sebagai Komisaris BRI, Kamis (22/7/2021) hari ini. Dengan menerima pengunduran diri Ari, BRI menegaskan komitmennya untuk menerapkan praktik tata kelola perusahaan yang baik.

Baca Juga:Profil Surya Insomnia, Komedian yang Meniti Karier Sebagai Penyiar

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya