Sudah Tutup 1,5 Tahun Karena Rugi Besar Akibat Pandemi, Hotel Bintang 3 Milik Youtuber Ini Akan Digratiskan Jadi Lokasi Isolasi Mandiri: 'Daripada Tidak Ada Fungsinya'

Jumat, 23 Juli 2021 | 09:00
Ig: @grandmalioborohotel

Hotel Grand Malioboro milik Youtuber akan difungsikan sebagai lokasi isolasi mandiri pasien Covid-19

GridHITS.id -Masa pandemi Covid-19 yang sudah terjadi selama lebih dari 1,5 tahun ini menjadi musibah bagi hampir semua manusia di dunia.

Selain banyak korban jiwa yang melayamg karena virus Covid-19, banyak pengusaha yang terpaksa gulung tikar akibat merugi.

Sektor pariwisata menjadi salah satu jenis usaha yang terkena imbas paling besar.

Salah satu hotel bintang tiga di Jambi, Hotel Grand Malioboro termasuk kena imbas yang cukup berat.

Hotel ini sudah tutup selama 1,5 tahun dan seluruh karyawannya dirumahkan karena pandemi dan tidak ada tamu yang menginap.

Baca Juga: Setelah Isolasi Mandiri Tidak Perlu Lakukan Tes Swab PCR, Amati 2 Tanda Ini untuk Yakin Bahwa Pasien Sudah Sembuh dari Covid-19

Bob Bee Builder, pemilik hotel sekaligus seorang Youtuber ini akhirnya punya ide untuk mengalih fungsikan hotelnya menjadi lokasi isolasi mandiri bagi pasien Covid-19.

Bob Bee menuturkan, keputusan menjadikan Hotel Grand Malioboro sebagai tempat isolasi mandiri dilatarbelakangi terpaparnya keluarga dekatnya oleh Covid-19.

"Penyebaran Covid-19 sudah mewabah ke tingkat keluarga. Miris, karena isoman malah membuat penyebaran virus menjadi klaster keluarga," ujarnya, Rabu (21/7/2021).

Bob Bee berharap jika hotelnya bisa digunakan untuk isolasi mandiri pasien Covid-19, angka penularan pada klaster keluarga di Jambi bisa berkurang.

"Ini untuk kemanusiaan. Saya prihatin ada yang isoman meninggal dunia, lalu penyebaran Covid-19 di tingkat keluarga sudah begitu luas," ucapnya.

Pria ini berharap pemerintah daerah bisa mendukung idenya dan membantu menyediakan tenaga kesehatan untuk memantau pasien isoman di hotelnya.

Kata dia, beberapa orang menyatakan bakal menyediakan ambulans dan tabung oksigen.

Akan tetapi, meski sudah ada yang berminat membantu, hotelnya itu belum bisa beroperasi karena belum memiliki tenaga medis.

Baca Juga: Jangan Asal Minum, Sederet Obat Ini Rupanya Tidak Dianjurkan untuk Dikonsumsi Pasien Covid-19 Saat Isolasi Mandiri

Ig: grandmalioborohotel

kondisi dalam kamar hotel Grand Malioboro Jambi

Sementara itu, Bob tidak mempunyai akses untuk berkomunikasi dengan pemerintah.

Selama ini, Bob sengaja menutup hotel karena tidak ada pemasukan dan biaya operasionalnya tetap berjalan.

Ia menyebut, bila hotelnya itu dipaksa beroperasi, bakal menimbulkan kerugian, yang mana biaya operasi lebih tinggi dibandingkan pemasukan.

"Daripada hotel itu tidak difungsikan, lebih baik menjadi tempat isoman. Jadi lebih berguna," tandasnya.

Hotel Grand Malioboro Jambi miliknya juga tergolong hotel yang bagus dan fasilitasnya cukup lengkap.

Sebagai tempat isolasi mandiri, Bob akan menggratiskan 40 kamar berkualitas bintang 3.

Hotel Grand Malioboroini dapat menampung 300 orang.

Selain itu, ada fasilitas lain, seperti kolam renang, karaoke, restoran, dan jaringan WiFi di setiap ruang terbuka.

Di bagian atas hotel, terdapat roof top yang langsung tersinari matahari.

Baca Juga: Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Positif Covid-19, Begini Kondisinya Sekarang : 'Sering Blusukan ke Rumah Sakit dan Lokasi Isolasi'

Editor : Saeful Imam

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya