Benarkah Vaksin Astrazeneca Menawarkan Perlindungan Kuat Seumur Hidup dari Covid-19? Begini Penjelasannya

Minggu, 18 Juli 2021 | 13:00
Pixabay/HakanGERMAN

Ilustrasi vaksin AstraZeneca

GridHITS.id - Vaksin Astazeneca disebut-sebut mampu melindungi dari Covid-19 seumur hidup.

Benarkah vaksin Astrazeneca terbukti ampuh memberikan perlindungan seperti apa yang ramai diperbincangkan?

Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui kebenarannya.

Bukti tersebut diungkap melalui penelitian oleh para ilmuwan di Universitas Oxford (Inggris) dan Rumah Sakit Cantonal (Swiss) belum lama ini.

Hasil penelitian itu kemudian diterbitkan dalam jurnal Nature.

Mereka mengatakan bahwa meningkatkan kemampuan perlindungan sel T adalah "fungsi utama" vaksin.

Mereka menggunakan teknologi vektor adenovirus seperti AstraZeneca dan Johnson & Johnson (J&J).

Para peneliti menemukan bahwa adenovirus dapat menyerang sel-sel jaringan berumur panjang, bertindak sebagai "kamp pelatihan" sel-T.

Baca Juga: Terjadi Lagi! Usai Dihebohkan Kasus Swab Antigen Bekas, Kota Medan Diguncang Skandal Jual Beli Vaksin Covid-19, Pelakunya Dua Oknum Dokter

Profesor Burkhard Ludewig, dari rumah sakit Cantonal di Swiss, mengatakan, "Sel T yang dihasilkan dari kamp pelatihan yang diproduksi vaksin memiliki kualitas yang sangat baik."

"Adenovirus telah berevolusi bersama manusia untuk waktu yang sangat lama, dan telah belajar banyak tentang sistem kekebalan manusia dalam prosesnya," kata Profesor Ludewig.

Menurut Profesor Ludewig, diharapkan di masa depan, para ilmuwan akan menemukan cara untuk membuat vaksin baru yang menargetkan penyakit persisten seperti TBC, HIV, hepatitis C dan kanker.

Dan di sini mereka telah mengajari kita pelajaran penting tentang cara terbaik untuk mempromosikan sel-T reaktivitas.

freepik

Ilustrasi melakukan vaksin

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa vaksin AstraZeneca lebih efektif dalam meningkatkan sel T daripada vaksin yang menggunakan teknologi mRNA seperti Pfizer dan Moderna.

Profesor Paul Klenerman dari Nuffield School of Medicine, Universitas Oxford mengatakan, "Jutaan orang telah divaksinasi menggunakan teknologi vektor adenovirus di seluruh dunia."

Namun dalam studi yang baru diterbitkan, para ilmuwan merujuk pada perlindungan seumur hidup yang ditawarkan oleh vaksin AstraZeneca.

Baca Juga: Setelah Menuai Pro dan Kontra, Akhirnya Presiden Joko Widodo Resmi Membatalkan Vaksin Berbayar

"Tujuan akhir dari vaksin ini adalah untuk memberikan perlindungan sistemik. kekebalan jangka panjang menggunakan antibodi dan sel T," katanya.

"Studi ini membantu kita memahami lebih banyak tentang efektivitas vaksin dan mengapa efeknya pada sel T bertahan lama," kata Profesor Klenerman.

Sejauh ini Indonesia telah mendatangkan berbagai vaksin dari luar negeri seperti, Sinovac, Sinopharm, dan AstraZeneca.

Dari sekian vaksin yang didatangkan oleh Indonesia tersebut, tercatat ada salah satu vaksin yang dikabarkan ampuh memberi perlindungan seumur hidup.

Menurut, 24h.com.vn, pada Sabtu (17/7/21), vaksin tersebut adalah Oxford/AstraZeneca yang disebut menawarkan perlindungan kuat seumur hidup.

Hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian terbaru, yang dipublikasikan belakangan ini.

Vaksin ini mampu merangsang produksi antibodi yang membunuh virus, vaksin AstraZeneca juga menciptakan "kamp pelatihan" sel T yang menemukan dan membunuh di dalam tubuh.

Sel T memiliki kemampuan untuk menghancurkan agen berbahaya, bahkan varian baru.

Baca Juga: Ternyata Anda Boleh Menunda Vaksin Dosis Kedua Jika dalam Keadaan Sakit, Namun Perhatikan Peraturan Ini Agar Efektivitas Vaksin Tetap Terjaga

Itu berarti tubuh dapat terus membuat sel T penting ini untuk waktu yang lama, mungkin seumur hidup, bahkan saat antibodi berkurang.

Ada banyak jenis sel T dengan fungsi yang berbeda-beda di dalam tubuh manusia.

Seperti menyerang langsung mikroorganisme yang berbahaya bagi tubuh seperti bakteri, virus, dan sel kanker.

Masing-masing bekerja dengan sel imun lain, mengatur respon imun dan membantu menekan sistem imun agar tubuh tidak bereaksi berlebihan.

Artikel ini telah tayang di Tribun Batam dengan judul Kabar Menggembirakan, Vaksin AstraZeneca Terbukti Ampuh Beri Perlindungan Seumur Hidup dari Covid-19

Editor : Saeful Imam

Sumber : Tribun Batam

Baca Lainnya