Berbagai Makanan yang Mengandung Vitamin D, Ternyata Sering Dikonsumsi Sejuta Umat!

Rabu, 14 Juli 2021 | 20:00
Pixabay/RitaE

Ilustrasi makanan yang mengandung vitamin D

GridHITS.id - Ternyata ada banyak makanan yang mengandung vitamin D untuk kita.Seperti diketahui, di tengah pandemi Covid-19 ini vitamin D banyak dicari.Maka tak heran jika stok vitamin D dalam bentuk tablet cepat habisnya.Sebab vitamin D disebut-sebut bisa membantu penyembuhan pasien Covid-19.Sehingga banyak orang yang dengan paniknya memburu berbagai vitamin D.Padahal, Anda bisa mendapatkan vitamin D dari makanan sehari-hari.Berbagai makanan ini tinggi akan vitamin D sehingga baik untuk tubuh.Sehingga Anda tak perlu lagi memburu tablet vitamin D untuk dikonsumsi.Makanan yang mengandung vitamin D ini juga baik untuk keseharian.Tak harus selalu dikonsumsi saat sakit atau terpapar virus tertentu saja.

Baca Juga: Sudah Keburu Beli Belum? Ternyata Vitamin D yang Disebut-sebut Bagus untuk Cegah Covid-19 Bisa Menimbulkan Masalah Kesehatan

Melansir dari healthline, inilah berbagai makanan yang mengandung vitamin D.

1. Ikan salmon

Salmon merupakan ikan yang sudah jelas teruji mengandung banyak vitamin D.Itu dikonfirmasi oleh United States Department of Agriculture (USDA) Food Composition Database.Rupanya, 100 gram ikan salmon mengandung 526 IU vitamin D, sama seperti tablet.Bahkan salmon liar memiliki kadar vitamin D yang lebih tinggi lo.100 gram daging salmon liar mengandung 988-1.300 IU vitamin D.Yang di mana itu sudah mencukupi untuk pemulihan bagi kita yang sedang sakit.2. Kuning telurUntuk Anda yang tak suka makan ikan, bisa dapat vitamin D dari telur.Siapa yang menyangka, kuning telur ayam mengandung 37 IU vitamin D di setiap satunya.

Baca Juga: Lagi-lagi Diburu Masyarakat, Ternyata Ini Manfaat Vitamin D Bagi Penderita Covid-19, Lebih Baik Diminum Saat Isolasi Mandiri

Vitamin D pada kuning telur tergantung pada apa yang dimakan oleh ayamnya.Telur dari ayam yang diberikan pakan bisa memiliki 6.000 IU vitamin D per kuning telur.Itu tujuh kali lipat dari DV yang biasa.Maka dari itu memilih telur baik dari ayam yang dibesarkan di luar atau dipasarkan dengan kandungan vitamin D yang tinggi sangat bagus.3. JamurJarang dikonsumsi, siapa sangka jamur kaya sekali akan vitamin D.Biasanya, jamur hanya dianggap sebagai 'penyedap' pada masakan di rumah.Jamur sendiri memiliki vitamin D2, berbeda dengan produk hewan yang mengandung vitamin D3.Jamur liar merupakan sumber vitamin D2 yang sangat baik rupanya.Bayangkan, 100 gram jamur sudah mengandung 2.300 IU vitamin D.

Baca Juga: Kabarnya Vitamin D Bisa Beri Hasil Lebih Baik Bagi Virus Corona, Berapa Dosis yang Konsumsi Dibutuhkan Tubuh?

Jika Anda sedang dalam keadaan sakit, maka konsumsi sup jamur bisa jadi membantu penyembuhan.4. Tuna kalengBanyak orang yang menyukai kalengan karena rasanya yang enak.Bahkan tuna kalengan ini juga mudah untuk menyimpannya kapan saja.Biasanya harga tuna kalengan juga disebut-sebut lebih murah dari ikan segar.Tuna kalengan mengemas hingga 268 IU vitamin D dalam 100 gramnya.Selain itu tuna kalengan juga merupakan sumber niasin dan vitamin K yang baik.Namun tuna kalengan juga mengandung merkuri atau racun yang ditemukan di jenis ikan.Jika menumpuk di tubuh maka itu akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Nah itu dia makanan yang mengandung vitamin D.

Baca Juga: Usai Kabar Gembira Pemilik Golongan Darah O Kebal Covid-19, Studi Terbaru Sebut Vitamin D Bisa Beri Hasil Lebih Baik Bagi Virus Corona

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Sumber : Healthline

Baca Lainnya