Teknik Proning, Posisi Tidur untuk Pasien Covid-19 dengan Saturasi Oksigen Rendah

Jumat, 16 Juli 2021 | 07:31
Kompas.com

Teknik Proning

GridHITS.id - Belakangan ini anda pasti sering mendengar istilah teknik proning.

Anda pasti bertanya-tanya apa sebenarnya proning?

Ya, proning merupakan posisi tidur tengkurap untuk pasien dalam gangguan pernapasan.

Teknik ini sedang banyak dikampanyekan di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Miris! Amukan Gelombang Covid-19 Makin Tinggi, Masyarakat Tak Mampu di Jakarta Hidup Dalam Ketidakberdayaan Sampai Meregang Nyawa di Rumah Sendiri

Adapun teknik ini diterapkan pada pasien yang kadar (saturasi) oksigennya di bawah 94 persen, bahkan pada pasien yang menggunakan ventilator.

Setelah diterapkan, teknik ini disebutkan mampu meningkatkan ventilasi dan memudahkan bernapas.Lantas, apakah semua orang diperbolehkan melakukan proning?

Mengutip akun resmi Twitter Pemprov DKI Jakarta, proning tidak dapat dilakukan pada orang dengan kondisi:Sedang hamil, pasien gangguan jantung, memiliki masalah trombosis vena dalam (diobati dalam waktu kurang dari 48 jam), memiliki masalah tulang belakang, serta tulang paha dan panggul.Cara melakukan proning bagi yang membutuhkan peningkatan saturasi oksigencukup mudah dilakukan.

Ini rinciannya:

1. Siapkan 3-5 bantal, lalu tidur tengkurap dengan satu bantal di bawah leher, satu atau dua bantal di antara dada sampai paha atas, dua bantal di bawah tulang kering.

2. Kemudian, ubah posisi tidur menghadap ke kanan atau ke kiri.

3. Tidur dengan posisi setengah duduk, bagian punggung sampai tengkuk diganjal bantal.

Sebagai catatan, pastikan Anda mengubah posisi berbaring tiap 30 menit dari posisi tengkurap ke berbaring sisi kanan-sisi kiri-lalu duduk sebelum kembali ke posisi pertama (tengkurap).

Baca Juga: Didiagnosa Positif Covid-19, Irwansyah Ngaku Rindu Ketemu Keluarga: 'Ngerasa Jauh Walaupun Satu Rumah'Meski teknik proning terbilang mudah dilakukan dan sederhana, namun ada beberapa poin yang perlu diperhatikan agar manfaat proning bisa efektif dan optimal.

Proning diperlukan jika pasien kesulitan bernapas dan kadar oksigen di bawah 94 persen.

Hindari tengkurap selama 1 jam setelah makan.

Diperbolehkan tengkurap hingga 16 jam sehari, dalam beberapa siklus, jika merasa nyaman.

Bantal bisa disesuaikan untuk mengubah area tekanan dan kenyamanan.

Pantau setiap luka tekan atau cedera terutama di sekitaran tonjolan tulang.

Bila tidak nyaman, segera hentikan.

Selama isolasi mandiri di rumah, penting untuk memantau oskigen, suhu tubuh, tekanan, dan gula darah.Bagaimana teknik proning membantu pasien Covid-19?

Dilansir dari news18 (27/4/2021), pasien yang terinfeksi Covid-19 memiliki saturasi oksigen yang rendah akibat kerusakan yang disebabkan oleh virus pada sel darah merah dalam tubuhnya.

Virus ini dapat berdampak buruk pada jantung, paru-paru dan otot karena banyak pasien melaporkan gejala sesak napas.

Baca Juga: Mengaku Rasakan Gejala Covid-19 yang Begitu Parah, Ustadz Abdul Somad Sudah Persiapkan Harta Warisan untuk Anak-anaknya: 'Tulang Saya Rasanya Mau Putus'

Hal ini menyebabkan peningkatan permintaan tabung oksigen, hingga pada beberapa wilayah mengalami kekurangan stok.

Namun,untuk mengatasi keterbatasan tabung oksigen dan menunggu bantuan medis, pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri dapat melakukan proning.

Proning meningkatkan ventilasi, menjaga unit alveolar tetap terbuka, dan memastikan bahwa pasien Covid-19 cenderung tidak memerlukan dukungan ventilator.

Perlu diketahui, untuk mengetahui berapa saturasi oksigen pada tubuh, bisa menggunakan alat ukur pulse oxymeter.Saturasi oksigen normal menunjukkan angka 95-100 persen.

Sementara, saturasi oksigen rendah menunjukkan angka di bawah 95 persen.

Baca Juga: Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Positif Covid-19, Begini Kondisinya Sekarang : 'Sering Blusukan ke Rumah Sakit dan Lokasi Isolasi'

Namun, pulse oxymeter memiliki toleransi kesalahan pengukuran sebesar 2 persen.

Artinya, hasil tes kadar oksigen dalam darah bisa 2 persen lebih tinggi atau lebih rendah dari tingkat sebelumnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Mengenal Apa Itu Proning dan Siapa Saja yang Tidak Boleh Melakukannya...

Editor : Averus Al Kautsar

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya