Banyak yang Belum Tahu, Ini Beda Anak Kurus Sehat dan Kurang Gizi Serta Penyebab Anak Bertubuh Kurus

Minggu, 24 Januari 2021 | 20:30
freepik

Beda anak kurus sehat dan kurang gizi - ilustrasi anak-anak sehat

GridHITS.id -Berikut ini penyebab dan beda anak kurus sehat dan kurang gizi.

Nutrisi anak adalah faktor utama dan penentu bagaimana anak dapat tumbuh dan berkembang nantinya.

Nutrisi yang harus diberikan kepada anak harus tepat secara kualitas dan kuantitasnya.

Baca Juga: Enggak Perlu Perawatan Mahal, Ternyata Pertumbuhan Uban Bisa Dicegah dengan Rutin Konsumsi Makanan Rumahan Ini

Muncul pertanyaan di tengah masyarakat apakah seorang anak yang kurus juga bisa tetap sehat, hal tersebut karena adanya stigma yang muncul jika anak memiliki tubuh kurus berarti anak tersebut kurang gizi.

Tubuh kurus pada anak tidak hanya didasari oleh kurangnya asupan nutrisi, namun bisa disebabkan oleh beragam penyebab.

Penyebab atau beda anak kurus sehat dan kurang gizi bisa disebabkan oleh aktivitas yang berlebih, memiliki gangguan pencernaan, atau memilki penyakit tertentu.

Selain itu, penyebab anak kurus juga bisa disebabkan oleh pemilihan makanan yang tidak tepat, lingkungan yang kurang higienis, dan stres yang dialami oleh anak.

Mengetahui beragam penyebab tubuh anak yang bisa kurus, sebenarnya orang tua tidak perlu khawatir berlebihan jika anaknya bertubuh kurus.

Jika nafsu makan anak tetap terjaga dan masih aktif dalam bermain atau beraktivitas, orang tua tak perlu khawatir.

Baca Juga: Enggak Perlu Perawatan Mahal, Ternyata Pertumbuhan Uban Bisa Dicegah dengan Rutin Konsumsi Makanan Rumahan Ini

Hal yang perlu dikhawatirkan adalah ketika anak kurus karena kekurangan gizi atau malnutrisi.

Malnutrisi adalah kondisi dimana tubuh anak kekurangan zat vitamin dan mineral.

Vitamin dan mineral begitu penting untuk menjaga imun tubuh, oleh karena itu jika anak kurus karena malnutrisi, anak akan lebih cenderung mudah sakit.

Jika dibiarkan terus menerus, hal tersebut dapat berpengaruh pada tumbuh dan kembang anak.

Cara terbaik untuk mengetahui beda anak kurus dan kurang gizi adalah dengan cara berkonsultasi ke dokter spesialis gizi anak.

Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan komposisi tubuh anak yang meliputi berat badan, lingkat lengan atas, tinggi badan, dan sebagainya.

Namun jika dilihat secara kasat mata, anak yang kurus karena kurang gizi biasanya terjadi penurunan berat badan yang cukup drastis dan terus menerus.

Lalu, anak kurus yang kekurangan gizi juga menunjukkan tanda-tanda nafsu makan berkurang, nampak lelah, mudah sakit, dan jika mengalami luka, butuh waktu lama untuk sembuh.

Baca Juga: Penderita Diabetes Bisa Bernafas Lega, Mulai Hari Ini Rutin Konsumsi Air Rebusan Daun Kersen Dijamin Ampuh Turunkan Gula Darah

Selain itu anak kurus yang kurang gizi biasanya menunjukkan gejala fisik seperti pucat, kuku kekuningan dan mudah patah, serta rambut dan kulitnya terlihat kusam.

Jika anak kurus yang sehat biasanya akan cenderung akan lebih berenergi saat beraktivitas dan tidak ada masalah dalam perkembangan perilaku dan intelektual, serta tidak memiliki masalah kesulitan belajar.

Untuk mengatasi anak yang kurang gizi tersebut, orang tua bisa meningkatkan asupan kalori makanan yang mengandung lemak sehat.

Pastikan makanan anak mengandung gizi seimbang dan lengkap serta asupan seperti probiotik dan omega-3 juga bermanfaat untuk menaikkan berat badan anak.

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Sumber : GridHits.ID

Baca Lainnya