Langsung Datangi Kediamannya, Petugas Imigrasi Bali Tidak Temukan Kristen Gray tapi Temukan Bukti Bertentangan ini

Selasa, 19 Januari 2021 | 14:04
Youtube/@lovesaundra

Kristen Gray dan pacarnya

GridHITS.idKristen Gray, Warga Negara Amerika Serikat yang viral di Twitter karena cuitannya yang mengajak para warga negara asing lainnya untuk tinggal di Bali pada masa pandemi seperti dirinya.

Diketahui bahwa wanita bule ini telah tinggal di Bali selama lebih dari satu tahun dan bekerja sebagai desainer grafis.

Melalui utasan yang dibuat di akun Twitternya, Kristen Gray (@kristentootie) menceritakan kisahnya sebelum tinggal di Bali hingga kehidupannya saat tinggal di Bali.

Baca Juga: Tidak Tahu Diri, Turis Ini Pamer Hidup Mewah di Bali dengan Visa Ilegal dengan Mengabaikan Protokol Covid-19 serta Tidak Membayar Pajak, Bahkan Ajak Turis Lainnya Ikuti Jejaknya

Ia bercerita sebelumnya di Bali hanya berniat tinggal selama 6 bulan, namun pandemi membuatnya tidak bisa kembali ke kampung halaman.

Kristen Gray bersama pacar perempuannya pindah ke Bali sejak tahun 2019 dikarenakan di tanah asalnya mengalami kebangkrutan dan sulit mendapatkan pekerjaan.

Semenjak pindah ke Bali, hidupnya berubah sangat drastis.

Dalam utasnya, ia juga memamerkan foto-foto kehidupan mewahnya di Bali.

Menurutnya, biaya hidup di Bali jauh lebih murah dibandingkan dengan Amerika Serikat.

Saya membayar 1.300 dolar Amerika (Rp 18.3 juta) untuk sebuah studio.

Baca Juga: Per 1 Januari 2020 WNA Dilarang Masuk Indonesia, Bagaimana dengan WNI yang Mau Kembali?

Sedangkan di sini saya bisa mendapatkan rumah dengan biaya 400 dolar (Rp 5,6 juta),” tulis Kristen Gray yang telah diterjemahkan akun Twitter @AgenGoblok, dilansir dari GridHits.id pada Selasa (19/1/21).

Kristen Gray bahkan menuliskan kisahnya tersebut ke dalam buku karyanya yang berjudul Our Bali Life is Yours dan menjualnya dengan harga 30 dollar AS (Rp 400.000,00).

Melalui utas Twitter dan bukunya, Kristen Gray bermaksud untuk mengajak para warga negara asing lainnya untuk pindah ke Bali seperti dirinya.

Ia juga menautkan alamat agen visa nya dalam utas tersebut.

Dalam bukunya, Kristen Grey menceritakan tentang bagaimana masuk ke Indoesia dengan mengabaikan hukum yang berlaku dan protokol Covid-19, menggunakan visanya illegal, dan tidak membayar pajak.

Hal ini dilansir dari twit akun @evelynvwoodsen pada (17/1/21), yang telah dirangkum dalam GridHits.id, ia menuliskan “So in the ebook, she was talking about how to avoid covid rules and protocols, overstaying her visa, and not paying taxes. Yeah Indonesia need to get them out of there.”

Artinya, “Dalam buku tersebut, dia berbicara tentang bagaimana menghindari protokol Covid-19, melebihi masa berlaku visanya (hidpu dengan tidak memperpanjang visanya), dan tidak membayar pajak. Ya, Indonesia harus mengeluarkan mereka dari sana.”

Tentu saja para warganet geram dan menghujani hujatan kepada akun Twitter Kristen Grey, dan melaporkan Kristen ke ditjen Imigrasi agar dapat dicek dan diproses secara hukum.

Melihat berita viral tersebut, Ditjen Imigrasi Bali langsung memberi tanggapan.

Baca Juga: Histeris Saat Tahu Pesawat Sriwjaya Air yang Ditumpangi Suaminya Jatuh Hingga Sudah gelar Tahlil, Wanita Ini Syok Saat tahu Sang Suami Ternyata Masih Hidup dan Liburan Bersama Selingkuhannya di Bali

Dilansir dari Kompas.com pada Selasa (19/1/21), Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi, Arvin Gumilang mengatakan bahwa Kristen Grey memiliki izin kunjungan yang sah.

“Terkait dengan pemberitaan yang sedang ramai, saat ini pihak imigrasi Bali telah melakukan penelusuran. Dapat kami sampaikan bahwa setelah melihat ke dalam sistem keimigrasian, yang bersangkutan hingga saat ini masih memiliki izin tinggal yang sah,” ungkap Arvin.

Dengan demikian, Arvin menyatakan bahwa kabar viral yang mengatakan bahwa visa Kristen Gray overstay tidak benar, karena dalam sistem keimigrasian tertera visa Kristen masih berlaku hingga 2021.

Namun, pihak Imigrasi Bali tetap akan melakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap Kristen Gray dan pacarnya.

Oleh karena itu, petugas Imigrasi Bali melakukan pencarian kepada Kristen Gray dan pacarnya dengan mendatangi alamat yang tertera dalam sistem.

Saat ini mereka sudah berhasil bertemu dengan Warga Negara Indonesia yang menjadi sponsor dari Kristen Gray dan pacarnya.

Melalui WNI tersebut didapatkan informasi tempat tinggal Kristen Gray dan pacarnya saat ini di Bali.

Sayangnya, saat ditemui di alamat tersebut, Kristen Gray maupun pacarnya tidak berada di rumah.

Petugas Imigrasi pun kembali mendatangi WNI sponsor Kristen Gray untuk menyampaikan panggilan petugas Imigrasi kepada Kristen Grey agar datang ke kantor Imigrasi Denpasar.

Hingga saat ini, petugas Imigrasi Bali masih menunggu konfirmasi lanjutan.

Baca Juga: Selain Ken Zhu (F4) yang Putuskan Menikah di Indonesia, 6 Artis China Ini Juga Pilih Gelar Pernikahan Mewah di Bali

Sebagian Artikel ini telah tayang di GridHITS.id dan Kompas.com dengan judul:

Tidak Tahu Diri, Turis Ini Pamer Hidup Mewah di Bali dengan Visa Ilegal dengan Mengabaikan Protokol Covid-19 serta Tidak Membayar Pajak, Bahkan Ajak Turis Lainnya Ikuti Jejaknya

Ramai Twit Viral Kristen Gray soal Bali, Ditjen Imigrasi: Dia Punya Izin Tinggal

Editor : Saeful Imam

Sumber : Kompas.com, Grid Hits

Baca Lainnya