Ahli Peringatkan Bahaya Infeksi, Viral Seorang Ibu yang Berikan Anaknya Susu Formula Dicampur Telur Mentah Agar Cerdas

Jumat, 25 Desember 2020 | 13:59
tangkapan layar @mak_inpoh

viral seorang ibu berikan susu formula yang dicampur dengan telur mentah

GridHITS.id - Orangtua tentu ingin terus memberikan yang terbaik untuk anaknya.

Termasuk berbagai nutrisi yang akan diberikan pada si buah hati agar tetap sehat dan meningkatkan kecerdasannya.

Baca Juga: Terekam CCTV, Supir Truk Tabung Gas Sempat Gemetar Saat Dipalak Preman Bersenjata Api, Hingga Tersenyum Lega Saat Rekannya Melempar Tabung Gas 12 Kg ke Kepala Pemalak

Baca Juga: Disayangkan Ahli Gizi, Video Masak Ayam Goreng Menggunakan Vitamin Viral di Media Sosial

Namun terkadang cara yang dilakukan orang tua untuk memberikan nutrisi yang terbaik untuk anaknya justru berisiko membahayakan si buah hati.

Seperti sebuah postingan viral yang ramai baru-baru ini di media sosial.

Sebuah video seorang balita yang diberi minuman campuran susu formula dan kuning telur mentah.

Hal tersebut terlihat dari unggahan sebuah akun Instagram @mak_inpoh pada Rabu (23/12).

Dalam unggahan tersebut terlihat bahwa seorang balita diberi minuman racikan berwarna kuning tidak seperti susu pada umumnya.

Wanita dalam video tersebut menjelaskan bahwa isi dalam gelas dot tersebut merupakan campuran telur mentah, air, dan susu formula.

"Rahasia anak jadi genius, cerdas, pintar, dan kuat. Kuning telur (Bisa telur ayam kampung, omega, puyuh) mentah. Masukkan ke dotnya, kasih air panas," tulis keterangan dalam video unggahan tersebut.

tangkapan layar @mak_inpoh
tangkapan layar @mak_inpoh

viral seorang ibu berikan susu formula yang dicampur dengan telur mentah

Baca Juga: Bikin Terharu, Sebuah Unggahan di Tiktok Viral setelah Memperlihatkan Seorang Pria yang Membuatkan Jari Palsu untuk Kawannya yang Kehilangan Jari

Baca Juga: Bikin Ngakak Warganet dengan Foto KTP yang Beda daripada yang Lain, Cewek Asal Tasikmalaya yang Viral Ini Mengaku Sempat Malu

"Aduk-aduk tambahkan susu formulanya. Aduk-aduk lagi, terus tambahkan air dingin," lanjutnya.

Suara dalam unggahan tersebut mengklaim kalau racikan minumannya tersebut dapat membuat bayi lebih sehar, pintar, dan cepat menumbuhkan gigi.

Unggahan tersebut membuat warganet heboh karena telur pada umumnya tidak baik dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Terlebih telur mentah tersebut diberikan kepada anak yang masih sangat kecil.

Karena ramainya unggahan tersebut dan menimbulkan beragam pertanyaan, Dokter Spesialis Anak, Konsultan Infeksi dan Penyakit Tropis, dr Ayodhia Pitaloka Pasaribu, MKed (Ped), SpA(K), Ph.D (CTM), memberikan tanggapan soal video tersebut.

Ayodhia menjelaskan bahwa telur memang sangat baik dikonsumsi oleh anak, namun tidak dalam keadaan yang yang masih mentah.

"Telur baik untuk anak karena mengandung protein, lemak, dan berbagai vitamin yang baik bagi pertumbuhan," ujarnya dilansir dari Tribunnews.com, Kamis (24/12).

Baca Juga: Beredar Video Viral Seekor Dinosaurus Mengamuk hingga Harus Dijinakkan Oleh Petugas, Berikut Fakta Sesungguhnya

Baca Juga: Semakin Berani, Penjambret Ponsel di Jakarta yang Tertangkap Kamera Viral di Media Sosial, Berusaha Dikejar Namun Berhasil Lolos

"Namun mengonsumsinya secara mentah tentu tidak bijaksana. Karena telur mentah mengandung bakteri Salmonella Enteriditis," lanjutnya.

Bakteri tersebut dapat menyebabkan diare dan dehidrasi, tidak hanya pada balita namun juga orang dewasa.

Telur mentah yang diberikan pada balita dapat membuat anak dehidrasi dan lebih fatalnya dapat menyebabkan infeksi yang membuat diare berdarah, sakit perut, dan demam tinggi.

Editor : Saeful Imam

Sumber : Instagram, tribunnews, TikTok

Baca Lainnya