Disayangkan Ahli Gizi, Video Masak Ayam Goreng Menggunakan Vitamin Viral di Media Sosial

Selasa, 22 Desember 2020 | 16:00
Sajian Sedap

Ayam Goreng Tepun

GridHITS.id -Bukan rahasia lagi jika ayam goreng tepung merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia, bahkan dunia.

Rasanya yang enak dan ketersediaannya yang banyak, membuat makanan ini disukai oleh banyak orang terutama di saat makan siang.

Jadi rahasia umum, jika sebenarnya makanan ini kurang sehat jika dikonsumsi secara berlebihan setiap hari.

Baca Juga: Bikin Terharu, Sebuah Unggahan di Tiktok Viral setelah Memperlihatkan Seorang Pria yang Membuatkan Jari Palsu untuk Kawannya yang Kehilangan Jari

Baca Juga: Bikin Ngakak Warganet dengan Foto KTP yang Beda daripada yang Lain, Cewek Asal Tasikmalaya yang Viral Ini Mengaku Sempat Malu

Berbagai cara dilakukan oleh masyarakat agar dapat mengonsumsi ayam goreng dengan sehat misalnya seperti mengombinasikannya dengan sayuran.

Namun bagaimana jika ada orang yang membuat ayam goreng dengan dengan mecampurkan adonan tepungnya dengan vitamin?

Gimana rasanya ya?

Hal ini terungkap dalam sebuah unggahan di sosial media Twitter oleh akun @handokotjung pada kamis lalu (17/12).

Unggahan yang viral tersebut memperlihatkan sebuah post Tiktok yang diunggah oleh akun @mirawaty17 yang menunjukkan bagaimana cara membuat ayam goreng tepung sehat dengan menambahkan vitamin.

Dari video tersebut terlihat bahwa ayam goreng vitamin yang dibuat, cara masaknya hampir serupa dengan cara membuat ayam goreng pada umumnya.

Yang membedakannya adalah, di adonan kering tepung tersebut diberikan beberapa kapsul vitamin yang tidak disebutkan jelas apa jenis vitamin yang digunakan.

Baca Juga: Semakin Berani, Penjambret Ponsel di Jakarta yang Tertangkap Kamera Viral di Media Sosial, Berusaha Dikejar Namun Berhasil Lolos

Baca Juga: Beredar Video Viral Seekor Dinosaurus Mengamuk hingga Harus Dijinakkan Oleh Petugas, Berikut Fakta Sesungguhnya

Dalam unggahannya tersebut Handoko menuliskan kicauan ungkapan kagum dan kebingungannya pada postingan tersebut.

"Keren juga ini ibu-ibu Tiktok bikin terobosan baru goreng ayam pake vitamin. Tapi emang bisa ya maen campur gitu?" tulisnya di twit yang sudah mendapat ratusan retweet tersebut.

Unggahan tersebut akhirnya banyak mengundang tanda tanya warganet apakah hal tersebut berpengaruh pada nilai gizi pada ayam goreng tepung tersebut.

"Ni buibu kenapa so ngide amat bikin resep. Ya atuh ga bakal ngaruh juga vitaminnya" tulis akun @nadyammm.

"Ga bener ini," tulis aku @q2hlm.

Berdasarkan temuan tersebut, Ketua Prodi Magister Farmasi Klinik Fakultas Farmasi UGM, Prof Zullies Ikawati mencoba memberi tanggapan.

Zullies menjelaskan bahwa menambahkan vitamin ke dalam sebuah adonan tepung dan menggorengnya merupakan hal yang sia-sia.

"Menurut saya sih mugkin tidak berbahaya asal dosisnya tidak over. Tapi mubazir," kata Zullies yang dilansir dari Kompas.com (18/12).

Baca Juga: Ingat Bu Tejo? Begini Nasib Fauziah Pemeran Bu Tejo Setelah Namanya Viral hingga Diundang di Berbagai Acara TV

Baca Juga: Nggak Kepikiran Sama Sekali, Dengan Cara Unik yang Viral Ini Bisa Petik Mangga Nggak Pakai Repot

Hal tersebut merupakan hal yang mubazir, karena vitamin kemungkinan akan rusak ketika masuk kedalam minyak panas yang memiliki titik didih yang lebih tinggi daripada air.

Menurutnya, menambahkan vitamin dalam makanan merupakan hal yang boleh-boleh saja dan yang terpenting adalah penambahan vitamin harus sesuai dengan kebutuhan dan tempatnya.

Daripada vitamin dimasukkan ke dalam tepung, lebih baik vitamin di konsumsi dengan cara biasa saja.

Editor : Saeful Imam

Sumber : Kompas.com, Twitter, TikTok

Baca Lainnya