Katanya Gratis Untuk Semua Kalangan, Tapi Beberapa Kelompok Ini Justru Tak Boleh Disuntik Vaksin Corona

Kamis, 24 Desember 2020 | 14:25
Sonora.ID

Disebut Gratis Untuk Semua Kalangan, Beberapa Kelompok Ini Justru Tak Boleh Disuntik Vaksin Corona

Katanya Gratis Untuk Semua Kalangan, Tapi Beberapa Kelompok Ini Justru Tak Boleh Disuntik Vaksin Corona

GridHITS.id - Beberapa kelompok ini justru tidak boleh disuntik vaksin corona yang dikabarkan gratis untuk semua kalangan.

Ya, beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo telah memutuskanuntuk memberikan vaksin Covid-19 gratis kepada seluruh masyarakat.

Hal tersebut dilakukan Jokowi atas banyak masukan dari masyarakat dan mengalkulasi keuangannegara.

Baca Juga:Kasus Corona Pecah Rekor Baru hingga Capai 8 Ribu, Jokowi Khawatirkan Pandemi Gelombang Kedua: Kita Tidak Boleh Lengah

Baca Juga:Penantian Masyarakat Terkait Cuti Bersama Harus Pupus Karena Jokowi Minta Pengurangan Cuti, Sri Mulyani Beri Penjelasan

Jokowi putuskanmengumumkan vaksin gratis kepada seluruh masyarakat di Indonesia pada Rabu, (16/12/2020) lalu.

Lebih lanjut, Jokowi juga turut menginstruksikan Menteri Keuangan untuk memprioritaskan anggaran vaksin gratis.

Jokowi pun menambahkan jika keputusan vaksin gratis nantinya akan membuat tidak ada lagi alasan masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin.

Melansir dari Kompas, juru bicara presiden juga turut menyampaikan pesan Jokowi tersebut terkait vaksin corona gratis.

"Setelah melakukan kalkulasi ulang, perhitungan, vaksin covid-19 gratis, sekali lagi gratis," ungkap juru bicara Jokowi.

Ia pun menyebut jika nantinya vaksin gratis Covid-19 akan diberikan kepada seluruh masyarakat tanpa terkecuali.

"Semua akan gratis tanpa terkecuali, seluruhnya tanpa terkecuali," tambahnya.

Sebagai informasi, anak-anak hingga saat ini belum diperbolehkan untuk menerima vaksin Covid-19.

Baca Juga:Kabar Gembira Terkait Cuti Bersama Akhir Tahun Pupus, Jokowi Minta Pengurangan Cuti Pengganti Libur Lebaran Idul Fitri

Baca Juga:Mengenal 12 Mitos Mata Kanan Kedutan yang Masih Banyak Dipercaya, Mulai Dapat Jodoh Hingga Akan Alami Kesedihan

Dirangkum GridHITS dari Kompas.com, vaksin Covid-19 tidak akan menyebabkan perubahan genetik dan uji coba terhadap 23 wanita hamil juga tidak menyebabkan efek samping serius.

Lebih lanjut, vaksin Covid-19 juga disebuttidak berbahaya bagi bayi maupun ibu yang tengah menyusui.

Akan tetapi, para peneliti tidak merekomendasikan pemberian vaksin pada wanita hamil dan menyusui karena masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait kelompok tersebut.

Lantas, siapa saja yang tidak diperbolehkan untuk diuntik vaksin corona yang kini sudah digratiskan Pemerintah?

Berdasarkan hasil uji coba penelitian, orang dengan riwayat alergi parahbelum direkomendasikan untuk kelompok orang tersebut.

Hal tersebut karena nantinya akan mengalami efek samping buruk setelah beberapa menit mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

Selain itu, kelompok orang seperti penderita kanker yang menjalani kemoterapi, para penerima trasnplantasi organ, maupun pengidap HIV/AIDS juga memiliki pertimbangan.

Hal itu karenakelompok tersebut tengah menjalani pengobatan dan sistem imunnya terganggu dan belum ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa vaksin aman untuk kelompok di atas.

Meskipun vaksin ini diperuntukkan bagi pasien Covid-19, orang yang tengah terinfeksi virus corona disebutkan belum bisa menerima vaksinasi.

Untuk menghindari efek samping dari vaksin yang tidak diinginkan, perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui riwayat penyakit yang berpotensi memunculkan reaksi buruk setelah vaksinasi.

Baca Juga: Tidak Cuma di Inggris, Peneliti Ungkap Mutasi Virus Corona Juga Sudah Terjadi di Indonesia

Baca Juga: Jokowi Putuskan Vaksin Gratis Untuk Seluruh Masyarakat Tanpa Terkecuali, Kaesang Pangarep Beri Respons Begini

Editor : Nita Febriani

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya