Bikin Mau Muntah! Pabrik Ayam Ini Sengaja Menerapkan Metode Pengupasan Ceker dengan Mulut Para Karyawannya

Jumat, 06 November 2020 | 18:37
Freepik

Bisa sangat dipahami jika tak sedikit orang yang ogah mengonsumsi ceker ayam, karena bentuknya yang kurang elok dilihat. Namun nyatanya, jika dikonsumsi, ceker ayam punya manfaat untuk tubuh loh.

Bikin Mau Muntah! Pabrik Ayam Ini Sengaja Menerapkan Metode Pengupasan Ceker dengan Mulut Para Karyawannya

GridHITS.id - Ceker ayam adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia.

Ceker ayam biasa dioleh menjadi berbagai macam olahanan makanan lezat.

Mulai dari rica-rica, seblak, ceker krispi dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Padahal Sedang Musim, Makan Mangga Justru 'Haram' Bagi Orang-orang Ini Karena Bisa Timbulkan Bahaya Jika Nekat Mengonsumsinya

Baca Juga: Tengah Jadi Trend di Kalangan Anak Muda, Meminum Kopi Saat Menjelang Senja Ternyata Membawa Dampak Bahaya Bagi Kesehatan

Beberapa waktu lalu, para pekerja pabrik ini tertangkap kamera menggunakan mulut mereka untuk melepaskan tulang-tulang dari ceker ayam.Rekaman ini diambil oleh petugas kebersihan pabrik tersebut.

Ceker ayam ini nantinya akan dijual dan diedarkan kepada publik.Ternyata alasan dibaliknya diluar dugaan.Viral Video Kupas Tulang di Ceker Ayam Menggunakan Mulut

Video tersebut diambil di pabrik Nongklak Payakprom, Nong Khai, Thailand pada 23 Januari 2020.Melansir Daily Mail, delapan pekerja pabrik dalam video tersebut terlihat duduk di depan keranjang plastik penuh ceker ayam.Di sekitar mereka, nampak beberapa mandor yang mengawasi, memperhatikan para karyawan yang menyobek ceker dengan gigi mereka, untuk setelahnya dipisahkan ke dalam ember yang berbeda.

Baca Juga: Tak Selalu Menyehatkan, Ternyata Tahu Juga Menyimpan Bahaya Serius Ini Bagi Tubuh Jika Dikonsumsi Berlebihan

Baca Juga: Sering Diabaikan, Siapa Sangka Jika Kesemutan Bisa Menjadi Tanda Tubuhnmu Digerogoti Penyakit Menyeramkan, Simak Penjelasannya Berikut IniKaryawan pabrik tersebut nampak mencengkeram tulang sebelum merenggutnya dan meludahkannya ke tanah.

Video tersebut juga menunjukkan salah seorang pekerja menggunakan tang untuk memisahkan tulang dari ceker, yang tampaknya memakan waktu lebih lama ketimbang memisahkannya dengan mulut.Hal ini membuat ceker ayam tampak terdistorsi.Petugas kebersihan yang merekam video tersebut merasa marah setelah mengetahui bahwa staf telah dilarang menggunakan mesin oleh bosnya.

Terlebih dengan dalih bahwa menggunakan mulut membuat pekerjaan menjadi 'lima kali lebih cepat' daripada mesin.Mereka akhirnya menginstruksikan pemilik pabrik yang berusia 31 tahun untuk mengubah metodenya.

Baca Juga: Dianggap Bahaya, Ternyata Mandi Tengah Malam Bisa Buat Kulit Mengalami Manfaat Baik Ini

Baca Juga: Catat, 5 Makanan yang Berbahaya Jika Dicampur Ini Tanpa Sadar Sering Dikonsumsi

Gubernur provinsi Ronnachai Jitwiset juga memeriksa pabrik-pabrik lain di wilayah tersebut.Beberapa orang mengkhawatirkan jika pabrik lain ternyata menggunakan metode serupa untuk memisahkan kulit dan tulang dari cekernya.

Sementara ceker ayam dianggap sebagai salah satu hidangan paling populr di Thailand, namun pengolahan makanannya tidak hiegenis.

Jitwiset berkata: "Kami melihat-lihat pabrik dan terlihat bersih dan teratur tetapi kami harus memerintahkan mereka untuk berhenti menggunakan mulut untuk memproses makanan." jelasnya, dilansir dari Daily Mail, Sabtu (1/2/2020).Penggunaan metode seperti ini, dikhawatirkan akan menularkan penyakit yang mungkin tak bisa dihindari, mengingat mulut mengandung ribuan bakteri yang dapat membahayakan.

"Ada banyak kuman yang bisa masuk ke mulut atau menyebar dari mulut ke kaki ayam sehingga kita tidak bisa mengambil risiko pekerja dan pelanggan jatuh sakit." lanjutnya.Tanggapan Pihak BerwajibBeberapa hari setelah video pekerja menggigit tulang kaki ayam di pabrik menjadi viral, pejabat kesehatan setempat mulai mengambil mengambil tindakan.

Baca Juga: Jangan Anggap Sepele Warna Bibir! 5 Warna Ini Justru Sebagai Tanda Bahaya, Apalagi yang Terakhir

Baca Juga: Jangan Langsung Masak, Coba Diamkan Tahu Semalaman di Dapur, Jika Ini yang Terjadi Anda Wajib Membuangnya, Bahayanya Bukan Main!

Melansir Khaosodenglish.com, pada hari Rabu, mereka memerintahkan pihak pabrik untuk menggunakan tang sebagai alat pemisah tulang.

Meskipun ada risiko fatal dari bagian unggas mentah yang menggigit, polisi mengatakan tidak ada yang mengajukan keluhan, dan karena itu tidak ada tindakan hukum yang akan diambil sampai sekarang."Sepertinya mereka belum melakukan kejahatan apa pun. Bahkan para pejabat provinsi tidak mengajukan apa pun,”"Namun, jika pabrik tidak mematuhi perintah untuk berhenti menggunakan mulut, maka mereka akan salah."kata Kolonel Techarat Pathumchart dari kepolisian Ban Duea.

Artikel ini telah tayang di SajianSedap.com dengan judul Jijik Banget! Pekerja Pabrik Ini Kepergok Gunakan Mulut Mereka untuk Pisahkan Tulang Ayam dari Cekernya, Alasan Dibaliknya Bikin Kaget

Editor : Safira Dita

Sumber : sajiansedap.com

Baca Lainnya