Dianggap Sehat dan Sering Dijadikan Menu Sarapan Sehari-hari, 5 Makanan yang Punya Dampak Bagi Sistem Imun Ini Sebaiknya Dihindari

Senin, 05 Oktober 2020 | 11:40
freepik

Sering Dijadikan Menu Sarapan Sehari-hari, 5 Makanan yang Punya Dampak Bagi Sistem Imun Ini Sebaiknya Dihindari

Dianggap Sehat dan Sering Dijadikan Menu Sarapan Sehari-hari, 5 Makanan yang Punya Dampak Bagi Sistem Imun Ini Sebaiknya Dihindari

GridHITS.id - Siapa sangka jika 5 makanan yang sering dianggap sehat ini justru punya dampak bagi sistem imun tubuh.

Ya, makanan yang dianggap sehat dan bahkan sering dijadikan menu sarapan sehari-hari sebaiknya segera dihindari.

Terlebih, di masa pandemi Covid-19 ini masyarakat sebaiknya beralih ke makanan sehat yang bisa memperkuat imun tubuh, bukan melemahkannya.

Baca Juga:Mulai Besok Letakkan Daun Pandan di Sudut Kering Dekat Kamar Mandi, Jangan Kaget Lihat Hal Ajaib yang Akan Terjadi

Baca Juga:Ampuh Gantikan Obat, Mulai Hari Ini Rutin Minum Ramuan dari 5 Bahan Alami Ini di Pagi dan Sore Hari, Terbukti Efektif Atasi Demam

Melansir dari Eat This dan Kompas.com,berikut 5 makanan yang sebaiknya dihindari karena punya dampak bagi sistem imun tubuh:

1. Roti tawar

Freepik.com
Freepik.com

5 Makanan yang Punya Dampak Bagi Sistem Imun Ini Sebaiknya Dihindari

Roti tawar mungkin sering dijumpai sebagai menu sarapan sehari-hari dan dianggap sehat oleh sebagian masyarakat.

Namun, siapa sangka jika roti tawar adalah penyebab utama untuk menekan sistem kekebalan, menurut Dr Josh Axe, DNM, CNS, DC, pendiri Ancient Nutrition dan DrAxe.com.

"Roti tawar, biskuit, kue, roti gulung, dan lain-lain. Yang dibuat dengan tepung terigu cenderung tinggi kalori dan rendah nutrisi. Sehingga dapat berkontribusi pada penambahan berat badan dan risiko yang terkait dengan obesitas/resistensi insulin," kata Axe.

Axe mengatakan produk yang dibuat dari biji-bijian olahan seperti roti tawar juga cenderung mengandung aditif yang dapat menganggu sistem kekebalan tubuh.

Bagi orang yang tidak dapat mentolerir gluten, itu bisa menjadi tekanan bagi seluruh sistem kekebalan.

Baca Juga:Besok Pagi Coba Gantikan Kopi dengan Campuran Air Jahe dan Lemon Setiap Hari, Jangan Kaget Lihat Perubahan yang Terjadi

Baca Juga:Mulai Besok Letakkan Daun Pandan di Sudut Kering Dekat Kamar Mandi, Jangan Kaget Lihat Hal Ajaib yang Akan Terjadi

Selain itu, roti tawar juga dapat menyebabkan peradangan dan mengurangi kemampuan tubuh untuk melindungi atau menyembuhkan dirinya sendiri menurut Pelatih Bersertifikat XPS, FMT, dan NASM, CJ Hammond.

"Ketika sistem kekebalan hanya sedikit menyebar untuk mengatur dan mencegah peradangan atau melawan penyakit, itu tidak akan memungkinkan tubuh untuk menggunakan sistem kekebalan secara maksimal," kata Hammond.

2. Jus buah

freepik.com
freepik.com

5 Makanan yang Punya Dampak Bagi Sistem Imun Ini Sebaiknya Dihindari

Menurut Axe jus buah adalah penyebab lain dari tambahan gula yang bisa sangat bermasalah.

"Minuman seperti soda, jus, teh manis, atau minuman berenergi telah dikaitkan dengan dampak negatif pada kesehatan kardiometabolik, risiko diabetes, berat badan, dan obesitas menurut penelitian terbaru, bahkan risiko kanker," katanya.

3. Pisang

freepik

5 Makanan yang Punya Dampak Bagi Sistem Imun Ini Sebaiknya Dihindari

Bukan pisang matang, namun mentah justru dianggap sebagai makanan yang sering dikonsumsi saat sarapan.

Disebutkan jika gula alami dalam buah-buahan dapat berdampak negatif pada sistem kekebalan dan kesehatan usus apalagi pada buah-buahan yang masih mentah.

Baca Juga: Biasanya Langsung Dibuang, Siapa Sangka Manfaat Konsumsi Air Rebusan Kulit Pisang Bisa Bikin Kulit Jadi Awet Muda

Baca Juga: Mulai Pagi Ini Coba Rutin Konsumsi Pisang Berdampingan dengan Makanan Ini, Manfaat Luar Biasa pada Tubuh Akan Dirasa Setelahnya

Ahli Kesehatan & CEO di Eu Natural Vinay Amin menjelaskan pisang serta buah dan sayuran mentah lainnya, dapat mengandung protein dalam jumlah tinggi yang disebut lektin.

"Studi menunjukkan bahwa lektin dapat mengganggu penyerapan nutrisi dan menghambat produksi flora usus," kata Amin.

Lalu, lanjutnya, ini melemahkan penghalang usus Anda, dinding usus yang melindungi tubuh dari racun dan bakteri berbahaya.

4. Tahu

freepik
Natshabreen

Makanan yang Punya Dampak Bagi Sistem Imun Ini Sebaiknya Dihindari

Meskipun banyak yang menganggap tahu sebagai makanan yang sehat, ini bisa menjadi masalah karena sejumlah alasan, termasuk konsentrasi asam lemak omega-6 yang tinggi.

Lemak ini telah dikaitkan dengan peningkatan respons peradangan dalam tubuh, terutama bila tidak seimbang dengan asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan dan beberapa kacang-kacangan serta biji-bijian.

"Anda sama sekali tidak perlu menghilangkan tahu, tetapi Anda harus berpikir dua kali sebelum menjadikannya makanan pokok setiap kali makan," kata Amin.

Baca Juga: Di Indonesia Dianggap Tak Berharga, Batang Pohon Pisang Justru Dihargai Fantastis di Amerika Karena Dipercaya Miliki 10 Manfaat Luar Biasa

Baca Juga:Mulai Pagi Ini Coba Rutin Konsumsi Pisang Berdampingan dengan Makanan Ini, Manfaat Luar Biasa pada Tubuh Akan Dirasa Setelahnya

Axe menambahkan kedelai juga merupakan alergen yang umum. Meskipun mungkin tidak menjadi masalah bagi semua orang, hal itu dapat membebani orang yang rentan terhadap masalah usus dan autoimun.

"Ketika seseorang makan alergen, sistem kekebalannya mungkin bereaksi berlebihan dengan memproduksi antibodi yang dimaksudkan untuk 'menyerang' alergen tersebut," katanya.

Namun antibodi ini dapat merusak organ orang itu sendiri, menyebabkan berbagai gejala dan sebaiknya dihindari

5. Sarapan Sereal

Freepik.com

5 Makanan yang Punya Dampak Bagi Sistem Imun Ini Sebaiknya Dihindari

Sebagian besar sereal sarapan tinggi gula dan rendah serat, kombinasi bermasalah untuk sistem kekebalan tubuh, menurut Axelrod.

"Serat larut meningkatkan produksi protein interleukin-4, yang merangsang sel-T tubuh yang melawan infeksi," katanya.

Ia mengungkapkan, serat juga menyediakan makanan utama bagi bakteri menguntungkan di usus Anda untuk berkembang.

Nah, sudah tahu kan 5 makanan yang dianggap sehat dan sering dijadikan alternatif sarapan ini justru punya dampak bagi sistem imun.

Oleh karenanya, sebaiknya hindari 5 makanan di atas dan tetap menjaga asupan makanan sehat di masa pandemi ini.

Baca Juga:Mulai Pagi Ini Rutin Bangun Tidur Langsung Minum Air Putih Hangat Campur Garam, 3 Manfaat Ajaib Ini Akan Didapat

Baca Juga:Mulai Besok Letakkan Daun Pandan di Sudut Kering Dekat Kamar Mandi, Jangan Kaget Lihat Hal Ajaib yang Akan Terjadi

Editor : Safira Dita

Sumber : Kompas.com, eat this

Baca Lainnya