Segera Catat, Cara Rahasia Langsung Berhasil Klaim Token Listrik Gratis PLN Oktober 2020 hingga Kabar Terbaru Subsidi Listrik 2021

Jumat, 02 Oktober 2020 | 11:31
iStockphoto

Cara Rahasia Langsung Berhasil Klaim Token Listrik Oktober 2020 hingga Kabar Terbaru Subsidi Listrik 2021

Segera Catat, Cara Rahasia Langsung Berhasil Klaim Token Listrik Gratis PLN Oktober 2020 hingga Kabar Terbaru Subsidi Listrik 2021

GridHITS.id - Di sini untuk ketahui cara rahasia langsung berhasil klaim token listrik Oktober 2020 hingga kabar terbaru subsidi listrik 2021.

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memangsudah menyiapkan sejumlah mekanisme pemberian listrik gratis dan diskon 50 persen.

Stimulus ini diberikan baik untuk pengguna listrik 450 VA dan 900 VA pascabayar maupun prabayar mulai April hingga Desember 2020.

Bagi pelanggan listrik berdaya 450 VA akan dibebaskan dari tagihan atau mendapat token listrik gratis selama tiga bulan.

Sementara pengguna listrik 900 VA, tagihan listriknya akan didiskon 50 persen atau mendapat token listrik diskon 50 gratis.

Baca Juga:Klaim Token Listrik Gratis PLN Bulan September - Oktober 2020, Bisa Dapat Diskon 100 Persen Lewat stimulus.pln.co.id dan Login www.pln.co.id

Baca Juga:Bongkar Rahasia Agar Langsung Berhasil Klaim Token Listrik Gratis PLN Oktober 2020, Klik www.pln.co.id atau WhatsApp 08122123123

Freepik/welcomia

Cara Rahasia Langsung Berhasil Klaim Token Listrik Oktober 2020 hingga Kabar Terbaru Subsidi Listrik 2021

Sebelumnya, stimulus tagihan listrik bagi pelanggan rumah tangga 450 VA dan 900 VA subsidi hanya diberlakukan dari April hingga September.

Sementara, stimulus untuk pelanggan bisnis dan industri 450 VA, awalnya ditetapkan Mei sampai Oktober.

Lalu, bagaimana cara langsung berhasil klaim token listrik dan mengetahui kabar terbaru subsidi listrik 2021?

Kabar gembira jika sejakKamis (1/10/2020), subsidi dan token listrik gratis bulan Oktober 2020 sudah bisa kembali diklaim.

Baca Juga:Berita Terbaru Klaim Token Listrik PLN Gratis Terkait Pelanggan 1300 VA, Klik di sini Untuk Cara Mudah Mendapatkannya

Baca Juga:Pelanggan Non Subsidi Pun Dapat Diskon Listrik! Berikut Cara Klaim Token Subsidi Listrik PLN Buat Pelanggan 900 VA serta 1300 VA

Berikut cara klaim token listrik gratis Situs PLN:

1. Buka situs web resmi PLN di www. pln.co.id.Klik Stimulus Covid-19 (Token gratis/diskon).

2. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter pada kolom pencarian.

3. Masukkan kode Captcha kemudian klik Cari.

4. Token listrik gratis atau diskon 50 persen akan muncul pada kolom keterangan.

5. Token listrik gratis atau diskon 50 persen berhasil didapatkan, pelanggan dapat memasukkan angka tersebut ke kWh meter.

Berikut tata cara mengeklaim subsidi listrik dari PLN menggunakan aplikasi WhatsApp.

1. Buka aplikasi WhatsApp.

2. Ketik nomor ID pelanggan dan kirimkan ke 08122-123-123.

3. Setelah itu muncul balasan otomatis dari PLN agar mengikuti petunjuk dengan mengetik angka 1. Halo Electrizen Ketik 1 untuk Info Listrik Gratis/Diskon Stimulus Covid19 Ketik 2 untuk Baca Meter Mandiri pemakaian listrik (pascabayar) Hotline PLN (kode area) 123

4. Setelah menjawab dengan angka 1, PLN kemudian membalas agar memasukkan nomor ID pelanggan.

Halo Electrizen, pemerintah memberikan listrik gratis untuk pelanggan rumah tangga 450 VA & Diskon 50% pelanggan rumah tangga 900 VA Subsidi (sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) dan pelanggan Bisnis dan Industri 450 VA.

Silakan masukkan ID pelanggan/nomor meter Anda ya?

Baca Juga:Hari Ini Sudah Bisa Dicoba! 3 Hal Penting Ini Harus Dipatuhi Jika Ingin Dapat Listrik Gratis PLN

Baca Juga:Jutaan Masyarakat Sudah Berhasil! 5 Langkah Mudah Ini Bisa Dicoba Jika Ingin Dapatkan Token Listrik PLN Gratis

5. Tak butuh waktu lama, token listrik dari PLN langsung muncul.

6. Pelanggan sudah dapat menikmati token listrik gratis dari PLN. Sementara itu, bagi pelanggan pasca-bayar, bantuan ini akan langsung masuk dalam tagihan masing-masing pelanggan.

Sedangkan untuk pelanggan pra-bayar atau yang menggunakan sistem token, besaran bantuan diperhitungkan berdasarkan rata-rata jumlah pemakaian pelanggan tertinggi antara Januari hingga Maret 2020.

Nah, masih adacara rahasia yang dapat Anda lakukan agar langsung berhasil mendapatkan token gratis dari PLN.

Pertama, hindari jam-jam sibuk misalnya Andadapat mengirim pesan ke WhatsApp PLN pada jam dini hari atau subuh.

Kedua, cek kode rekening listrik di rumah karena hanya pelanggan listrik berkapasitas 450 VA dan 900 VA bersubsidi-lah yang mendapat keringanan tersebut.

Artinya, pelanggan listrik 900 VA yang tidak bersubsidi jelas tidak akan mendapat token gratis atau diskon 50 persen.

Jika Anda tetap nekat mengirim pesan ke WhatsApp PLN, maka jangan salahkan bila tidak ada respons dari PLN setelah mengirim nomor ID pelanggan.

Cara mengecek apakah Anda termasuk dalam bagian pengguna listrik 450 VA dan 900 VA bersubsidi juga sangat mudah.

Bagi pelanggan listrik 900 VA yang memiliki kode 'M' pada nomor struk tagihan artinya bukan golongan subsidi karenakode R1M artinya mampu.

Lantas, akankah program subsidi listrik gratis tersebut berlanjut hingga 2021?

Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN Agung Murdifi belum dapat memastikan perpanjangan subsidi listrik bagi sejumlah pelanggan atau golongan yang mendapat stimulus listrik dari pemerintah pada 2021 nanti.

Pasalnya, perpanjangan subsidi tersebut bagian dari keputusan pemerintah yang melanjutkan listrik gratis dan diskon tagihan 50 persen hingga Desember 2020 ini.

Terlepas dari hal itu, pihaknya juga akan selalu mendukung secara penuh segala kebijakan dari pemerintah.

"Tentu kami (PLN) akan mengikuti arahan dan penugasan yang diberikan oleh pemerintah, serta mendukung penuh kebijakan dari pemerintah," ucap Agung saat dihubungi Kompas.com, Kamis (1/10/2020).

Baca Juga: Bongkar Rahasia Agar Langsung Berhasil Klaim Token Listrik Gratis PLN Oktober 2020, Klik www.pln.co.id atau WhatsApp 08122123123

Baca Juga:Klaim Token Listrik Gratis PLN Bulan September - Oktober 2020, Bisa Dapat Diskon 100 Persen Lewat stimulus.pln.co.id dan Login www.pln.co.id

Editor : Safira Dita

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya