Wajib Dihindari, Buah Lezat Menyegarkan Ini Ternyata Bisa Sebabkan Keguguran di Trimester Pertama Kehamilan

Sabtu, 11 Juli 2020 | 15:00
freepik

Penyebab Keguguran Trimester 1 Rawan Menyerang pada Kehamilan Pertama

Wajib Dihindari, Buah Lezat Menyegarkan Ini Ternyata Bisa Sebabkan Keguguran di Trimester Pertama Kehamilan

GridHITS.id - Sangat penting bagi perempuan hamil untuk memperhatikan dan menghindari makanan pemicu keguguran.Saat hamil, usahakan memiliki pola makan gizi seimbang dan bergizi, untuk memastikan kesehatan bayinya dan Moms sendiri.Namun, ada makanan makanan pemicu keguguran yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat hamil.

Ini karena makanan ini dapat memicu kemungkinan keguguran, terutama selama trimester pertama kehamilan.

Baca Juga: Kandungannya Tengah Memasuki Usia 7 Bulan Tapi Sang Suami Malah Asyik Berhubungan Badan Dengan Wanita Lain Hingga Hamil, Nafa Urbach Dendam Kesumat Hingga Sumpahi Selingkuhan Zack Lee Keguguran

Baca Juga: Dari Keguguran Hampir Kehilangan Nyawa hingga Tertunda karena Covid-19, Andrea Dian dan Ganindra Bimo Akhirnya Lanjutkan Program Bayi TabungTentu saja makanan ini bagi perempuan hamil biasanya berisiko lebih tinggi untuk mengalami keguguran.

Meski ada faktor-faktor lain seperti usia dan kesehatan, gaya hidu dan kebiasaan makannya, tidak dapat diabaikan, disarankan baginya untuk menjauhi makanan ini, khususnya di tahap awal kehamilan.Makanan ini dapat menyebabkan pelebaran atau pembukaan serviks dan kontraksi saat hamil.

Hal tersebut memicu risiko keguguran bagi ibu hamil.

1. NanasNanas mengandung bromelain yang dapat melunakkan serviks untuk memulai kontraksi pada perempuan hamil.Kondisi ini dapat menyebabkan keguguran.Cara terbaik adalah menghindari mengonsumsi jus nanas atau nanas selama tahap awal kehamilan.

Baca Juga: Ternyata Ada Banyak Minuman dan Makanan Penyebab Keguguran di Awal Kehamilan, Catat Ya!

Baca Juga: Sempat Alami Keguguran, Tangis Irish Bella Pecah Ketika Akhirnya Gendong Bayi Kembar Syahnaz dan Jeje Govinda

2. KepitingMeskipun kepiting kaya akan kalsium, mereka juga mengandung kadar kolesterol tinggi.Ini dapat menyebabkan penyusutan rahim, yang menyebabkan perdarahan internal dan kemungkinan keguguran.Oleh karena itu, meskipun rasanya enak, sebaiknya Moms tidak memakannya selama kehamilan.

3. Hati hewanHati biasanya dianggap sehat karena kaya vitamin A.Jadi, memakannya beberapa kali dalam sebulan mungkin tidak berbahaya.Tetapi, jika dikonsumsi dalam jumlah besar saat hamil, itu dapat menyebabkan kesulitan selama kehamilan.

Ada pun kesulitan tersebut dikarenakan meningkatkan akumulasi retinol secara bertahap yang dapat berdampak buruk pada bayi.

4. Lidah buayaLidah buaya memang dikenal punya banyak manfaat kesehatan.

Baca Juga: Bak Mimpi Buruk Jadi Nyata, Suami Jane Shalimar Ungkap Detik-detik Istrinya Kehilangan Calon Bayi Mereka, Dia Minta Waktu, Berdoa Ada Keajaiban

Baca Juga: Beda dengan Sikap Raffi Ahmad Saat Tahu Nagita Slavina Alami Duka, Rafathar Justru Lakukan Hal Ini ke Ibunya yang Sedang MenangisTetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa saat Moms hamil, mungkin perlu mempertimbangkan sebelum makan lidah buaya selama kehamilan.

Ini karena lidah buaya punya antrakuinon, sejenis pencahar .Antrakuinon dapat menyebabkan kontraksi rahim dan pendarahan panggul, yang dapat menyebabkan kemungkinan keguguran.Namun, mengoleskan gel lidah buaya selama kehamilan masih aman dilakukan.5. PepayaPepaya mentah atau pepaya hijau memiliki komponen yang bertindak sebagai pencahar dan dapat menyebabkan persalinan prematur dan memulai keguguran.Biji pepaya kaya akan enzim yang dapat menyebabkan kontraksi rahim, yang menyebabkan keguguran.Itu sebabnya mungkin tidak aman untuk mengkonsumsi pepaya dalam bentuk makanan apa pun selama kehamilan.6. Produk susu mentah

Produk susu yang tidak dipasteurisasi atau mentah seperti susu, mozzarella, keju feta dapat memiliki bakteri pembawa penyakit seperti Listeria monocytogenes.Bakteri ini dapat berbahaya selama kehamilan.Tidak dianggap aman bagi perempuan hamil untuk makan atau minum apapun yang terbuat dari susu mentah karena dapat menyebabkan komplikasi dalam kehamilan.7. KafeinMenurut banyak peneliti, kafein dalam jumlah sedang dianggap aman selama kehamilan.Namun, disarankan bagi perempuan hamil untuk membatasi konsumsi.Karena peningkatan kadar kafein selama kehamilan dapat menyebabkan masalah kehamilan seperti keguguran atau berat badan lahir rendah.Selain itu, kafein diyakini bersifat diuretik oleh beberapa ahli, yang dapat menyebabkan hilangnya cairan dalam tubuh.Penting untuk diingat bahwa kafein ada di banyak minuman seperti teh, kopi, cokelat, dan minuman bersoda, dan minuman berenergi.8. Telur atau unggasTelur dapat membawa bakteri salmonella.Bakteri salmonella merupakan baktero yang dapat menyebabkan masalah seperti keracunan makanan, diare, demam, sakit usus atau bahkan keguguran.Sehingga sangat penting memasak telur hingga benar-benar matang, sampai putih dan kuning telur berubah menjadi padat.Ini membantu membunuh bakteri dan membuatnya aman untuk dikonsumsi.Moms diharapkan dapat menahan diri dari makan makanan yang mengandung telur mentah seperti eggnog, mayones buatan sendiri, mousses, smoothie yang mengandung telur mentah.

9. Sayuran yang tidak dicuciSayuran berdaun hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan.Tetapi sayuran mentah atau yang belum dicuci dapat mengandung toxoplasma gondii, parasit.

Bakteri tersebut menyebabkan infeksi parah pada perempuan hamil yang disebut toxoplasmosis.Jika terinfeksi, dapat menularkannya kepada anaknya yang belum lahir.Tertularnya infeksi tersebut menyebabkan komplikasi yang dapat merusak kehamilannya.Sangat penting mencuci sayuran dengan air bersih yang dapat ditambahkan garam atau dicuci di bawah air mengalir sebelum mengkonsumsi atau mengolahnya.

Perempuan hamil juga perlu mencuci semua peralatan masak dengan benar dan memasak sayuran dengan baik sebelum memakannya.Sementara itu, ibu yang tengah hamil muda juga sebaiknya menghindari beberapa makanan ini karena kandungan zat yang bisa menyebabkan keguguran.1. PeachBuah peach atau persik diyakini bersifat “panas” bagi janin.

Jika dikonsumsi dalam jumlah besar, selama kehamilan, kandungannya tentu menghasilkan itu panas yang berlebihan dalam tubuh ibu hamil.Kondisi ini pun dapat memicu pendarahan internal yang mengakibatkan keguguran.2. AnggurSelain karena kandungan pestisida yang biasanya tinggi, mengonsumsi anggur tidak direkomendasikan pada ibu hamil karena banyaknya kandungan resveratrol.Zat kimia ini diketahui dapat menyebabkan keracunan pada ibu hamil.Namun, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terkait makanan apa yang boleh dan tidak dikonsumsi selama kehamilan untuk mencegah keguguran di awal kehamilan.

Artikel ini telah tayang di Nakita.id dengan judul Ini Makanan yang Bisa Buat Moms Keguguran di Awal Kehamilan, Hindari!

Editor : Safira Dita

Sumber : nakita

Baca Lainnya