Baru Beberapa Hari Heboh karena Namanya Aneh, Dita Leni Ravia Langsung Dapat Berkah Sampai Ia Kaget, Apa?

Rabu, 08 Juli 2020 | 20:58
kompas

Ketika nama Dita Leni Ravia menjadi viral.

Baru Beberapa Hari Heboh karena Namanya Aneh, Dita Leni Ravia (Diikat Tali Rapia) Langsung Dapat Berkah Sampai Ia Kaget, Apa?

GridHITS.id - Beberapa orangtua tak sengaja memberikan nama unik buat anaknya.

Salah satunya orangtua asal Gunung Kidul, Yogyakarta, Jawa Tengah ini.

Ia memiliki nama unik yang kemudian viral di media sosial dan diberitakan media massa.

Ya, namanya adalah Dita Leni Ravia, kalau dalam bahasa jawa diaartikan sebagai "Diikat Tali Rapia".

Baca Juga:Tega Campakkan Anak dan Suami Demi Menikahi Pengusaha Kaya Raya, Sosok Ini Bongkar Ternyata Krisdayanti Memang Palygirl Sejak Dulu, HIngga Pernah 5x Selingkuh Dibelakang Anang Hermansyah

Baca Juga:14 Tahun Mengarungi Bahtera Rumah Tangga dengan Shanty, Denny Cagur Blak-blakan Bicara Soal Selingkuh: Enggak Pernah Ketahuan

Nama " Dita Leni Ravia" banyak dibicarakan oleh warganet beberapa hari ini. Salah satunya berawal dari unggahan gambar KTP di Twitter oleh akun @jawafess pada Senin (6/7/2020).

Hingga saat ini, unggahan tersebut telah di-retweet lebih dari 10.000 kali dan disukai lebih dari 34.000 pengguna twitterland.

Unggahan yang memperlihatkan KTP dengan nama pemiliknya "Dita Leni Ravia" itu banyak dikomentari karena apabila diartikan dalam bahasa Jawa, nama tersebut berarti "Diikat Tali Rafia".

Nama unik anak ini sebenarnya bukan kali pertama ditemui, termasuk di Indonesia.

Sejumlah nama-nama nyeleneh juga pernah muncul di media sosial beberapa waktu lalu.

Ternyata, hebohnya nama itu membuat berkah tersendiri bagi Dita Leni Ravia.

Berkat pemberitaan viral di berbagai media, Dita kecipratan dampak positif.

Belakangan namanya yang terkenal pun turut mendongkrak jumlah followersnya di Instagram.

Ia menyebut jumlah followersnya naik siginfikan sampai 4.000 lebih dalam 2 hari terakhir.

"Sebelumnya followers saya cuma 1.000. Sekarang menjadi 5.000 orang dan aktif berinteraksi," katanya.

Nama Unik Muncul

Namun, bagaimana sebenarnya fenomena nama- nama unik yang sering kali muncul ini?

Baca Juga:Seorang Wanita Curiga Suaminya Selingkuh Hanya karena Mencukur Rambut Halus di Area Ini Sebelum Masuk Kantor, Warganet: Saya Punya Pengalaman yang Sama!

Baca Juga:Bersih Keras Minta Pisah, Barbie Kumalasari Bantah Dirinya Selingkuh Hingga Bongkar Penyebab Sebenarnya, Aku Enggak Bisa Bohong

Tradisi penamaan anak di Indonesia Menanggapi fenomena penamaan unik ini, dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Dr Sunu Wasono, menyebut bahwa ada faktor-faktor seperti tradisi yang mendasarinya hingga perkembangan zaman.

"Tiap suku bangsa mempunyai tradisi sendiri-sendiri soal pemberian nama," kata Sunu saat dihubungi Kompas.com, Selasa (7/7/2020) malam.

Misalnya, ada orangtua pada masyarakat tertentu yang memberi nama anaknya berdasarkan benda pertama yang terlihat ketika anak itu lahir.

"Di daerah Sunda, kalau kita perhatikan, banyak nama puitis. Ada suku kata yang diulang sehingga puitis," tambahnya.

Sunu juga menyebut contoh lain, yaitu di Jawa, di mana ada orangtua yang memberi nama anaknya dengan nama hari atau pasaran, seperti "Senen", "Rebo", "Kemis", dan "Kliwon".

"Karena pengaruh Islam, ada juga yang menamai anaknya Muhammad. Namun, lidah jawa mengucapkannya menjadi Mokamad. Ada juga Hasyim menjadi Kasim," sambungnya lagi.

Adapun di Bali, nama menunjukkan kasta dan urutan.

Misalnya kasta Sudra, ada urutan nama yaitu Wayan, Putu, Gede, Made, Kadek, Nengah, Nyoman, Komang, dan Ketut yang menunjuk ke urutan anak.

"Di tempat lain, pastilah berlaku tradisi, kebiasaan, atau ketentuan yang berbeda pula," ujarnya.

Baca Juga:Bertahun-tahun Saksikan Ibunya Selingkuh di Belakang Anang, Aurel Hermansyah Syok Lihat Uya Kuya Main Perempuan di Depan Matanya, Trauma?

Baca Juga:Sang Suami Banjir Tudingan Sebagai Playboy dan Tukang Selingkuh, Laudya Chyntia Bella Terang-terangan Ngaku Lelah

Menyuarakan doa Seiring perkembangan zaman, Sunu mengamati bahwa aturan, tradisi, dan kebiasaan pun berubah.

"Orang bisa saja terpengaruh oleh budaya populer, lalu memberi nama anaknya dengan nama orang terkenal, entah karena prestasinya atau profesinya," kata Sunu.

"Maka, tak heran kalau di kampung-kampung dijumpai nama Maradona, Ronaldo, dan nama-nama lain," sambungnya.

Menurut dia, dalam konteks tersebut, orangtua memberi nama, selain untuk memberi tanda, juga untuk menyampaikan harapan.

"Karena itu, dalam memberi nama tak boleh sembarangan. Nama itu bermakna dan menyuarakan doa. Kasihlah nama yang baik dan sesuai pada anak agar kelak anak tumbuh menjadi yang diharapkan," jelasnya.

Selain itu, ada pula anggapan yang menyebut bahwa jika anak tidak mendapat nama yang sesuai, kelak akan susah hidupnya. "Pada titik ini ada semacam mitos anak yang sakit-sakitan kemungkinan keberatan nama," tambahnya lagi.

Sunu menilai bahwa "pantas" dan "sesuai' menjadi kata kunci.

"Nama yang tidak pantas atau tidak sesuai bisa menjadi masalah. Ungkapan sesuaikanlah nama dengan rupa pada dasarnya merujuk pada mitos tersebut," ujarnya.

Pengaruh terhadap karakter anak Menurut Sunu, penamaan pada anak ini tidak selalu berpengaruh terhadap karakter anak.

"Tentu bisa berpengaruh (terhadap karakter) dan bisa juga tidak. Bisa saja dengan nama, seakan-akan dikondisikan untuk anak itu agar berpenampilan dan berkarakter seperti yang diinginkan orangtua," jelasnya.

Baca Juga:Coba-coba Masukkan Garam ke Dalam Mesin Saat Mencuci Baju, Wanita Takjub dengan Hasilnya dan Mengulanginya Keesokan Hari

Baca Juga:Iseng Gantikan Lulur Mandi dengan Garam untuk Bersihkan Kotoran yang Menempel di Tubuh, Wanita Ini Kaget Lihat Perubahan yang Terjadi Pada Tubuhnya Setelah Mandi

Namun, nama yang bagus tidak selalu bagus pada kenyataannya, pun sebaliknya.

Namun, tidak jarang pula yang sesuai antara nama dengan karakter anak.

Terkait dengan penamaan yang sering kali dianggap unik, Sunu menyebut tidak adanya aturan baku agar orangtua memberi nama tertentu.

"Prinsipnya, setiap orangtua punya hak atas nama yang diberikan kepada anaknya. Oleh karena itu, sering kali muncul kreativitas, ide, untuk memberi nama unik seperti pada kasus Dita Leni Ravia ini," ungkapnya.

Adapun kemungkinan pengaruh media sosial terhadap penamaan unik, Sunu menyebut adanya kemungkinan.

"Saya kira kemungkinan untuk terpengaruh itu banyak karena kalau kita lihat, apa yang ditawarkan di media sosial cenderung diikuti oleh orang-orang. Bukan hanya soal nama, tetapi juga soal lain," ungkapnya.

Menurut dia, dengan adanya media sosial, segala kemungkinan dapat terjadi, termasuk dalam konteks pemberian nama ini, yaitu untuk mengikuti perkembangan zaman.

Perkembangan ini juga terjadi di semua kalangan. "Termasuk di kampung dan kadang-kadang orang tidak paham bahwa nama tertentu menunjukkan identitasnya, misalnya seperti identitas agama," jelasnya.

Baca Juga:Garam Dapur Disebut Bisa Tangkal Virus Corona, Ahli Langsung Ungkap Fakta di Baliknya, Benar Ampuh?

Baca Juga:Berkumur dengan Air Garam Bisa Meredakan Gejala Covid-19 dan Menghambat Penyebarannya, Begini Penjelasan Para Ahli yang Menelitinya

"Kenapa? Karena hanya berdasarkan apa yang dia lihat. Misalkan, bosnya atau majikannya namanya itu dan bosnya baik dan sukses. Maka, ketika punya anak diberi nama yang sama," sambungnya lagi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ramai soal "Dita Leni Ravia", Bagaimana Tradisi Penamaan Anak?"

Editor : Saeful Imam

Sumber : Kompas

Baca Lainnya