Setelah Sempat Umumkan Tak Buka Akses Untuk Jamaah, Kerajaan Arab Saudi Memutuskan Gelar Ibadah Haji Secara Terbatas

Selasa, 23 Juni 2020 | 10:45
Tribun Aceh

(Ilustrasi) Ibadah Haji

Setelah Sempat Umumkan Tak Buka Akses Untuk Jamaah, Kerajaan Arab Saudi Memutuskan Gelar Ibadah Haji Secara Terbatas

GridHITS.id - Kerajaan Arab Saudi memutuskan menggelar ibadah haji 1441H/2020M secara terbatas, pada Senin (22/6/2020) pukul 21.30 waktu setempat.Jemaah yang diperbolehkan yakni warga negara Saudi dan warga negara asing atau ekspatriat yang saat ini sudah berada atau berdomisili di Arab Saudi.Keputusan tersebut diambil Kerajaan Arab Saudi, karena alasan keselamatan di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Satu Kabar Baik! Kabar Terbaru Gaji Ke-13 PNS 2020 dari Kementerian Keuangan, Benarkah Tidak Semua Golongan Dapat?

Baca Juga: Pemberangkatan Haji 2020 Resmi Dibatalkan, Simak Prosedur Pengembalian Uang Jamaah Berikut IniMenteri Agama, Fachrul Razi, mengapresiasi keputusan untuk membatasi penyelenggaraan ibadah haji tersebut."Atas nama pemerintah, saya selaku Menteri Agama mengapresiasi keputusan Saudi yang mengedepankan keselamatan jemaah dalam penyelenggaraan ibadah haji 1441H/2020M," ujarnya, dikutip dari Kemenag.go.id, Selasa (23/6/2020).Fachrul Razi menyebut, keselamatan jemaah patut dikedepankan di tengah pandemi Covid-19.

Mengingat, agama mengajarkan bahwa mencegah kerusakan harus dikedepankan dari meraih kemanfaatan.Sehingga, berupaya menjaga keselamatan jemaah adalah hal utama untuk dilakukan saat ini."Keputusan Saudi sejalan dengan dasar pembatalan keberangkatan jemaah Indonesia yang diumumkan 2 Juni lalu, yaitu keselamatan jemaah haji," lanjutnya.

Baca Juga: Menag Putuskan Batalkan Pemberangkatan Haji Tahun 2020 Lantaran Pandemi Belum Usai, Uang Bisa Dikembalikan Jika Jamaah Meminta

Baca Juga: Sempat Tertunda Selama 4 Tahun Lantaran Hamil, Zaskia Adya Mecca Terpaksa Urungkan Niat Untuk Beribadah Haji Lagi Setelah Tau Dirinya Mengandung Anak ke-5

Sementara, Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali menjelaskan, keputusan pembatasan jemaah haji didasarkan pada alasan keselamatan saat pandemi Covid-19."Saya sudah menerima rilis resmi dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.""Karena alasan menjaga keselamatan jemaah dari bahaya pandemi Covid-19, Saudi memutuskan bahwa penyelenggaraan ibadah haji tahun 1441H digelar dengan jumlah yang sangat terbatas," ujar Endang.

"Dalam rilis dijelaskan bahwa maksud dari sangat terbatas adalah hanya bagi warga negara Saudi dan warga asing dari negara manasaja yang ingin beribadah haji, namun sekarang sudah berada atau berdomisili di Saudi. Itupun dalam jumlah terbatas," terangnya.Keputusan ini diambil demi memastikan pelaksanaan ritual manasik secara aman dan sehat.Pembatasan diberlakukan juga agar manasik dapat dilakukan dengan cara yang memenuhi persyaratan pencegahan dan social distancing.

Baca Juga: Ombang-ambing Kabar Haji 2020, Joko Widodo Selangkah Lebih Maju dengan Lakukan Hal Ini Pada Raja Salman : Mungkin Akan Ada Kalau...

Baca Juga: Sudah Naik Haji, Nia Ramadhani Disentil Saat Berlenggak-lenggok Main TikTok : Hal ini sejalan dengan tujuan syariat Islam dalam melestarikan dan menjaga jiwa manusia."Keputusan ini berasal dari kepedulian Khadimul Haramain terhadap keamanan dan keselamatan para pengunjung kedua Masjid Suci," imbuh Endang.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Arab Saudi Gelar Ibadah Haji 2020 dengan Jemaah Terbatas, Menag Fachrul Razi Sampaikan Apresiasi

Editor : Safira Dita

Sumber : tribunnews

Baca Lainnya