Peringatan Dini BMKG Soal Hal Buruk yang Bisa Terjadi Usai Muncul Banjir Rob di Sejumlah Daerah Pesisir, Apa Itu?

Selasa, 09 Juni 2020 | 12:00
Pixabay.com/ WolfBlur

Ilustrasi hujan lebat

Peringatan Dini BMKG Soal Hal Buruk yang Bisa Terjadi Usai Muncul Banjir Rob di Sejumlah Daerah Pesisir, Apa Itu?

GridHits.id -Beberapa waktu belakangan, banyak dikabarkan soal cuaca buruk hingga bencana alam yang terjadi di Indonesia, mulai dari banjir rob hingga angin puting beliung.

Dikabarkan sebelumnya sejumlah daerah dihantam banjir rob seperti yang terjadi di Pluit, Jakarta Utara.

Melansir dari Kompas.com(8/6/2020), banjir rob telah menggenangi Perumahan Pantai Mutiara, Kelurahan Pluit, Jakarta Utara, hari Minggu (7/6/2020) kemarin.

Ketinggiannya dikabarkan sekitar 5 sampai 20 sentimeter. Kini, dikabarkan air banjir telah surut.

Baca Juga: Sudah Diperingatkan Mbak You, Kini BMKG Beri Warning Munculnya Cuaca Ekstrim 8 dan 9 Juni 2020 di Beberapa Wilayah, Jabodetabek Termasuk

Baca Juga: Hingga Nanti Malam, BMKG Peringatkan Soal Potensi Hal Buruk yang Bisa Terjadi di Lautan, Hati-hati Pesisir Selatan Jawa!

Tak hanya itu, sebelumnya beberapa daera juga telah mengalami banjir rob seperti di Pekalongan dan Lebak.

Bak alam murka,Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terkaitcuaca ekstremyang bisa terjadi di Indonesia.

Melalui unggahannya di Instagram Senin (8/6/2020), BMKG mengungkap daerah mana saja yang bisa dihantam hujan lebat hingga hujan yang disertai petir atau angin puting beliung.

Instagram/ @infobmkg

Prediksi BMKG soal potensi adanya hujan lebat di sejumlah wilayah

Prediksi hujan lebat8 Juni 2020:Bengkulu, Sumatra Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat.

Prediksi hujan lebat 9 Juni 2020:Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah,Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Prediksi hujan lebat 10 Juni 2020:Lampung, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua.

Baca Juga: Peringatan Keras BMKG Soal Potensi Banjir Rob yang Bisa Hantam Sejumlah Pesisir di Indonesia, Mana Saja?

Baca Juga: Gembar-gembor New Normal, Ahli Tarot Ini Ramal Kondisi Ekonomi Indonesia di Masa Depan Jika Benar Diterapkan

Instagram/ @infobmkg

Prediksi BMKG soal potensi hujan lebat disertai petir hingga angin puting beliung

BMKG memprediksi adanya potensi hujan lebat yang bisa disertai petir atau angin puting beliung pada 8 Juni 2020 di Jambi, Jawa Timur, dan Kalimantan Barat.

Sedangkan hujan lebat yang bisa disertai angin puting beliung diprediksi terjadi pada 9 Juni 2020 di hanya Kalimantan Barat.

BMKG tak menyebutkan satu daerah pun yangberpotensi hujan disertai angin puting beliung pada tanggal 10 juni 2020.

Sebelumnya, BMKG juga telah memberikan peringatan dini soal potensi adanya gelombang tinggi mencapai 4 - 6 meter di Samudra Hindia Barat, Lampung, hingga selatan Pulau Jawa.

Hal itu membuat BMKG memberikan peringatan bagi nelayan dan warga yang tinggal di pesisir untuk lebih berhati-hati.

Baca Juga: Diiyakan Ramalan Mbak You, BMKG Peringatkan Bencana Alam Berupa Gelombang Mirip Tsunami Setinggi 6 Meter Usai Banjir Rob Melanda

Baca Juga: Bak Benarkan Terawangan Mbak You, BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Buruk yang Bisa Terjadi di Sejumlah Wilayah, Hati-hati Jabodetabek!

"Dimohon masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di sekitar area pesisir yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," begitu tulis pihak BMKG.

Jadi bagi Moms yang tinggal di daerah yang telah disebutkan, harus lebih waspada terhadap potensi hujan lebat hingga gelombang tinggi ya.

Artikel ini telah tayang di Nakita.id dengan judul "Bak Alam Sedang Murka, BMKG Beri Peringatan Dini Soal Hal Buruk yang Bisa Terjadi Usai Muncul Banjir Rob di Sejumlah Daerah Pesisir"

Editor : Safira Dita

Baca Lainnya