Waspada! Peringatan BMKG Soal Potensi Banjir Besar di Beberapa Pesisir di Indonesia Termasuk Pulau Jawa

Rabu, 27 Mei 2020 | 16:00
freepik

Ilustrasi banjir

Waspada! Peringatan BMKG Soal Potensi Banjir Besar di Beberapa Pesisir di Indonesia Termasuk Pulau Jawa

GridHits.id -Belum usai masalah pandemi Covid-19, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan soal potensi adanya banjir rob di sejumlah wilayah di Indonesia.

Beberapa waktu terakhir, sejumlah daerah mengalami cuaca yang ekstrem seperti angin kencang hingga banjir yang terjadi di Kalimantan Timur.

Ternyata, hal tersebut tak berhenti sampai di situ, melansir dari Kompas.com(27/5/2020), BMKG kembali memberikan peringatan terkait bencana yang bisa terjadi di tanah air.

Dikabarkan bahwa ada potensi munculnya banjir rob yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Kabar Kurang Mengenakkan, BMKG Tiba-tiba Deteksi Adanya Tanda Peristiwa Alam yang Berdampak pada Cuaca Ekstrem, 6 Wilayah Ini Diminta Waspada Angin Kencang hingga Banjir Bandang

Baca Juga: Merinding! Sesuai Dengan Prediksi BMKG, Mbak You Terawang Akan Ada Musibah yang Melanda Bangsa Indonesia : Ya Allah Jaga Kami Semua

Banjir rob ini sangat mungkin terjadi akibat dari adanya berbagai kondisi alam yang mendukung volume air yang mengalami peningkatan.

"Akibat adanya aktivitas pasang air laut, kondisi gelombang tinggi, dan curah hujan tinggi dapat memengaruhi dinamika pesisir di Wilayah Indonesia berupa banjir pesisir," kata Dr Widada Sulistya DEA selaku Pelaksana Tugas Deputi Bidang Meteorologi BMKG.

Oleh karena itu, BMKG mengimbau bagi masyarakat di pesisir untuk waspada.

Fenomena banjir rob ini diprediksi bisa terjadi pada tanggal 27 Mei 28 Mei 2020 di pesisir barat Lampung, pesisir selatan Pulau Jawa, pesisir selatan Pulau Bali dan pesisir selatan Nusa Tenggara Barat.

Tak hanya memberikan peringatan soal potensi banjir rob, melalui akun Instgaram, @infobmkg, BMKG juga memberikan peringatan terkait hujan lebat.

Ada wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat ada pula yang berpotensi terjadinya hujan lebat disertai petir atau angin kencang.

Potensi hujan lebat

Instagram/ @infobmkg

Prediksi BMKG soal potensi adanya hujan lebat di sejumlah wilayah di Indonesia

Dalam unggahannya, disebut jika pada tanggal 27 Mei 2020 daerah yang berpotensi mengalami hujan lebat di antaranya Sumatra Utara, Riau, Lampung, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Klaimantan Tenggara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Fenomena Aneh Kembali Muncul di Jawa Tengah, Suara Dentuman Misterius Mendadak Terdengar & Dikhawatirkan Jadi Sinyal Terjadinya Gempa, Ini Kata BMKG

Baca Juga: Kurva Makin Turun Jadi Kabar Gembira Corona, Tangan Kanan Jokowi Justru Sampaikan Kabar Berbeda: Terlalu Dini Untuk Menyimpulkan

Sedangkan hujan lebat pada tanggal 28 Mei 2020 berpotensi terjadi di Sumatra Utara, Banten, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara.

Potensi hujan lebat disertai petir atau angin kencang

Instagram/ @infobmkg

Prediksi BMKG soal potensi adanya hujan lebat disertai angin kencang atau petir

Potensi adanya hujan lebat disertai angin kencang atau petir pada 27 Mei 2020 bisa terjadi di Sumatra Utara, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Papua Barat Papua.

Sedangkan potensi hujan lebat disertai petir atau angin kencang pada 28 Mei 2020 bisa terjadi di Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, Jalimantan Utara, Papua Barat, Papua.

Baca Juga: Wabah Corona Belum Mereda, BMKG Kembali Wanti-wanti Soal Cuaca Ekstrem yang Bakal Menyerang Indonesia, 10 Wilayah Ini Patut Waspada!

Baca Juga: Kabar Gembira Corona Terbaru, Peneliti Sudah Temukan Vaksin Covid-19 Namun Kembali Muncul Masalah Baru, Apa Itu?

Editor : Safira Dita

Sumber : Instagram, kompas

Baca Lainnya