Cucuran Keringatnya Tak Sia-sia, Perjuangan Anak Bangsa Membuat Baju Hazmat untuk Menghalau Virus Corona Kini Resmi Diakui Dunia Internasional

Minggu, 31 Mei 2020 | 19:20
freepik

Ilustrasi virus corona

Cucuran Keringatnya Tak Sia-sia, Perjuangan Anak Bangsa Membuat Baju Hazmat untuk Menghalau Virus Corona Kini Resmi Diakui Dunia Internasional

GridHITS.id -Sampai saat ini, Indonesia masih harus berjuang melawan pandemi corona.

Untuk itu, tenaga medis didapuk jadi garda terdepan dalam menangani warga yang terjangkit Covid-19.

Tak sembarangan, tenaga medis juga dibekali dengan piranti yang mendukung kinerja mereka dalam merawat pasien.

Sebab, untuk menangani pasien Covid-19, petugas medis perlu mengenakan APD yang diusahakan dikenakan tiap delapan jam sehari atau saat bertugas.

Baca Juga: Diduga Tertular Pasien Umum Tak Jujur atau OTG, 24 Perawat di RSUD di Depok Positif Covid-19, APD Mereka Hanya Masker, Gaun, dan Sarung Tangan

Baca Juga: Pengakuan Bupati Ogan Ilir yang Pecat 109 Tenaga Medis Saat Pandemi : APD Ribuan, Rumah Singgah Ber-AC Disediakan, Upah Layak Tapi Mereka Ga Mau Nangani Pasien Corona

Berbagai perusahaan baik dalam maupun luar negeri kemudian memproduksi APD yang nantinya akan digunakan para petugas medis, salah satunya PT Stritex.

Rupanya, APD buatan Indonesia melalui PT Stritex lolos ISO 16604 Class 3, berdasarkan hasil pengujian dilakukan oleh Intertek Headquarter yang berbasis di Cortland, New York, Amerika Serikat.

BNPB

Baju hazmat buatan Indonesia lolos standar WHO

Baju APD dengan standar tinggi atau ISO 16604 Class 3 merupakan spesifikasi yang wajib dikenakan para tenaga medis sehingga keamanan dan keselamatan terjamin.

Lolosnya APD buatan anak negeri ini otomatis memenuhi standar internasional yang ditetapkan Badan PBB untuk World Health Organization (WHO).

Terkait hal ini, Ketua Gugus Tugas Nasional Doni Monardo pun ikut merespon usai mendapatkan informasi lolosnya baju APD buatan PT Sritex yang digunakan untuk penanganan Covid-19.

Baca Juga: Viral Setelah Sang Kakak Unggah Foto Dirinya Pakai APD, Begini Potret Sarah Shahab yang Tak Kalah Cantik dari Istri Prabu Revolusi Itu

Baca Juga: Dipuji WHO karena Terbaik Atasi Corona dan Masyarakatnya Sudah Hidup Normal, Korea Selatan Alami Lonjakan Pasien Covid-19 dan Berencana Terapkan Lockdown

“Saya ikut senang mendengar kabar dari Konsul Jenderal Republik Indonesia di New York, Arifi Saiman bahwa 27 Mei 2020 waktu New York, hasil uji lab APD Coverall dan sampel bahan baju PT. Sritex untuk sertifikasi ISO 16604 Class 3 di Intertek HQ, Cortland, New York, dinyatakan Pass atau lolos uji lab,” ujar Doni pada Jumat (29/5/2020).

Dilansir dari covid19.go.id, baju APD bersertifikasi ISO 16604 Class 3 memiliki ketahanan terhadap masuknya bakteri atau virus dengan ukuran yang sangat kecil.

ISO 16604 Kategori kelas 3 berkualitas lebih tinggi dibandingkan tingkat kelas 2 atau ISO 16604 Class 2.

Selain APD buatan PT Sritex, Gugus Tugas Nasional juga melaporkan, beberapa perusahaan Indonesia lain sedang mengajukan permohonan untuk uji lab produk mereka.

Presiden Dirut PT Sritex Iwan Lukminto mengatakan, Sritex selama ini sudah mampu menghasilkan produk dengan standar tinggi.

Iwan mengatakan bahwa salah satu yang sudah dihasilkan Sritex adalah pakaian nubika atau CBRN (Chemical Biological Radiological Nuclear).

Sejak Januari lalu, Sritex membuat APD mulai yang Class 1, Class 2 dan terakhir ini Class 3.

Baca Juga: Bantah Klaim WHO yang Nyatakan Anak-anak 'Kebal' Corona, IDAI Sodorkan Bukti! Ada 3000-an PDP dan 500-an Pasien Covid Anak serta 143 Anak Meninggal di Indonesia

Baca Juga: Penularan Virus Corona Lewat Permukaan hingga Kini Masih Jadi Perdebatan, WHO Buka Suara dan Beri Peringatan

Lolosnya baju APD dengan ISO 16604 Class 3 menjawab kebutuhan APD yang tinggi untuk penanganan pasien Covid-19, sehingga ketersediaan baju APD tidak lagi akan menjadi kendala.

Sebab, Iwan mengaku perusahaannya mampu untuk memproduksi baju APD kelas 1 sampai 500 ribu buah setiap bulannya.

Artikel ini sudah tayang di Nakita.id dengan judul:Berkah Pandemi Covid-19, Hazmat Karya Anak Bangsa Indonesia Lolos Standar Internasional

Editor : Saeful Imam

Sumber : GridHealth.ID

Baca Lainnya