Bukti Jangan Sepelekan Virus Corona, 77 Anak di NTB Terinfeksi Virus Corona Karena Orangtuanya Nekat Langgar Hal Ini

Jumat, 29 Mei 2020 | 16:20
Freepik.com

Ilustrasi virus corona menyerang anak-anak

Bukti Jangan Sepelekan Virus Corona, 77 Anak di NTB Terinfeksi Virus Corona Karena Orangtuanya Nekat Langgar Hal Ini

GridHITS.ID -Ternyata tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga banyak yang terinfeksi virus corona, loh.

Salah satu dugaannya karena orangtua nekat melanggar salah satu imbauan pemerintah.

Seperti kasus infeksi Covid-19 di Nusa Tenggara Barat (NTB) baru-baru ini.

Melansir dari tayangan di kanal YouTube KompasTV (29/5/2020), hingga tulisan ini dibuat, ada 77 anak-anak di NTB yang terinfeksi virus corona. Bahkan 3 anak telah meninggal dunia karena Covid-19.

Baca Juga: Masih Pontang-panting Berantas Virus Corona, Anies Baswedan Tak Main-main Bakal Beri Denda Fantastis Ini untuk Pemalsu Surat Ijin Keluar Masuk Jakarta, Berapa?

Baca Juga: Usai Kebohongannya Terkuak dan Kini Tersudut, Akhirnya Pihak China Angkat Bicara dan Beri Pengakuan Tentang Wabah Virus Corona

Apa kata ahli?

MenurutKepala Dinas Kesehatan NTB, Nurhandini Eka Dewi salah satu dugaan banyaknya anak yang terinfeksi virus corona di NTB karena tak menggunakan masker saat keluar rumah.

"Sore-sore iseng itu di pinggir jalan, berapa anak yang dibonceng orangtuanya, pakai masker nggak? pasti enggak. Orangtuanya pakai anaknya enggak," ujar Nurhandini.

Nurhandini melanjutkan jika imunitas anak lebih rentan terkena virus corona ketimbang orang dewasa karena sistem imunnya yang belum sempurna.

Tak sampai di situ, terkuak satu mitos yang berkembang di kalangan masyarakat NTB yangbaru ia ketahui.

Katanya, anak-anak tak mudah terserang virus corona sehinggahal itu yang diduga menjadi alasan banyak orangtua tak memakaikan masker pada anak saat di luar rumah.

Baca Juga: Sang Adik Dinyatakan Positif Terjangkit Virus Corona, Keluarga Via Vallen Resah Karena Takut Dikucilan Masyarakat

Baca Juga: Warga Dunia Sedang Jungkir Balik Lawan Pandemi, Negara Kecil Ini Malah Bisa Kebal Terhadap Virus Corona Hanya Dengan Konsumsi Ini

"Tadi saya baru ketemu orang, ada pendapat di kalangan awam yang baru saya dengar tadi,'anak itu kuat bu'. Makannya mungkin (anak) nggak dikasih masker. Ternyata ada rumor di lapangan 'biarkan anak-anak itu kuat kok'. Padahal justri kebalikannya," jelas Nurhandini.

Hasil observasi Dinas Kesehatan NTB, sebagian besar anak bukan terpapar virus corona dari orangtuanya.

Namun mereka terpapar saat dibawa orangtua ke tempat umum dan kerumunan tanpamenggunakan masker.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Divisi Advokat, Lembaga Perlindungan Anak (LPA) NTB, Joko Jumadi.

Ia menduga banyaknya anak-anak yang terpapar virus corona lantaran daya tahan tubuhnya yang lebih rentan ketimbang orangtuanya.

"Kemudian tren yang terakhir ini banyak anak yang malah orangtuanya tidak terpapar (Covid-19) anaknya malah terpapar. Mungkin orangtuanya daya tahannya bagus, anaknya tidak bagus, orangtuanya membawa kemudian anaknya terpapar," ujar Joko.

Yuk ajak anak untuk ikut menggunakan masker saat keluar rumah sebagai upaya pencegahan Covid-19.

Baca Juga: Penambahan Kasus Virus Corona Nyaris 1.000 Orang, Ahli Beri Peringatan Atas Tingkah Polah Masyarakat: yang Saya Khawatirkan

Editor : Safira Dita

Sumber : YouTube

Baca Lainnya