Disebut Ada Indikasi Virus Corona Bisa Menempel pada Makanan, Ahli Beberkan Saran Aman Terima Makanan dari Ojol

Minggu, 17 Mei 2020 | 09:00
www.freepik.com

Ilustrasi virus corona

Disebut Ada Indikasi Virus Corona Bisa Menempel pada Makanan, Ahli Beberkan Saran Aman Terima Makanan dari Ojol

GridHITS.ID -Saat ini pemeintah mengimbau untuk tak keluar rumah jika tak benar-benar penting ya.

Sehingga banyak hal yang sebaiknya dilakukan melalui rumah termasuk memesan makanan.

Namun, beberapa waktu lalu, seorang ahli menyebut bahwa ada indikasi makanan bisa menjadi perantara menempelnya virus corona.

Meski belum ada penelitian lebih lanjut tekait hal tersebut, namun ada penemuan reseptor tempat hinggapnya Covid-19 di saluran pencernaan pasien.

Baca Juga: Bukti Jangan Sepelekan Imbauan Pemerintah! Seorang Nenek Terinfeksi Covid-19 Setelah Nekat Langgar Instruksi Ini

Baca Juga: Penularan Corona Berhasil Ditekan, Tangan Kanan Presiden Jokowi Akan Longgarkan PSBB di Daerah ini, Mana Saja?

"Indikasinya sih ada ya, tapi sampaisaat ini belumbisa dibuktikan dengan betul-betul bahwa (Covid-19) bisa menular lewat makanan," jelas dokterspesialis penyakit dalam, Eka Ginanjar dilansir dari tayangan di kanal YouTube KompasTv KompasTV(8/5/2020).

"Virus untuk masuk itu dia perlu reseptor untuk tempat untuk nempelnya itu. Nah itu (reseptor) ada di saluran pencernaan. Beberapapasien yang datang dengan keluhan gangguan pencernaan, walaupun kecil presentasinya," tambahnya.

"Tapi hati-hati, ketika orang bicara dropletnya nempel di makanan, makanan itu kita pegang dan tangan kita kena bekas dropletnya masuk ke wajah kita ya sama aja terjadi penularan (virus corona). Jadi prosesnya bisa tidak secara langsung seperti itu," tukasnya.

Selain itu, beberapa waktu lalu seorang dokterspesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, Mayor CKM Dr maulidi Abdillah memberikan tips bagaimana cara yang baik saat memesan makanan melalui jasa ojek online.

Hal tersebut dijelaskan saat sesi tanya jawab dengan dokter yang ditayangkan dalam kanal YouTube KompasTV (14/5/2020).

Baca Juga: Disebut Covid-19 Bermutasi Jadi Melemah, WHO Mendadak Beri Peringatan Keras Usai Tahu Banyak Negara Longgarkan Lockdown

Baca Juga: Bikin Merinding, Ilmuwan Syok Saat Bedah Mayat Pasien Meninggal Akibat Terpapar Virus Corona, Organ-organ ini Rusak Parah

Dalam kesempatan itu, Maulidi Abdillahmulanya menjelaskan bahwa ada sebuah penjelasan soal virus corona yang bisa menempel pada benda mati sepeti karton hingga plastik yang digunakan untuk membungkus makanan.

"Beberapa sumber menyebutkan bahwa virus ini menginfeksi daripada alat-alat, mugkin karton, plastik, bungkusan makanannya, termasuk media transport yang dibawa oleh teman ojol," jelas Maulidi.

Setelahnya Maulidi menyarankan untuk melakukan transaksi menggunakan uang elektronik untuk meminimalisir sentuhan fisik dengan driver ojol.

Sang presenter pun menambahkan bahwa saat inimakanan yang dibawa oleh driver ojol bisa diletakkan di depan rumah.

"Saya tambahin sedikit dong, ada juga opsi saya lihat di beberapa aplikasi itu tidak dari tangan ke tangan tapi (makanan)diletakkan, nanti diambil, begitu ya, Dok?"

Baca Juga: Kotanya Sudah Menjadi Epicentrum Baru Virus Corona, Justru Begini Tanggapan Khofifah Saat Disarankan Harus Ada Pemberlakuan PSBB Sepulau Jawa

"Ya bener begitu, mungkin kita siapin meja kecil, ada tempat antiseptik.Jadi temen-temen ojol sebelum ngasih ke kita cuci tangan lagi,"timpal Maulidi.

Ia juga menyarankan agar segera memindahkan makanan yang telah dipesan ke tempat yang benar-benar bersih lalu buang lah plastiknya ke tempat sampah, jangan disimpan.

"Setelah sampai di kita, kita segera memindahkan makanan itu ke tempat kita yakin bersih, bungkusnya langsung disimpan ke tempat sampah," tutup Maulidi.

Editor : Saeful Imam

Sumber : YouTube

Baca Lainnya